Mulai Agustus, Kamu Wajib Daftar Online Untuk ke Luar Negeri

luar-negeri-1

Dukung Gay Indonesia, Aming Hampir Bugil Di Gay Parade 2015!!

Eh, ternyata bukan Rangga AADC yang Gay Indonesia?
Baca Juga

Jika kamu ada rencana bepergian ke luar negeri, siap-siaplah dengan kebijakan baru: wajib daftar online. Karena mulai bulan Agustus nanti, setiap warga negara Indonesia yang hendak ke luar negeri, wajib mendaftarkan diri ke situs khusus yang saat ini masih dikembangkan oleh pihak Kementerian Luar Negeri. Kabarnya, situs ini sudah mulai bisa beroperasi resmi di bulan Agustus.

Tujuan pembuatan situs ini merupakan respons dari kasus yang selama ini menimpa sejumlah warga negara Indonesia di luar negeri. Ketidakjelasan informasi serta kejadian yang dialami mereka menyebabkan sulitnya proses pendataan dan identifikasi yang dilakukan oleh pihak Kementerian Luar Negeri. Salah satu kasus terbaru ialah tewasnya mantan polisi dari Jambi di Suriah akibat bergabung sebagai anggota ISIS. Kepergiannya dari Indonesia ternyata tidak terlacak dan melalui proses pendaftaran yang legal sehingga menimbulkan masalah pendataan dan pelacakan informasi dari sini. Penjelasan tersebut diungkapkan sendiri oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir, seperti yang juga diberitakan oleh Tempo.

Wah, berarti kalau mau ke mana-mana ke luar negeri sekarang harus daftar ke situs dulu dong? Jangan khawatir, prosedurnya dijamin akan sangat mudah kok. Bahkan kabarnya situs ini dirancang dengan konsep yang sangat friendly alias bersahabat. Artinya, setiap pengunjungnya bisa memakai fitur dan setiap navigasi di dalamnya secara mudah tanpa harus melalui proses yang sangat njelimet.

Kamu hanya perlu membuka situsnya dan mengisi formulir yang telah disediakan. Siapkan juga salinan paspor yang nantinya sekaligus diunggah ke formulir tersebut. Setelah itu, proses langsung formulir tersebut dan selanjutnya kamu tinggal berangkat ke luar negeri. Oh ya, tentu saja prosedur baku seperti pengurusan paspor dan lain-lainnya juga sudah harus diselesaikan seperti biasanya.

luar-negeri-2

Wajib Daftar Online, Proyek Perlindungan WNI?

Taukah Kamu Kalau Event Video Game dan Komik Kini Hasilkan Miliaran Dollar?

Perputaran uang di dalam event video game dan komik ternyata bisa mencapai angka miliaran dolar!
Baca Juga

Sebetulnya rencana pengembangan situs pendaftaran wajib ke luar negeri ini merupakan bagian dari proyek perlindungan warga negara Indonesia yang telah dicanangkan sejak setahun yang lalu. Tepatnya di bulan Oktober dengan program pembuatan situs e-protection milik Kementerian Luar Negeri.

Nah, versi yang akan dirilis bulan Agustus nanti merupakan pembaruan dan penyempurnaan sehingga lebih mudah untuk diakses. Sistem yang telah terintegrasi dengan pusat data WNI itu terhubung langsung dengan setiap perwakilan Pemerintah Indonesia di luar negeri. Jadi, kalau ada apa-apa pun sangat mudah untuk mengantisipasi dan memantaunya. Misalnya untuk melacak keberadaan atau lokasi dari warga Indonesia jika ada masalah yang menimpanya.

Perlindungan secara online ini telah diupayakan pihak Kementrian Luar Negeri sebagai bagian dari program pemerintah yang memaksimalkan tingkat keamanan bagi setiap warga negara yang menginjakkan kaki di wilayah luar Indonesia. Fasilitas ini merupakan bagian pengembangan yang akan terus ditingkatkan oleh pihak Kementerian Luar Negeri. Ke depannya, mereka menjalin kerjasama dengan Kementerian Hukum dan HAM untuk menggunakan data Imigrasi di dalam program data base ­e-protection. Sebelumnya pihak Kementerian juga sudah memiliki program layanan SMS Blast yang menyebarkan pesan informasi alamat KBRI atau perwakilannya secara otomatis kepada setiap warga RI yang berada di luar negeri.

Jika dipikir-pikir, model pendaftaran online bagi kamu yang ingin berangkat ke luar negeri ini memang terlihat ribet. Namun bayangkanlah manfaatnya dari segi keamanan, khususnya jika kamu hendak bepergian ke negara yang cukup jarang dikunjungi. Kejelasan informasi lokasi jelas menjadi prioriotas utama, kecuali jika kamu memang sedang merencanakan pelarian diri.


SHARE
Previous articleMengalami Masalah dan Bug Saat Main BlackSquad Online? Ini Solusinya
Next articleKomik Baru Assassin’s Creed Ini Hadirkan Seorang Assassin Wanita!
Ari aka Hawke Zigma memiliki segudang pengalaman dalam jurnalis game. Hawke populer sebagai anak didik langsung dari GrandC. Dia banyak membantu GrandC dalam menulis, meliput event berita, bahkan konsep. Nama Hawke cukup populer dalam dunia game underground karena dia juga pernah menggawangi langsung salah satu jaringan toko game di Surabaya, yakni GameQuarters.