Mulai Agustus, Kamu Wajib Daftar Online Untuk ke Luar Negeri

Setiap warga negara Indonesia yang hendak bepergian ke luar negeri wajib daftar online mulai bulan Agustus ini. Apa sebenarnya fungsi kebijakan baru ini?

Mulai Agustus, Kamu Wajib Daftar Online Untuk ke Luar Negeri

Mulai Agustus, Kamu Wajib Daftar Online Untuk ke Luar Negeri

[read_more link="https://static.duniaku.net/2015/07/luar-negeri-2.jpg">Mulai Agustus, Kamu Wajib Daftar Online Untuk ke Luar Negeri

Wajib Daftar Online, Proyek Perlindungan WNI?

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/07/04/event-video-game-dan-komik/" title="Taukah Kamu Kalau Event Video Game dan Komik Kini Hasilkan Miliaran Dollar?"]

Sebetulnya rencana pengembangan situs pendaftaran wajib ke luar negeri ini merupakan bagian dari proyek perlindungan warga negara Indonesia yang telah dicanangkan sejak setahun yang lalu. Tepatnya di bulan Oktober dengan program pembuatan situs e-protection milik Kementerian Luar Negeri.

Nah, versi yang akan dirilis bulan Agustus nanti merupakan pembaruan dan penyempurnaan sehingga lebih mudah untuk diakses. Sistem yang telah terintegrasi dengan pusat data WNI itu terhubung langsung dengan setiap perwakilan Pemerintah Indonesia di luar negeri. Jadi, kalau ada apa-apa pun sangat mudah untuk mengantisipasi dan memantaunya. Misalnya untuk melacak keberadaan atau lokasi dari warga Indonesia jika ada masalah yang menimpanya.

Perlindungan secara online ini telah diupayakan pihak Kementrian Luar Negeri sebagai bagian dari program pemerintah yang memaksimalkan tingkat keamanan bagi setiap warga negara yang menginjakkan kaki di wilayah luar Indonesia. Fasilitas ini merupakan bagian pengembangan yang akan terus ditingkatkan oleh pihak Kementerian Luar Negeri. Ke depannya, mereka menjalin kerjasama dengan Kementerian Hukum dan HAM untuk menggunakan data Imigrasi di dalam program data base ­e-protection. Sebelumnya pihak Kementerian juga sudah memiliki program layanan SMS Blast yang menyebarkan pesan informasi alamat KBRI atau perwakilannya secara otomatis kepada setiap warga RI yang berada di luar negeri.

Jika dipikir-pikir, model pendaftaran online bagi kamu yang ingin berangkat ke luar negeri ini memang terlihat ribet. Namun bayangkanlah manfaatnya dari segi keamanan, khususnya jika kamu hendak bepergian ke negara yang cukup jarang dikunjungi. Kejelasan informasi lokasi jelas menjadi prioriotas utama, kecuali jika kamu memang sedang merencanakan pelarian diri.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU