Own Games “Buka-bukaan” Pengalaman Selama Di-Featured Google Play Store!

own kingdom - own games

Mendapatkan kesempatan di-featured di Google Play Store tentu harus dimanfaatkan dengan baik. Berikut tips dan juga sharing pengalaman yang didapat Own Games setelah salah satu game mereka, Own Kingdom mendapatkan kesempatan berharga tersebut.

Own Kingdom, Game Indonesia Pertama yang Di-Feature Google Play Secara Global!

Salah satu game yang dikembangkan Own Games untuk Android, Own Kingdom akhirnya berhasil di-feature secara global oleh Google Play Store. Selamat!
Baca Juga

Seperti yang sudah kita tahu, salah satu developer asal Bandung, Own Games baru saja mendapatkan kesempatan langka dari Google. Yap, salah satu game yang dikembangkan Own Games, Own Kingdom berhasil di-featured secara global oleh Google Play Store di kategori “New and Updated Apps” selama satu minggu penuh. Kesempatan yang langka, karena sangat jarang game-game dari Indonesia bisa mendapatkan kesempatan tampil di halaman depan toko aplikasi Android ini.

Dalam artikel sebelumnya, Eldwin Viriya selaku CEO dari Own Games pun sempat menceritakan awal mula bagaimana Own Kingdom mendapatkan kesempatan berharga ini. “Awal tahun saya sempat ke Google Developer Day. Di sana ketemu sama orang Google dan saya sempet request ke tim Google Play yang base-nya di Singapura,” ungkap Eldwin kala itu. “Terus sama beliau dicoba diajuin gamenya ke Google Play pusat. Dari pusat ada minta benerin screenshot, dan minta masukin Google Play Services. Sama mastiin ga ada yang ngelanggar Google Play Policy. Proses menunggu di-feature memakan waktu cukup lama hingga berbulan-bulan. Dan tidak ada jaminan bahwa setelah diajukan gamenya akan di-feature oleh Google,” lanjutnya.

own kingdom - own games
Eldwin Viriya, CEO dari Own Games

Nah, setelah satu minggu mendapatkan kesempatan nampang di halaman depan Google Play Store ini, Eldwin pun ingin membagikan pengalaman dan pelajaran yang didapat setelah mendapatkan kesempatan ini. Mendapatkan kesempatan di-featured, artinya kamu harus bersiap-siap mendapatkan “lonjakan” jumlah download yang sangat signifikan. Sebagai contoh Own Kingdom ini, dimana Own Games bersedia memberikan statistik download yang didapatkan selama satu minggu di-featured seperti di bawah ini.

own kingdom - own games

Rating & Reviews

own kingdom - own games

Selama di-featured, total Own Kingdom mendapatkan 43,778 download dari seluruh dunia, dimana tiga negara dengan jumlah download terbesar ada di Indonesia (37%), Amerika Serikat (13%) dan Australia (5%). Dari segi ranking di Google Play Store pun, Own Kingdom juga mendapatkan lonjakan yang cukup signifikan. Berikut data yang didapatkan dari App Annie.

own kingdom - own games

Lebih lanjut, Eldwin juga menegaskan pentingnya untuk memahami fitur Behavior yang dimiliki oleh Google Play. “Salah satu hal yang menyenangkan di Google Play adalah adanya fitur Behavior, dimana developer bisa melacak bagaimana user memainkan gamenya. Dengan adanya fitur ini, kami bisa mempelajari dibagian mana terjadinya kebocoran pemain,” jelas Eldwin. “Misalnya, kami mengetahui adanya masalah di main menu yang menyebabkan user tidak dapat bermain. Setelah dipelajari, ternyata terdapat bug terkait In-App-Purchase yang dipanggil di main-menu yang menyebabkan game tidak bisa dimulai,” paparnya lagi.

own kingdom - own games

Meskipun mendapatkan puluhan ribu download dalam satu minggu saat di-featured, namun Eldwin mengaku masih ada banyak hal yang harus dipelajari terkait performa jumlah download saat di-featured dan bagaimana memaksimalkan kesempatan ini. “Banyak yang masih menjadi pertanyaan saya dan perlu dipelajari lebih lanjut lagi. Salah satunya adalah betapa rendahnya konversi dari jumlah orang yang melihat halaman game Own Kingdom di Google Play Store jika dibandingkan dengan yang mengunduhnya, hanya 3%,” urai Eldwin. “Saat ini saya berpendapat ini disebabkan oleh besarnya ukuran game (60MB), atau karena screenshot, deskripsi, atau video trailer yang kurang menarik,” lanjutnya.

duniaku-ownkingdomfeat-5

Terakhir, Eldwin mengaku kesempatan di-featured ini sudah memberikan banyak pelajaran yang berharga bagi Own Games terkait potensi game yang mereka kembangkan. “Secara umum kami jadi paham sejauh mana potensi game kami. Banyak PR buat kami untuk mempelajari info-info yang didapatkan seperti behavior, demographic, dan juga persentase jumlah install dari view di store listing,” ungkap Eldwin. “Saran saya, untuk game kasual non online, jangan dibuat lebih besar dari 50 MB. Kami cukup yakin salah satu penyebab rendahnya konversi download adalah ukuran file game kami yang cukup besar, 60MB,” pungkasnya.

Bagi kamu yang penasaran dengan Own Kingdom, bisa mencicipinya secara gratis melalui tautan di bawah ini.

Download Own Kingdom: Android | Windows Phone | iOS (Lite) | iOS (Full)


SHARE
Previous articleTiga Smartphone Kelas Premium Ini Banting Harga
Next articleOne Piece 799: Surprise dari Eiichiro Oda! Luffy Kini Ketambahan 5600 Orang Kru!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.