CAMIA: Lewat Mobile Game Conference, Ingin Jembatani Industri Game Mobile di China dan Indonesia

china-indonesia mobile game conference CAMIA

China-Indonesia Mobile Game Conference bakal digelar di Jakarta bulan Agustus mendatang. Bagaimana acara ini bisa membantu industri game di Indonesia dan China untuk tumbuh dan berkembang lebih besar? Simak wawancara Duniaku dengan CAMIA berikut ini!

China-Indonesia Mobile Game Conference, Siap Pertemukan Industri Game Mobile China dengan Indonesia!

Untuk memajukan industri game mobile di China dan Indonesia, CAMIA bekerja sama dengan Duniaku menggelar China-Indonesia Mobile Game Conference di Jakarta!
Baca Juga

Seperti berita yang sudah kami tampilkan sebelumnya, pada bulan Agustus 2015 mendatang Duniaku bekerja sama dengan China-ASEAN Mobile Internet Industry Alliance atau CAMIA siap menggelar China-Indonesia Mobile Game Conference. Event yang akan diselenggarakan di Kridangga Ballroom, Century Park Hotel Jakarta, 26 Agustus 2015 ini akan menjadi yang pertama di Indonesia, dan akan mempertemukan para pelaku industri game mobile di China dan Indonesia.

Selama ini, CAMIA sudah menggelar event serupa di berbagai negara ASEAN seperti Thailand dan Vietnam. Dan kali ini, giliran Indonesia yang akan menjadi tujuan selanjutnya dari CAMIA. Kira-kira bagaimana sih pendapat CAMIA terhadap industri game mobile di Indonesia? Dan bagaimana event China-Indonesia Mobile Game Conference ini bisa memajukan industri game mobile kedua negara? Kali ini Duniaku berhasil mewawancarai Juliana Lee, Assistant to Secretary-General dari CAMIA. Yuk kita simak bersama-sama hasil wawancaranya berikut ini!

Duniaku (D): Pertama-tama, apa sih ide utama dari event ini? Dan juga apa tujuannya terutama bagi CAMIA dan juga industri game mobile di Indonesia?

Juliana (J): Event ini bukan hanya penting bagi CAMIA dan para developer. Kami ingin mengemasnya sebagai event besar untuk seluruh industri mobile game, yang tentu bisa diikuti oleh para korporat, startup dan entrepreneur yang berelasi dengan mobile game seperti publishing & localization, app promotion, payment, mobile internet marketing dan juga pihak-pihak lain yang tertarik dengan mobile games. Konferensi ini adalah sebuah platform kerjasama dan hubungan bilateral untuk semua pelaku industri game mobile di China dan Indonesia.

D: Bagaimana pendapat CAMIA terhadap industri game mobile di Indonesia?

J: Indonesia adalah pasar game mobile terbesar di ASEAN mengingat Indonesia memiliki populasi terbesar. Pertumbuhan revenue dari pasar game mobile Indonesia tahun lalu sebesar 120%, yang merupakan pertumbuhan paling cepat di ASEAN. Di waktu yang sama, game-game top di Indonsia masih datang dari perusahaan besar tradisional seperti Clash of Clans, yang sudah bukan menjadi game top di China dan pasar-pasar ASEAN yang lebih berkembang seperti Thailand. Itu artinya, pasar Indonesia masih blue ocean, dengan kompetisi yang belum cukup dan memberikan peluang besar bagi seluruh pemainnya.

Perusahaan-perusahaan China tertarik terhadap pasar Indonesia dan ingin mengambil bagian di sana, sedangkan di saat bersamaan perusahaan lokal di Indonesia memiliki banyak ruang dan peluang untuk berkembang.

CAMIA china-indonesia mobile game conference

D: Lantas, bagaimana event ini bisa membantu industri game mobile di Indonesia untuk berkembang?

J: Event ini bisa membangun saluran komunikasi untuk masing-masing negara dan seluruh pelaku industri. Di event ini akan ada speech dan diskusi untuk membagikan informasi pasar dan insight yang perlu dipahami peserta mengenai landscape dari pasar Indonesia. Selain itu, akan ada banyak peluang networking di Official After Party dan Coffee Break yang bisa dimanfaatkan peserta untuk menemukan partner yang potensial.

Sebagai contoh, publisher di Indonesia bisa menemukan game yang bagus dari developer China dan mempelajari pengalaman dan kisah sukses mereka. Atau publisher China bisa menemukan partner lokal seperti tech ads untuk mempromosikan game mereka dan payment channel untuk membantu mereka memonetisasi game tersebut.

CAMIA china-indonesia mobile game conference

Event ini GRATIS untuk kamu ikuti. Jika tertarik, kamu bisa langsung mengunjungi tautan Eventbrite-nya di bawah ini. Acara ini juga didukung oleh Baidu, BaijingApp, Mobile Monday Indonesia, Asosiasi Game Indonesia (AGI), CATTC (China-ASEAN Technology Transfer Center) dan YeahMobi.

Pendaftaran China-Indonesia Mobile Game Conference

Bergegas ya, karena kuota peserta sangat terbatas, hanya 200 peserta saja!


SHARE
Previous articleSeragam Sekolah Baru Indonesia, Kini Ada Iklannya?
Next articleGame Horor Lain Makin Kelihatan Cemen! Baru Demo Until Dawn Saja Bikin Bergidik!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.