7 Fakta Planet Pluto yang Kamu Harus Tahu

planet pluto new horizons

Planet Pluto termasuk dalam dwarf planet sistem tata tata surya. Planet yang berada paling jauh dari matahari dan dikatakan sebagai planet paling kecil. Planet Pluto menjadi benda tata surya yang sempat menjadi perhatian. Bagi pecinta astronomi, mengenal lebih jauh mengenai Pluto tentu menarik. Sampai mencoba mengulik apa yang terjadi pada Pluto hingga ditemukan sejumlah fakta-fakta mengenai planet bernama Pluto ini.


1

Planet Pluto Bukan Lagi Planet


Dengan Google, Kini Kamu Juga Bisa Menjelajah Planet-planet di Tata Surya!

Jelajahi Bulan, Mars dan Venus versi Destiny, plus mendapatkan hadiah dalam Planet View. Mau?
Baca Juga

Planet Pluto dalam pelajaran ilmu pengetahuan alam disebutkan sebagai planet kesembilan. Setelah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnurs, Uranus, Neptunus, disebutlah planet Pluto.

Hal ini berubah pada tahun 2006, tepatnya tanggal 24 Agustus, di forum IAU atau International Astronomical Union yang ke-26 menyebutkan bahwa Pluto bukan lagi planet kesembilan. Pluto bukan termasuk dalam benda tata surya yang disebut sebagai planet.

Pluto dinyatakan bukan lagi sebagai planet setelah melewati berbagai pertimbangan. Salah satunya adalah karena Pluto tidak memiliki kejelasan dalam jalur orbitnya. Jika disebut sebagai planet setelah Neptunus, seharusnya saat mengelilingi matahari, Pluto tidak melewati jalur orbit planet Neptunus. Namun fakta yang terjadi berdasar penelitian, Pluto adalah benda langit dengan kedudukan lebih dekat dengan matahari dibanding dengan planet Neptunus. Alias bersimpangan dengan jalur orbit planet Neptunus.

Selain itu, sebuah planet seharusnya memiliki ciri layaknya planet. Namun faktanya, Pluto lebih banyak memiliki ciri ke arah benda langit bernama komet.

pluto-orbit


2

Planet Pluto Masih Planet?


YouTube 60fps Kini Hadir di iOS dan Android

Video yang ada di YouTube kini bisa dilsaksikan atau ditonton dengan kecepatan 60 frame per second atau youTube 60fps pada smartphone android dan iOS.
Baca Juga

Perdebatan panjang mengenai tetap dipertahankan atau dicopotnya Pluto dapat dikatakan sangat pelik, hingga akhirnya Pluto bukan lagi planet kesembilan. Meski demikian, tetap saja ada beberapa astronom yang merasa sayang. Faktanya, Pluto masih menjadi bagian tata surya yang menarik. Hal ini terus memicu perbedatan di antara para astronomer.

Dikarenakan perdebatan bertambah sengit, seorang astronom bernama Dimitar Sasselov mencoba menengahi. Sasselov menjabat sebagai pimpinan dari Planets and Life di Harvard. Dia mengatakan bahwa memang bisa jadi Pluto adalah planet atau juga bisa jadi bukan, namun sampai sekarang hal itu belum dapat dibuktikan secara ilmiah.

“Untuk sementara, mulai sekarang kita harus tetap menyebut bahwa Pluto itu adalah sebuah planet seperti dahulu kala,” jelas Sasselov.

Pernyataan ini diperkuat oleh Owen Gingerich, ahli sejarah dan astronomi di Harvard, yang berpendapat bahwa definisi planet akan terus berubah dari waktu ke waktu.


3

Pluto Menjadi Keluarga Dwarf Planets


Disebutkan di awal bahwa Pluto adalah dwarf planets, alias planet kerdil. Setelah tidak lagi masuk sebagai benda planet, Pluto tergabung dalam keluarga Dwarf Planets. Kelompok planet kerdil ini beranggotakan Ceres sebagai asteroid paling besar, Charon, satelit Pluto, serta benda langit lainnya.


4

Pluto, Planet Merah Yang Berpasir


Fakta lainnya terkait Planet Pluto dikutip dari keterangan NASA adalah merupakan planet berwarna merah dan berpasir. Selama ini, fakta yang diutarakan mengenai Pluto keliru dan dibantahkan oleh penemuan dari pesawat antariksa New Horizons.

planet pluto new horizons
New Horizons

5

Pluto Memiliki Ukuran Besar


Sebutan Pluto sebagai planet kecil atau kerdil, ternyata tidak kemudian disesuaikan dengan ukurannya. Memberikan fakta melalui pengukuran berdasar corak yang gelap dari garis khatulistiwa atau The Whale. Pada Pluto juga memiliki kawasan yang dapat dikatakan teras dan luas. Bagian atas Pluto sendiri tepatnya bagian kawasan pada kutub memiliki tingkat keterangan yang dapat dikatakan lumayan.

Bukti lainnya bahwa Pluto memiliki ukuran besar terlihat dari kawasan sebelah kanan dari planet tersebut diperkirakan memiliki ukuran 2000 kilometer. Dengan diameter mencapai 1473 mil berdasarkan pengamatan dari pesawat antariksa New Horizons NASA.

planet pluto new horizons


6

Keunikan Orbit Pluto


Pluto merupakan benda langit yang memiliki bidang lintasan tidak sejajar. Dibanding planet lainnya, Pluto memiliki keunikan orbit yaitu sangat lonjong. Sehingga terlihat memiliki orbit yang ke luar melewati orbit Neptunus.

Pastinya meskipun suatu kali Pluto melewati orbit Neptunus, Pluto tidak sekalipun akan menabrak planet Neptunus tersebut dikarenakan orbit yang dilewati oleh Pluto berada jauh dengan keberadaan planet Neptunus.


7

Foto Pertama Pluto


Dikabarkan hingga kini pesawat antariksa New Horizons yang tidak memiliki awak menjalankan misi untuk mengamati Pluto dan benda langit seperti bulan-bulan di sekitar Pluto.

New Horizons ini telah berhasil terbang melintasi Pluto dalam jarak terdekatnya. New Horizons melintas 12,5 ribu kilometer di atas permukaan Pluto dengan kecepatan 45 ribu kilometer per jam pada pukul 7.49, Selasa pagi waktu Amerika Serikat. Jarak tersebut menjadi yang terdekat sejak New Horizons menjelajah ruang angkasa selama hampir 10 tahun.

Dan inilah foto pertama Planet Pluto yang dikirimkan dari New Horizons:

planet pluto new horizons

Dan ini adalah berbagai reaksi terbaik netizen terhadap foto Pluto:

planet pluto new horizons
Kalau ini Pluto dari Disney
planet pluto new horizons
From Pluto, with love…
planet pluto new horizons
First high resolution image of Pluto causes concern:
planet pluto new horizons
Commander Shepard, Pluto is in range. Send out probe?

planet pluto new horizons

Foto-foto tadi menutup tujuh fakta terkait benda tata surya bernama Planet Pluto.


SHARE
Previous article5 Hal Menarik dari Trailer Perdana Suicide Squad
Next article3 Arc Filler Naruto Ini Jangan Sampai Kamu Lewatkan!
Mengawali karier menulisnya pada tahun 1997 sebagai kontributor rubrik game majalah Mentari Putera Harapan. Namanya mulai dikenal setelah dia turut membidani lahirnya majalah game pertama di Indonesia, Game Master. Begitu banyak majalah yang lahir dari buah pemikirannya. Sebut saja Game Master, 3D Magazine, Ultima Nation, hingga Zigma dan Omega. Tidak hanya dikenal sebagai jurnalis dan konseptor, GrandC juga seorang penulis cerita. Saat ini dia banyak disibukkan dengan pengembangan Vandaria, dunia fiksi ciptaannya.