Semua yang Perlu Kamu Ketahui dari iPhone 6s dan 6s Plus

iPhone 6S - Feature

Billl Graham Civic Auditorium akhirnya dipilih menjadi tempat Apple mengumumkan jajaran gadget terbarunya. Hal ini memastikan kebenaran rumor yang telah sempat beredar terlebih dahulu sebelumnya. Salah satu gadget yang diperkenalkan adalah iPhone 6s beserta iPhone 6s plus. Hanya saja beberapa pengguna gadget merasa ragu untuk mengupgrade gadget mereka. iPhone dengan seri-seri “s” memang terkenal gadget yang lumayan tanggung dalam segi peningkatan kualitas. Nah, karenanya silahkan baca ulasan berikut untuk menuntaskan keraguan anda.

iPhone 6s – The Only Thing That’s Changed Is…

Desain

iPhone 6s - desain bentuk

Platform Terbaik untuk Gaming: Android vs iOS vs Windows Phone

Berbagai spesifikasi dan fitur kini muncul beragam di smartphone. Di antara iOS, Android dan WP, kira-kira platform terbaik yang mana ya untuk gaming?
Baca Juga

Kita tidak akan menemukan banyak perubahan dari segi desain pada iPhone 6s dan 6s Plus. Nampaknya kali ini Apple lebih ingin berfokus pada pembenahan kualitas bahan yang digunakan agar kasus melengkungnya iPhone tidak kembali terulang. Pada iPhone 6s, Apple menggunakan Aluminium seri 7000 untuk menggantikan jenis aluminium yang digunakan sebelumnya. Penggunaan Aluminium seri 7000 ini diklaim Apple akan meningkatkan ketahanan menjadi 60% lebih kuat dibandingkan penggunaan aluminium lain.

iPhone-6s-2

Pada iPhone 6s, Apple masih mempertahankan ukuran 138.3 x 67.1 mm, hanya saja terjadi sedikit penambahan ketebalan menjadi 7,1 mm dari yang sebelumnya 6,9 mm. Sedangkan pada iPhone 6s Plus, terjadi peningkatan dimensi menjadi sebesar 158,2 mm x 77,9 mm dengan ketebalan 7,3 mm.

Seperti sebelumnya, warna silver dan abu-abu dipastikan hadir sebagai varian warna iPhone 6s ditambah dengan dua varian warna lainnya yaitu emas, dan emas merah jambu.

Prosesor Baru, Lebih Cepat 70% dari Sebelumnya

iPhone 6S - Dapur Pacu

iPad Pro, Raja Segala Tablet Dirilis, Berikut yang Perlu Kalian Ketahui!

Spesifikasi iPad Pro, Raja Segala Tablet Dirilis, Berikut yang Perlu Kalian Ketahui! Jailbreak iPad Pro, video iPad Pro, gambar iPad Pro, beli iPad Pro
Baca Juga

Seri prosesor A9 dipastikan akan menggantikan keberadaan prosesor A8 yang digunakan pada iPhone 6. Penggunaan prosesor seri A9 diklaim akan meningkatkan kecepatan CPU menjadi 70% lebih kencang daripada sebelumnya. Peningkatan juga dipastikan hadir pada performa grafis. Tak tanggung-tanggung, Apple menjanjikan peningkatan performa grafis sebesar 90% dari sebelumnya. Dari sisi koneksi, Apple nampaknya memahami kebutuhan peningkatan kecepatan internet. Karenanya kini Apple telah meningkatkan koneksi nirkabel Wi-Fi dan LTE berada pada kecepatan 300 Mbps dan 866 Mbps.

Layar Lama, Fitur Baru

iPhone 6splus - 3d Touch

iPad Pro, Raja Segala Tablet Dirilis, Berikut yang Perlu Kalian Ketahui!

Spesifikasi iPad Pro, Raja Segala Tablet Dirilis, Berikut yang Perlu Kalian Ketahui! Jailbreak iPad Pro, video iPad Pro, gambar iPad Pro, beli iPad Pro
Baca Juga

Penambahan fitur 3D Touch nampaknya membuat Apple tidak ingin susah-susah melakukan peningkatan kualitas layar pada iPhone 6s. Apple masih akan menggunakan layar Retina HD dengan kerapatan 326 ppi pada iPhone 6s dan 401 ppi pada iPhone 6s Plus. Hal ini membuat beberapa pengguna iPhone seri sebelumnya ragu-ragu untuk mengganti gadgetnya karena hal yang tanggung ini.

iPhone-6s-4

Memang, fitur 3D Touch akan membawa suasana berbeda dalam proses interaksi pengguna dengan gadgetnya. Di balik layar retina HD iPhone, terdapat sensor kapasitif yang mampu mengukur tekanan jari pengguna. Fitur ini diklaim akan meningkatkan kecepatan pengguna dalam menggunakan iPhone. Meski begitu dipastikan anda akan memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri dengan fitur baru ini. Masih kurang paham? Anda bisa melihatnya lewat video dibawah ini.

Introducing iPhone 6s and iPhone 6s Plus with 3D Touch

Penggunaan iOS 9

iphone 6s - ios 9

Sistem Operasi Mobile iOS tidak bisa dipungkiri adalah salah satu hal yang menjadi daya tarik orang-orang dalam menggunakan Apple. Dukungan penggunaan fitur 3D Touch adalah salah satu hal yang dibawa oleh iOS 9 pada iPhone 6s. Selain itu ada perubahan interface pada aplikasi siri.  Tapi seperti biasa, peningkatan sistem operasi pada iPhone tidak hanya akan membawa satu atau dua fitur baru. Ada banyak fitur-fitur baru semisal aplikasi Notes, yang akan mengizinkan pengguna untuk membuat catatan pada iPhone mereka lengkap dengan gambar dan smart link. Ada pula fitur Android Migration Asistant yang akan membuat pengguna Android melakukan migrasi secara lebih mudah ketika mengganti gadgetnya dengan iPhone.

Peningkatan Kualitas Kamera

iPhone 6S recording 4K

Untungnya ekspektasi terhadap peningkatan kualitas kamera iPhone benar-benar dijawab oleh Apple. Kamera 12 MP dipastikan akan tersemat di bagian belakang iPhone 6s, menggantikan posisi kamera 8MP yang sebelumnya tersemat pada iPhone 6.

Bagi anda yang senang selfie, tenang saja. Kamera FaceTime sebesar 5 MP akan membuat hasil foto selfie anda menjadi lebih baik daripada iPhone lain. Menariknya, kamera FaceTime di duo iPhone 6s mampu memfungsikan layar retinanya sebagai lampu kilatnya dengan hadirnya fitur Retina Flash.

iPhone-6s-5

Peningkatan ini tentunya akan menjadikan hasil foto menjadi lebih baik, tetapi ini bukan hal terpenting yang dibawa Apple pada iPhone 6s. Kemampuan merekam video 4K yang kini hadir di iPhone 6s, membuatnya siap bertanding dengan varian Android yang mengutamakan kamera sebagai nilai jual utama.

Baterai

Tentu saja, ini akan selalu menjadi pertanyaan utama bagi semua jenis gadget. Hanya saja Apple justru menurutnkan kapasitas yang dibawa pada iPhone 6s. Pada websitenya, memang Apple hanya mencantumkan kemampuan standby selama 10 jam bagi iPhone 6s dan 16 jam pada iPhone 6s Plus. Meski begitu, banyak sumber yang meyakini jika baterai iPhone 6s hanya 1,715-mAh saja, atau turun dibandingkan sebelumnya dalam iPhone 6, 1,810-mAh. Sedankan baterai iPhone 6s Plus juga diturunkan menjadi 2,750 mAh, dibandingkan seri sebelumnya dengan baterai 2,910-mAh.

iPhone-6s-3

Seri sebelumnya, iPhone 6 mampu bertahan selama 5 jam 22 menit, yang lumayan jauh dari kemampuan baterai Galaxy S6 edge. Yang lebih mengecewakan lagi, Apple tidak membawa fitur fast charging yang sedang ramai digunakan pada gadget-gadget Android kuartal ini.

Kesimpulan

iPhone 6s - PreOrder

iPhone 6s lumayan memenuhi ekspektasi peningkatan dibandingkan seri seri “s” sebelumnya. Apalagi ada peningkatan yang lumayan di sisi kamera yang akan membuat pengalaman fotografi mu menjadi lebih baik. Fitur 3D Touch pun bisa kita harapkan akan benar benar meningkatkan kualitas dalam pengoperasian gadget satu ini.

Saat ini Apple telah membuka Pre-order iPhone 6s dan iPhone 6s Plus melalui official websitenya. Apple mematok harga sebesar $649 (sekitar Rp. 9,2 jutaan) untuk iPhone 6S varian 16 GB, $749 (sekitar Rp. 10,5 jutaan) untuk varian 64 GB, dan $849 (sekitar Rp. 12 jutaan) untuk varian 128 GB. Sedangkan pada iPhone 6s Plus, Apple mematok harga $749 (sekitar Rp. 10,5 jutaan) untuk varian 16 GB, $849 (sekitar Rp. 12 jutaan) untuk varian 64 GB, dan $949 (sekitar Rp. 13,5 jutaan) untuk varian 128 GB.

iPhone-6s-6

Belum dipastikan kapan gadget satu ini akan masuk ke pasar Indonesia. Hanya saja beberapa penjual iPhone perorangan telah menawarkan harga sebesar 14 juta untuk varian iPhone 6S dengan kapasitas 16 GB, 16 juta untuk varian 64 GB, serta 18 juta untuk varian 128 GB. Untuk iPhone 6S Plus ditawarkan harga 16 juta untuk varian 16 GB, 18 juta untuk varian 64 GB, dan 19 juta untuk varian 128 GB. Wow, seller perorangan kalau mau ambil untuk ga tanggung-tanggung ya… hehehe! Untuk distributor lokal, sejauh ini kami belum mengetahui apakah mereka sudah menawarkannya. Namun kami yakin harganya tidak jauh berbeda dengan harga tersebut.

Berlanjut ke halaman ke dua…

1
2

SHARE
Previous articleLima Informasi Jessica Jones yang Diketahui Hingga Sejauh Ini
Next articleSamsung Galaxy J5, Fitur Galaxy Note 5 dan S6 Edge+ di Harga 2 Jutaan!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.