Drama Kegagalan Transfer De Gea, Kok Bisa Sih??

kegagalan transfer De Gea

Kegagalan transfer de Gea menjadi bahan olok-olok di media sosial

Bursa transfer sepakbola Eropa telah usai, namun bukan berarti tidak ada yang bisa menjadi berita. Justru transfer-transfer pemain di detik-detik akhir menarik perhatian publik. Namun bukan hanya transfer yang berhasil saja yang menjadi pembicaraan, namun juga transfer yang gagal justru tidak kalah menariknya. Salah satu yang menjadi pembicaraan publik adalah kegagalan transfer De Gea, yang seharusnya akan menjadi pemain Real Madrid setelah transaksi transfer dari Manchester United.

Apa sih sebenarnya penyebab kegagalan transfer De Gea di hari terakhir bursa transfer musim 2015/2016? Apapun jawabannya, media sosial sudah terlanjur lebih dulu “menjelaskannya”.

Insiden ini memang langsung menjadi bahan pembicaraan di mana-mana. Konon saga transfer David de Gea sudah muncul berbulan-bulan lalu, namun kesepakatan baru muncul di menit-menit terakhir. Sayangnya terjadi kegagalan transfer de Gea antara Real Madrid dengan Manchester United yang konon hanya gara-gara urusan buka-membuka dokumen (digital)!

Kabarnya, proses pengiriman dokumen-dokumen tersebut waktunya mepet. Ada juga spekulasi, Madrid mendapatkan kesulitan untuk membuka file-file yang dikirim MU.

Isu seperti ini tentu tidak bisa diampuni jejaring sosial. Berbagai sindiran pun berseliweran mengenai versi-versi konyol dari kegagalan transder de Gea. Simak beberapa lelucon dari berbagai media sosial berikut ini:

https://twitter.com/FootballVines/status/638490538900094976

https://twitter.com/FootyMemes/status/638494785481928704

Klarifikasi dari kedua pihak mengenai kegagalan transfer de Gea:

Real Madrid:

1.- Manchester United tidak memulai negosiasi terkait David de Gea hingga pagi hari kemarin.

2.- Real Madrid, di luar kesulitan-kesulitan yang ditimbulkan atas operasi dengan karakteristik seperti itu pada hari terakhir pendaftaran, telah setuju untuk memulai negosiasi.

3.- Ketika Manchester United melakukan proses negosiasi pada pagi hari kemarin mereka melakukan itu dengan mengondisikan pada dicapainya kesepakatan dengan pemain Real Madrid, Keylor Navas, agar bergabung dengan klub Inggris tersebut di musim kompetisi ini, dan menginformasikan bahwa mereka sedang melakukan kontak dengan perwakilan dari pemain tersebut.

4.- Real Madrid dan Manchester United telah mencapai kesepakatan langsung atas transfer dari kedua pemain tersebut. Setelah penyusunan dari masing-masing dokumen kontrak yang diperlukan dan dengan maksud agar dapat memprosesnya dalam waktu yang memadai baik untuk Transfer Matching System di FIFA (TMS) maupun pendaftarannya di LFP (otoritas Liga Spanyol), Real Madrid mengirimkan kepada Manchester United kedua kontrak tersebut pada pukul 13.39 waktu Spanyol.

5.- Manchester United memberikan tanggapan atas kontrak-kontrak tersebut delapan jam kemudian, pada pukul 21.43 waktu Spanyol, termasuk di dalamnya beberapa modifikasi kecil. Karena tidak terlalu signifikan, semua modifikasi-modifikasi tersebut langsung disepakati oleh Real Madrid, dengan maksud agar dapat mendaftarkan pemain, baik di TMS maupun di LFP.

6.- Real Madrid, setelah mendapatkan tanda tangan dari De Gea dan Keylor Navas, mengirimkan kontrak-kontrak yang telah ditandatangani tersebut kepada Manchester United pada pukul 23.32 waktu Spanyol. Real Madrid kemudian menunggu dokumen-dokumen itu ditandatangani oleh pihak Manchester United.

7.- Manchester United mencapai kesepakatan final dengan perwakilan dari Keylor Navas pada pukul 23.53 waktu Spanyol dan pada saat itulah kontrak dikirimkan kepada pihak pemain untuk ditandatangani.

8.- Manchester United memasukkan ke TMS data-data transfer David de Gea, namun tidak demikian halnya dengan data dari Keylor Navas, pada pukul 00.00 waktu Spanyol, dan pada saat yang bersamaan mengirimkan kepada Real Madrid kontrak-kontrak dari transfer yang telah ditandatangani. Real Madrid menerima dokumen lengkap pada pukul 00.02 dan mencoba untuk mengakses TMS tapi pada saat tersebut telah ditutup.

9.- Pada pukul 00.26 waktu Spanyol sistem informatika TMS di FIFA menyampaikan undangan kepada Real Madrid untuk memenuhi data-data pemain David de Gea, mengingat bahwa waktu pendaftaran di Inggris tetap dibuka hingga hari ini. Real Madrid, menghadapi kemungkinan diajukannya gugatan atas transfer pemain tersebut; telah memutuskan untuk mengirimkan kontrak-kontrak tersebut kepada LFP meski menyadari bahwa periode transfer telah ditutup.

10.- Terakhir, Real Madrid telah melakukan semua hal yang dibutuhkan di sepanjang waktu demi menuntaskan kedua transfer itu.

Manchester United

– Manchester United tidak mencari kontak dari Real Madrid untuk penjualan David. David adalah anggota penting dari skuat kami dan klub lebih memilih untuk tidak menjualnya.

– Tidak ada tawaran yang diterima untuk David sampai kemarin (Senin-red).

– Pada saat jam makan siang kemarin, Real Madrid mengajukan tawaran pertamanya untuk membeli David. Kedua klub sudah mencapai kesepakatan, yang mencakup Navas ditransfer ke Old Trafford. Kesepakatan ini bergantung satu sama lain.

– Dalam beberapa jam terakhir dari proses transfer, dengan Navas berada di tempat latihan Real Madrid, Real Madrid mengontrol pengurusan dokumen David, Navas, dan Real Madrid. Manchester United cuma mengontrol pengurusan dokumen Manchester United.

– Manchester United mengirimkan dokumen transfer kedua pemain kepada Real Madrid pada pukul 20.42 BST (waktu lokal Inggris di musim panas-red). Dokumen David dikembalikan oleh Real Madrid kepada Manchester United tanpa halaman penandatanganan pada pukul 22.32 BST.

– Pada pukul 22.40 BST, beberapa menit sebelum deadline, ada perubahan besar dalam dokumen yang datang ke Manchester United, yang membuat kesepakatan berisiko batal.

– Baru pada pukul 22.55 BST dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk memutus kontrak David diterima oleh Manchester United dari Real Madrid.

– Pada titik ini, dokumen Navas masih belum dikembalikan oleh Real Madrid.

– Pada pukul 22.58 BST, kesepakatan transfer dikirim balik oleh Manchester United, di-upload ke TMS dan diterima — semuanya sebelum deadline.

– Dalam pemahaman kami, transfer tidak terwujud karena:

Real Madrid tidak meng-upload dokumen David ke TMS tepat waktu (Manchester United sudah melakukannya).

Real Madrid tidak meng-upload dokumen David ke otoritas Liga Spanyol tepat waktu. Laporan menunjukkan hal itu dilakukan sekitar 28 menit setelah deadline.

– Fakta bahwa Manchester United mengirimkan dokumen-dokumen tepat waktu diakui oleh FA, yang siap membantu mendukung klaim tersebut dalam diskusi apapun dengan FIFA. Pihak klub menawarkan bantuan ini kepada Real Madrid, tapi mereka memilih untuk tidak menempuh jalur ini.

Manchester United bertindak secara pantas dan efisien dalam kesepakatan-kesepakatan transfernya. Pihak klub senang karena pemain terbaik pilihan suporter dalam dua tahun terakhir, David de Gea, tetap menjadi pemain Manchester United.

Jadi siapakah yang salah dalam kegagalan transfer de Gea?


SHARE
Previous articleStan Lee: Fantastic Four Gagal Karena Fox dan Josh Trank Tidak Konsultasi Dengan Saya Dulu!
Next articleInilah Sony Xperia Z5! Spec Gahar, Dual SIM 4G, Layar 4K Ultra HD dan Kamera Exmor 23MP!
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.