Net Fasting Camp, Perkemahan untuk Pecandu Internet di Jepang

Net Fasting Camp Pecandu InternetApa kamu menghabiskan waktu lebih dari 4 jam menggunakan internet? Jika jawabanmu adalah “ya,” mungkin kamu termasuk orang yang kecanduan internet. Untuk mengurangi jumlah orang yang memiliki kecanduan terhadap internet, Jepang mengumumkan program ‘Net Fasting Camps’ dimana pesertanya harus ‘berpuasa’ dari kebiasaannya menggunakan internet.

Program ini pertama kali dijalankan oleh pemerintah Jepang untuk penelitian terhadap dampak internet. Pada bulan Agustus tahun 2014,  tingkat pemakaian internet untuk negara Jepang menurun sebesar 30% setelah diadakannya program ini. Pemerintah Jepang juga dikabarkan telah merencanakan program serupa untuk dilaksanakan pada tahun ini.

Net Fasting Camp Pecandu Internet

Kokaku Kidotai Gekijo-ban, Virtual Reality Bertema Ghost In The Shell

Kokaku Kidotai Gekijo-ban adalah judul dari proyek terbaru Production I.G yang akan menjadi sebuah Virtual Reality Ghost In The Shell! Seperti apa hasilnya?
Baca Juga

Net Fasting Camp diadakan selama 9 hari di gunung Fuji. Seperti layaknya perkemahan pada umumnya, peserta bersama sama mengadakan pesta barbeque sambil mengelilingi api unggun. Namun, yang membuat program ini beda dari perkemahan biasanya adalah konseling khusus dari psikolog untuk mengurangi tingkat kecanduan internet para peserta.

Net Fasting Camp Pecandu InternetSelain berkemah dan pesta barbeque, peserta juga melakukan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk membuat mereka menjadi lebih aktif. Kebanyakan dari kegiatan tersebut juga dilakukan secara berkelompok agar para peserta dapat lebih terbiasa berinteraksi secara langsung satu sama lain.

Program tersebut tidak hanya dilakukan di Jepang, Amerika juga melakukan program serupa walaupun tidak sebesar Jepang. Berlainan dengan Jepang yang lebih memfokuskan program mereka kepada remaja, Amerika lebih memfokuskan program mereka kepada orang dewasa, sehingga membuat biaya yang harus dikeluarkan berbeda jauh. Seattle, salah satu kota di Amerika memiliki program ReSTART, yang mengadakan rehabilitasi untuk orang dewasa yang kecanduan terhadap teknologi dan lebih mendekatkan diri ke lingkungan sekelilingnya.

Net Fasting Camp Pecandu Internet

Si Cantik Member AKB48 Menjadi Mahasiswi Jenius dalam Resident Evil

Penggemar serial Biohazard akan mendapatkan kejutan! Biohazard the Stage akan menampilakan salah satu member AKB48 Sebagai pemainnya!
Baca Juga

Pada 2013, pemerintah Jepang melakukan survei untuk melihat seberapa parah tingkat kecanduan penduduk Jepang terhadap internet. Lebih dari 400,000 anak kecil dari umur 12 hingga 18 tahun mengalami kecanduan yang cukup parah. Program ini memiliki tujuan untuk mengajak para anak kecil keluar dari dunia virtual mereka dan mulai berkomunikasi secara langsung dengan orang tua mereka. Kecanduan internet untuk wilayah Jepang menjadi alasan utama kurangnya tidur atau pola makan yang tidak baik untuk perkembangan anak anak di Jepang, penggunaan yang lebih intens bahkan dapat berakibat depresi dan menghambat peredaran darah.

Internet Addict Pecandu InternetInternet memang bukanlah hal buruk, namun, penggunaannya yang berlebih dapat berakibat buruk bagi seseorang. Apalagi pada jaman sekarang, anak kecil dapat dengan mudah mengakses internet dan tidak sering mereka menjadi kecanduan terhadap hal tersebut. Jepang sangat mengutamakan masa depan dari para generasi penerus bangsanya, sehingga mereka membuat program ini untuk menanggulangi kecanduan terhadap internet yang berlebih.

Net Fasting Camp Pecandu InternetApa kamu adalah seorang pecandu internet? Menurutmu, apa program Net Fasting Camp ini pantas dilakukan di Indonesia? Berikan pendapatmu melalui kolom komentar yah!


SHARE
Previous articleBloodborne The Old Hunters, Mimpi Buruk yang Selamanya Menjebak Para Hunters
Next article13 Sentinels: Aegis Rim, Ini Dia Game Mecha dari VanillaWare dan Atlus!
Penikmat musik rock dan band-band di era 90 an. Memiliki hobi bermain game Action hingga RPG, menonton series, movie, anime, dan seorang Game Theorist. Salah satu fans berat DC dan marvel.