Wow! Kamu Harus Lihat Hati Pluto Si Planet Kerdil!

Setelah perjalanan jauh selama 9 tahun dan menempuh jarak 3 milyar mil, pesawat ulang alik NASA bernama New Horizons akhirnya bisa mendekati Pluto. Ini pertama kalinya dalam sejarah lho, ada foto close up Pluto yang begitu dekat!

Foto close up planet paling ujung di tata surya kita yang dirilis pada hari Selasa pagi oleh NASA tersebut menunjukkan gambar yang jernih. Kita bisa melihat permukaan Pluto dengan jelas dan jika kita lihat dengan seksama ada area berbentuk hati di Pluto. Gambar ini pertama dirilis di akun Instagram dan Facebook NASA dimana setelah itu NASA merilis gambar dengan resolusi yang lebih tinggi melalui website resmi mereka.

area hati pluto
Gambar yang jernih ini menunjukkan area berbentuk hati di pluto

Alan Stern, ketua investigator pada misi New Horizons yang telah menghabiskan waktu lebih dari satu dekade untuk menjelajah benda luar angkasa mengatakan bahwa seiring berjalannya waktu, gambar-gambar berikutnya akan jauh lebih baik lagi. “Besok, kami dapat memperlihatkan gambar dengan resolusi yang sepuluh kali lebih baik dari gambar ini,” kata Stern pada konferensi pers yang digelar NASA pada Selasa lalu.

Stern juga mengatakan bahwa ada bukti yang mengindikasikan di Pluto juga turun salju. Wow! Namun tentu saja salju di pluto dan salju di bumi berbeda. Menurut para peneliti, salju di Pluto terbentuk dari Nitrogen yang membeku.

The Technomancer Bakal Akhiri Perdebatan Eksistensi Makhluk Hidup di Planet Merah

Temanya memang juga dunia dalam keadaan post-apocalypse, namun setidaknya kalian ga perlu makan tikus dan belatung di sini!
Baca Juga

Salah satu hal yang ramai dibicarakan netizen adalah area berbentuk hati di Pluto yang membuat Planet ini tampak begitu romantis. Namun tentu saja, ini bukan alasan Pluto bisa ditinggali oleh manusia.  Dengan adanya perisitiwa ini, para peneliti akan mendapatkan gambar yang belum pernah ada sebelumnya tentang Pluto. Hal ini tentunya akan membantu para peneliti untuk mengetahui atmosfer dan komposisi Pluto.

Perjalanan pesawat ulang-alik New Horizons mencapai Pluto — sebuah perjalanan selama 9 tahun, sejauh 3 miliar mil — ternyata menempuh waktu 52 detik lebih cepat dari yang diperkirakan saat diluncurkan pada Januari 2006 menurut NASA. New Horizons adalah pesawat ulang-alik tercepat yang pernah diluncurkan dengan kecepatan lebih dari 30.000 mill per jam.

Penjelajahan ini sendiri akhirnya bisa mengakhiri perdebatan panjang yang sudah dimulai sejak 1930, ukuran Pluto. Dirilis di laman resmi NASA, Pluto ternyata berdiameter 2.370 kilometer, ukuran yang lebih besar dari yang selama ini diperkirakan.

pluto-bumi
Perbandingan Ukuran Pluto, Charon (bulan terbesar yang mengorbit Pluto) dan Bumi

Saat ini pesawat ulang-alik New Horizons masih dalam tahap mengumpulkan data dan menyusunnya untuk dikirim kembali ke Bumi. Dan tahukah kamu berapa waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan data-data selama 10 tahun tersebut? 16 bulan! Semoga data-data tersebut dapat membentu kita mengenal Pluto lebih baik lagi, ya!

Sumber NASA  Mashable


SHARE
Previous articleInilah Momen-Momen Epic One Piece yang Paling Menyentuh Hati (Part 1)
Next articleTrailer Baru Fantastic Four Memperlihatkan Aksi Anggotanya!
Believe in miracle, fairy tale and love stories. Adore juggling words. Resistance for Ingress.