MD Animation PHK Karyawan Besar-Besaran. Bagimana Nasib Adit Sopo Jarwo?

Adit & Sopo Jarwo

MD Animation, salah satu production house khusus film animasi Indonesia baru saja melepaskan ratusan karyawannya. Ini tentu jadi kabar menyedihkan mengingat PH tersebut memiliki sejumlah karya produksi yang populer di tengah masyarakat.

Sebut saja serial animasi dari film ‘Adit Sopo Jarwo‘, ‘Tendangan Halilintar’ dan sebagainya. Film animasi garapan anak perusahaan MD Entertainment ini bukan hanya sukses mencuri perhatian publik, tapi juga berhasil mendapatkan pengakuan dan penghargaan bergengsi. Lalu apa yang membuat PH ini melakukan PHK besar-besaran?

Melempemnya Industri Film Animasi di Indonesia

Harga Diri Bangsa untuk Battle of Surabaya

Pertaruhkan harga diri bangsa antar negara: INSIDE OUT VS BATTLE OF SURABAYA, hanya bisa dimenangkan kalau penonton Indonesia mendukungnya di bioskop.
Baca Juga

Menurut para pelaku industri, perfilman animasi di Indonesia tidak berkembang sebaik genre film lain, apalagi jika dibandingkan dengan sinetron. Produksi film animasi membutuhkan biaya yang sangat besar, sedangkan media komersil hingga kini belum ada yang bersedia membeli karya-karya animasi. Kendala utamanya tentu pada faktor budget. Di mana biaya pengeluaran tak berimbang dengan pemasukan.

Fenomena ini tentu berbeda dengan sinetron yang hanya memerlukan budget puluhan juta, sedangkan pemasukan yang didapat selalu lebih dan bisa dua kali lipat dari biaya produksi. “Itulah kenapa jauh lebih banyak sinetron yang sukses ketimbang film animasi,” tutur Donny Sugeng Riyadi, Asisten Produser Dreamtoon.

Selain sinetron, film animasi juga masih kalah populer dibanding industri digital lain, seperti aplikasi handphone, game, dan sebagainya. Pemerintah RI sendiri belum memiliki langkah strategis tentang persoalan perfilman animasi Indonesia. Pemerintah masih sekedar mendengungkan gerakan ekonomi kreatif semata.

Itulah sebabnya mengapa MD Animation melakukan PHK besar-besaran. Perwakilan PH mengkonfirmasi kebenaran kabar tersebut dan membantah bahwa perusahaannya gulung tikar.

“Benar kita melepas 120 karyawan dan memberlakukan sistem baru. Tapi MD Animation tidak bubar,” tukas Freddy Nindan, Pimpinan Creative MD Animation.

PH tersebut saat ini menerapkan sistem on project basis untuk memacu kinerja karyawan, baik secara kualitas maupun kuantitas. Ini merupakan strategi jitu menyiasati fixed cost. Meski demikian MD Animation masih memiliki tim-tim handal untuk tetap berkarya.

dana-riza-adit-sopo-jarwo
Dana Riza, Direktur MD Animation

Saat ini para animator dipekerjakan secara freelance. Sedangkan yang in-house hanya tim kreatif, pemimpin produksi, audio post, dan tim post production. Pemberlakukan sistem baru tersebut juga disampaikan oleh Dana Riza, Direktur MD Animation.

“Proses produksi dan kreatif masih tetap berlanjut. Produk-produk terbaru juga masih akan dirilis,” katanya belum lama ini.

Kelanjutan Serial Animasi Adit Sopo Jarwo

md-animation-adit-sopo-jarwo

Inilah 6 Fakta Inside Out yang Kamu Harus Tahu!

Fakta Inside Out dibeberkan langsung oleh sang sutradara Pete Docter dan asistennya Ronnie del Carmen ketika berkunjung ke Indonesia. Apa sajakah itu?
Baca Juga

MD Animation sudah berdiri sejak 2012 lalu dan kini telah memiliki enam karya yang memiliki hak cipta. Satu diantaranya ialah serial anak populer, Adit Sopo Jarwo. Film tersebut sempat jadi perbincangan hangat di media sosial karena dikabarkan bubar.

Sejumlah kabar menyebutkan bahwa ada masalah internal antara MD Animation dengan MNC selaku media komersil yang menayangkannya. Adit Sopo Jarwo sedang dibekukan dan ini terlihat episode yang terus diulang-ulang. Hal ini diperkuat oleh pernyataan Erix Soekamti selaku Kepala Rekrutmen dan Promo serial tersebut. Erix membenarkan bahwa Adit Sopo Jarwo belum diproduksi kembali sampai waktu yang tak bisa ditentukan.

Sementara itu, pihak MD Animation sendiri belum memberikan pernyataan resmi mengenai kelanjutan film animasi anak populer tersebut. Meski menegaskan sedang memproduksi karya baru belum dijelaskan apakah itu termasuk episode untuk Adit Sopo Jarwo.
Di sisi lain, penggemar Adit Sopo Jarwo masih menunggu tayangan terbarunya. Masyarakat mengharapkan film animasi tersebut tetap hadir dan menghibur pemirsa televisi.

Jam tayang Adit Sopo Jarwo bisa disaksikan setiap Senin hingga Jumat pukul 17.30 WIB di channel MNC TV atau channel khusus milik MD Animation. Semoga saja penggemar segera mendapat kabar baik dan kembali menonton kekocakan aksi Adit Sopo Jarwo.


SHARE
Previous articleBisa Bikin Cheat Phantomers, Lyto Bakal Kasih Kamu Duit!
Next article5 Manga Populer dengan Chapter Terbanyak
Ari aka Hawke Zigma memiliki segudang pengalaman dalam jurnalis game. Hawke populer sebagai anak didik langsung dari GrandC. Dia banyak membantu GrandC dalam menulis, meliput event berita, bahkan konsep. Nama Hawke cukup populer dalam dunia game underground karena dia juga pernah menggawangi langsung salah satu jaringan toko game di Surabaya, yakni GameQuarters.