Pertimbangkan Hal-hal Ini Sebelum Membeli Handphone!

Sebelum Membeli Handphone - ioswpandroTingginya permintaan masyarakat terhadap gadget yang satu ini telah mendorong para produsen handphone dunia untuk terus menciptakan handphone-handphone terbaru yang lebih canggih. Dengan begitu, kita pun memiliki lebih banyak pilihan dan lebih bebas untuk memilih ponsel pintar yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita. Namun sebelum membeli handphone, tentunya ada beberapa hal yang harus kita pertimbangkan sebelum menjatuhkan pilihan pada satu handphone.

Dimanapun dan kapanpun, bukan hal yang aneh melihat handphone berada di genggamaan tiap orang. Bahkan di toilet sekalipun kan? Yap! Handphone sudah menjadi salah satu kebutuhan penting dalam kehidupan masa kini. Coba saja berhenti memegang handphone dalam beberapa jam, pasti rasanya begitu aneh. Pasalnya, selain dijadikan sebagai alat komunikasi, kini handphone juga memiliki banyak fungsi lainnya, seperti mengakses internet, media sosial, untuk memfoto, bahkan untuk menghasilkan uang.

Sayangnya tidak sedikit dari kita yang justru melakukan kesalahan-kesalahan dalam melakukan pertimbangan sebelum membeli handphone yang tidak jarang membuat kita menyesal. Berikut ini pertimbangan-pertimbangan yang perlu kamu lakukan sebelum membeli handphone.


1

Android vs Windows Phone vs Iphone. Pilih yang mana ya?


Sebelum Membeli Handphone - ioswpandroSama seperti ketika membeli laptop/PC, kamu juga harus mempertimbangkan hal ini.

Pilih Android jika kamu menginginkan kebebasan lebih dalam memilih brand, speksifikasi tinggi dengan harga yang lebih bersahabat di kantong, serta beberapa fitur yang tidak terdapat di WP ataupun iOS.

Pilih Windows Phone jika kamu pengguna berat windows atau anti mainstream.

Pilih Iphone jika kamu menginginkan kemudahan penggunaan, antarmuka yang cantik tanpa perlu third party, serta ekosistem aplikasi yang besar.


2

Spesifikasi


Sebelum Membeli Handphone - spekPastinya tujuan utama kamu membeli ponsel adalah untuk menikmati dan memanfaatkan fitur-fiturnya untuk menunjang aktivitas kamu bukan? Nah karena tujuan utama membeli handphone adalah untuk menikmatinya spesifikasinya, bukan hanya untuk memamerkan tampilannya, jangan pernah membeli HP hanya melihat dari tampilannya saja. Perhatikan pula apakah spesifikasinya sesuai dengan kebutuhan kamu. Cek kecepatan processor, besar ram, dan spesifikasi lainnya.

10 Smartphone Android Paling Tipis yang Bisa Jadi Pilihan Selain iPhone 6

10 Pilihan Android Paling Tipis yang Jadi Pilihan Selain iPhone 6 di Indonesia. Oppo R5, Huawei Ascend P7, Samsung Galaxy A5, Alternatif Selain iPhone 6
Baca Juga

Ukuran layar misalnya, antara 4,5 inch ataupun 5,1 inch lumayan nyaman di genggaman ataupun saku. Enak untuk dilihat ketika berselancar di dunia maya, bermain games ataupun aktivitas penting lainnya. Sementara handphone dengan layar 4 inch lebih cocok untuk mereka yang tidak peduli games, video ataupun aktivitas yang membutuhkan layar besar. Hanya saja pastinya handphone dengan ukuran layar lebih besar dari 4 inchi lebih mahal dari handphone berukuran 4 inch. Jika kamu masih ragu memilih ukuran layar handphone, pilih saja handphone dengan ukuran layar 5 inch. Kebanyakan orang nyaman dengan ukuran layar ini.


3

Pertimbangan fitur


Sebelum Membeli Handphone - FitursLebih mementingkan kamera?

Saat ini hampir semua handphone memiliki kamera, tetapi tidak semuanya berkualitas baik. Ingat! besarnya Megapixel menunjukan besarnya resolusi yang bisa dihasilkan kamera suatu handphone, bukan seberapa bagus kamera handphone. Hanya saja biasanya kamera handphone dengan besar delapan megapixel atau lebih lumayan bagus untuk digunakan.

Terakhir, pastikan handphone pilihanmu memiliki flashlight, fitur memotret dalam cahaya remang, serta autofocus.

Lebih mementingkan kemudahan ?

Mari kembali sejenak ke bahasan awal. iPhone adalah salah satu OS yang mudah digunakan. Jika kamu menginginkan handphone tanpa perlu banyak pengaturan, mungkin iPhone adalah pilihan terbaik untukmu. Android juga tidak kalah mudah dalam hal penggunaan, tapi beberapa pengguna mengatakan bahwa iPhone lebih mudah digunakan.

Inilah Fitur Terbaru Android 5.0 Lollipop yang Belum Kalian Ketahui!

Inilah Fitur Terbaru Android 5.0 Lollipop yang Belum Kalian Ketahui!
Baca Juga

Jika kamu tidak ingin yang ribet-ribet, maka kamu juga harus lebih memperhatikan batrai. Sebuah handphone yang memiliki ketahanan batrai lama lebih enak untuk diajak pergi kemanapun. Meski ada powerbank, handphone yang memiliki kapasitas baterai besar lebih enak dibawa kan?

Mementingkan kemampuan multimedia seperti musik dan film?

Selain ukuran layar, pastikan handphone pilihanmu memiliki slot microSD. Beberapa handphone tanpa slot microSD memang memiliki kapasitas internal yang besar, seperti iPhone 6 128 gb. Tapi tentu saja harganya begitu mahal ~


4

Kira-kira Bujet Berapa Ya?


Sebelum Membeli Handphone - BujetSeringkali kita membeli handphone tertentu hanya karena terpengaruh dengan tren yang sedang berkembang di masyarakat. Yup, gonta-ganti handphone memang sudah menjadi salah satu gaya hidup masyarakat modern. Namun jika kamu tidak ingin menyesal karena gaya hidup hedonis ini, berhentilah untuk mengikuti tren tersebut. Tidak akan pernah ada habisnya jika kamu terus-terusan mengikuti tren karena trend ini akan dengan mudah berganti secara cepat dan kemudian akan muncul tren-tren baru lainnya. Pilihlah handphone sesuai dengan kebutuhan kamu, bukan hanya karena ingin mengikuti tren semata. Tentukan bujet yang sesuai untuk dialokasikan ke handphone mu hingga kamu tidak perlu gonta-ganti handphone demi mengikuti perkembangan zaman.


5

Lama dan Ketentuan Garansi


Sebelum Membeli Handphone - GaransiSama halnya dengan alat elektronik lainnya, handphone juga rentan mengalami kerusakan, bahkan kerusakan yang berasal dari pabrik pembuatan. Baru beli handphone 1 minggu tapi sudah rusak dan harus menguras dompet kembali untuk memperbaikinya, pastinya kamu tidak ingin mengalami hal tersebut bukan? Untuk itu, jangan lupa untuk selalu memperhatikan garansi yang diberikan oleh pihak yang menjual ponsel pintar tersebut. Baca lah syarat dan ketentuan garansi, berapa lama garansi berlaku, apa saja yang ditanggung oleh garansi tersebut dan sebagainya. Dengan adanya garansi, kamu sudah menghemat uang jika sewaktu-waktu handphone mu perlu diperbaiki.

Demikian pertimbangan-pertimbangan yang harus kamu lakukan sebelum membeli handphone. Semoga berguna guys!


SHARE
Previous articleBeberapa Hari Menuju Solo Konser LiSA – LiVE is Smile Always ~ Singapore 2015!
Next articleHeroes Chronicle, Ini Dia Game Baru LINE yang Bakal Hadir di Indonesia!