Hijaber Desainer Asik Kumpul di Komunitas Hijabographic

hijabographic (1)

Hijabographic jadikan kreativitas sebagai wadah ekspresi hijabers

Mengenakan hijab dilakukan untuk menutup aurat dalam usaha menjaga diri, namun bukan berarti tidak bisa berekspresi. Setidaknya itulah yang dilakukan oleh komunitas Hijabographic. Sebuah komunitas unik yang mewadahi para hijabers untuk berekspresi dan berkarya dalam desain grafis.

Hijabographic adalah komunitas muslimah kreatif pertama di Indonesia. Awalnya, komunitas ini mewadahi kumpulan artwork yang dapat disebarluaskan kepada masyarakat, khususnya netizen di media sosial. Pada November 2011, akun media sosial Hijabographic dibuat untuk sharing karya dan mengajak para muslimah berpartisipasi. Kini, Hijabographic tidak hanya wadah untuk sharing karya, tapi juga sebagai media informasi tentang dunia muslimah kreatif dengan segala potensinya.

Hijabographic adalah gabungan dari kata “Hijab” sebagai simbol kemuslimahan dan “graphic” berarti komunikasi visual menggunakan gambar untuk menyampaikan pesan. Bisa dibilang Hijabographic ditujukan sebagai wadah untuk menyampaikan dakwah kemuslimahan dengan media komunikasi visual. Tujuannya dibangun komunitas ini adalah untuk kampanye menutup aurat melalui media visual. Tujuan lainnya adalah sebagai wadah pemersatu kreator-kreator muslimah agar bisa saling berbagi ilmu, info, hingga sinergi berkolaborasi karya.

 

Kegiatan yang dilakukan komunitas Hijabographic antara lain adalah:

  • Kegiatan rutin di media sosial antara lain Daily Artwork berupa open submission bagi teman-teman muslimah yang memiliki karya.
  • Artwork Challenge untuk memompa semangat kreativitas muslimah dalam berkarya.
  • Kegiatan offline antara lain HijaboClass, yaitu praktik belajar/workshop dengan mengundang salah satu kreator mengenai satu bidang kreatif tertentu seperti belajar menggambar, workshop crafting, dan lainnya.
  • HijaboGath, yaitu diskusi dan sharing kreatif antara Hijabographers dengan narasumber untuk membahas topik tertentu.
  • Kegiatan insidental berupa pameran seperti yang Hijabographic lakukan pada Popcon Asia 2015 lalu, dan kampanye menutup aurat hingga kegiatan kolaborasi bersama komunitas lain
  • Berpartisipasi dalam Socmedfest bersama ratusan komunitas dan penggerak akun media sosial di Indonesia, juga pameran dan Creative Talk TakeCover bersama komunitas Syarekat Kreatifiyah Indonesia.
  • Kampanye visual online tentang menutup aurat, kemuslimahan, juga poster kampanye menanggapi isu yang sedang ramai dibahas masyarakat, seperti #DukungPolwanBerjilbab dan  #SupportAntiMiras. Serta berbagai kampanye momen-momen Islam seperti Ramadhan & Lebaran juga dibuat oleh Hijabographic.

Beberapa karya Hijaboraphic lainnya yang menarik antara lain adalah:

hijabographic (2)

  • Hijabocomic, adalah komik yang berisi tentang ajakan menutup aurat bagi muslimah. Pesan yang ingin disampaikan tidak sekadar menutup, tapi juga harus syar’i. Di dalamnya juga terdapat akhlak Islam sehari-hari yang dikemas dengan ringan untuk remaja.
  •  Love Plushie ‪#‎SaveRohingya‬ yang merupakan bagian dari kegiatan HijaboCharity, yang merupakan donasi untuk kepedulian terhadap saudara-saudara muslim Rohingya, yang mana keuntungan penjualan akan di salurkan melalui lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT)

SHARE
Previous articleMonster Hunter Explore iPhone dan Android Ini Terlihat Makin Keren!
Next articleLINE Dragonica Mobile Sukses Raup 1 Juta Download Hanya dalam Seminggu!
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.