Hari Kemerdekaan Indonesia Dimeriahkan Hashtag dan Emoji #RI70 #Indonesia

indonesia-merdeka

Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-70 tinggal sepekan lagi. Namun, sejak beberapa hari lalu suasana kemeriahan sudah sangat terasa di dunia maya, khususnya media dan jejaring sosial. Perbincangan mengenai kemerdekaan dan pesta kemeriahan pun mulai jadi topik hangat para netizen. Ada yang sekedar mengucap selamat dan ada pula yang memberikan opini serta harapan untuk Tanah Air tercinta menghadapi masa depan.

Rayakan Star Wars Day dengan Twitter Emoji Star Wars!

Dalam rangka promosi film Star Wars The Force Awakens, Twitter membuat fitur khusus Twitter emoji Star Wars yaitu BB8, C3PO, dan Stormtrooper
Baca Juga

Tak mau ketinggalan, salah satu jejaring sosial terpopuler, Twitter, belum lama ini memberikan badge emoji memeriahkan kemerdekaan RI. Gambar khas bendera merah putih dan lambang 70 tahun Indonesia akan terlihat di setiap postingan netter yang mencantumkan tagar #Indonesia dan #RI70.

Perhatian khusus dari Twitter ini tentu jadi daya tarik untuk netizen. Seperti lazim diketahui, Twitter merupakan salah satu platform terpopuler di Indonesia. Netter Indonesia sangatlah aktif berinteraksi di Twitter dan kerap menjadikan sebuah hashtag jadi trending topik, baik kelas Indonesia maupun dunia.

#RI70 dan #Indonesia Dari Twitter Untuk Indonesia

Mengapa POTUS jadi Nama Akun Twitter Presiden Obama?

Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama baru saja mengumumkan akun twitter miliknya yang bernama POTUS. Berikut adalah hal-hal di balik akun twitter Obama.
Baca Juga

Emoji spesial dari Twitter diluncurkan sejak Senin (10/7/2015) kemarin. Emoji tersebut bisa jadi ajang berekspresi para netizen untuk berbagi dan membanggakan Negeri tercinta, Indonesia, di hari kemerdekaannya. Lambang 70 tahun akan muncul untuk netter yang menyertakan taga #RI70 dan bendera merah putih untuk tagar #Indonesia.

Sesaat setelah dirilis, kedua hashtag dan emoji itu sempat jadi trending topik di Indonesia. Twitter sukses membuat netizen penasaran dan mencoba mencantumkan kedua tagar tersebut. Hingga saat ini terihat sudah banyak netter yang memakai tagar tersebut. Baik itu sebuah instansi, publik figur, mahasiswa atau masyarakat umum.

Teguh Wicaksono, Media Partnership Manager Twitter Indonesia sempat mengungkapkan bahwa Twitter adalah platform paling banyak dituju orang untuk berinteraksi dan memulai percakapan terbuka tentang hal-hal baru atau sedang berlangsung. Untuk itu pihaknya sengaja memberikan badge khusus agar netizen makin bersemangat.

“Kami yakin percakapan dengan #RI70 bakal memuncak dalam minggu ini,” terangnya dalam sebuah siaran pers. “Ini akan jadi cara menyenangkan dan warna-warni untuk menyatukan Indonesia di hari kemerdekaan.”

Twitter pun berharap emoji spesial dari mereka bisa membangkitkan kembali persatuan dan semangat nasionalisme masyarakat Indonesia. Jadi bagi yang penasaran dan ingin mencoba dua emoji tersebut, buruan posting status dengan tagar #RI70 dan #Indonesia. Emoji bakal muncul secara otomatis dibelakang tagar tersebut.

Perhatian khusus Twitter ini bukanlah yang pertama kali. Sebelumnya, mereka juga pernah memberikan badge emoji yang otomatis terlihat di linimasanya pada pembukaan liga Inggris beberapa waktu lalu. Twitter memberikan spesial icon untuk klub liga dan sejumlah icon yang mencoba menggambarkan sifat para pemain.

twitter-merah

Respon Hangat Netizen Tanggapi Emoji Spesial dari Twitter

Sehari sejak diluncurkan, tagar #RI70 dan #Indonesia terus membanjiri timeline Twitter. Para netizen menyambut hangat perhatian Twitter pada kemerdekaan RI dengan beragam ekspresi.

Ada yang sekedar penasaran mencoba, berbagi link berita hingga menyebarkan kedua hashtag tersebut agar diketahui oleh netter lainnya. Sejumlah publik figur, media massa, instansi hingga masyarakat umum terlihat mengupdate informasi dengan dua hashtag itu.

Perlu diketahui bahwa emoji hanya akan muncul di aplikasi Personal Computer Dekstop, Android dan Tablet. Aplikasi Twitter untuk windows phone hingga kini belum mensupport emoji ini. Jadi, jangan lupa mencoba kedua hashtag tersebut untuk turut merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Jika melihat antusias netizen bukan tak mungkin #RI70 dan #Indonesia bertahan berhari-hari untuk jadi trending topik.


SHARE
Previous articleDampak Fantastic Four Reboot, Johnny Storm Kena Cecar!
Next articleGanteng Ganteng Serigala Tamat, Akankah Digantikan Cantik Cantik Godzilla?
Ari aka Hawke Zigma memiliki segudang pengalaman dalam jurnalis game. Hawke populer sebagai anak didik langsung dari GrandC. Dia banyak membantu GrandC dalam menulis, meliput event berita, bahkan konsep. Nama Hawke cukup populer dalam dunia game underground karena dia juga pernah menggawangi langsung salah satu jaringan toko game di Surabaya, yakni GameQuarters.