Siap-Siap Perang Robot! Patung Gundam Live-Size Bergerak Hadir Tahun 2019!

Patung Gundam

Setelah Setahun proyek pembuatan patung Gundam live-size bergerak akhirnya disetujui, dan bakal direalisasikan tahun 2019 mendatang.

Tahun lalu, Yoshiyuki Tomino sang kreator Mobile Suit Gundam menghadari acara Gundam Global Challange dari Sotsu Sunrise, sebuah kompetisi dimana para desainer harus merencanakan sebuah desain patung Gundam bergerak dengan skala 1:1, yang tingginya sekitar 18 meter. Patung tersebut nantinya akan didirikan di pulau Odaiba, Tokyo, Jepang. Acara pembuatan patung Gundam bergerak ini juga untuk memperingati hari jadinya franchise Mobile Suit Gundam yang ke 40. Hingga saat ini sudah ada empat desain yang sudah dipilih.

Patung GundamYuya Kaneko dari institut ilmu pengetahuan dan teknologi Nara mengajukan dua patung berukuran asli baik Gundam dan Zaku (musuh bebuyutannya) saling bertarung dengan gaya gappuri-yotsu, suatu gerakan dari beladiri Sumo. Kedua robot dengan pose ini memudahkan mereka untuk bisa bergerak secara aman. Hal ini disebabkan kedua robot yang berpegangan memiliki tumpuan empat kaki, jadi lebih mudah dikontrol dibandingkan dengan robot dua kaki.

Patung GundamSedangkan profesor Ming-Hsun Chiang mengajukan sebuah desain efisien energi dimana memberikan sebuah keseimbangan dibagian kaki patung, hal ini memungkinkan Gundam dapat berjalan.

Patung GundamBerbeda lagi dari ahli mesin ROBOFUTURE robotic bernama Yoshimitsu Kihara, mereka merancang sistem berjalan untuk Gundam dengan menggunakan ide “walking stage” dimana menggunakan podium berotasi dan perangkat bantuan yang mampu menjaga patung raksasa itu tidak jatuh.

Patung GundamDesain terakhir dari profesor Kei Okada dari Universitas Tokyo, School of Information Science and Technology. Ia mengajukan desain menggunakan sebuah software tatap muka yang membuat pengunjung bisa menggerakan Gundam sesuka yang mereka mau.

Patung GundamKeempat proposal desain ini telah dipilih dan disetujui, kini memasuki babak kedua dimana para desainer harus memikirkan bagaimana cara mengaplikasikannya. Jika salah satunya terpilih, maka pengerjaannya akan dilakukan pada tahun 2017 mendatang. Semua staff yang disediakan bakal melanjutkan pekerjaannya hingga 2018 dan hasil patung Gundam jadinya bakal dirilis secara resmi pada tahun 2019, tepatnya pada musim panas, tepat pada liburan anak sekolah di Jepang. Sebelumnya, sebuah patung Gundam RX 78-2 pernah dibuat, akan tetapi patung itu hanya memiliki pergerakan terbatas di kepalanya saja. Dan kali ini mereka ingin membuat patung yang bisa bergerak menyerupai anime-nya.

Untuk para jurinya sendiri antara lain adalah: Yoshiyuki Tomino sang kreator Gundam, Shuji Hashimoto selaku wakil kepala Universitas Waseda, profesor Potoyo Hartono (orang Surabaya, Indonesia LOH!!) selaku pengajar teknik di Universitas Chukyo Jepang, dan creative & technical director Seiichi Sato. Nah, kita tunggu saja siapa dari keempat desainer tersebut yang bakal memenangkan kontes pembuatan patung Gundam bergerak nanti. Kalau pembaca suka desain yang mana?


SHARE
Previous articleResident Evil Origins Collection, Jurus Baru Crapcom Memanen Uang!
Next articleNetmarble Buka Pra Registrasi Rush N Krush, Ratusan Hadiah Menanti!
Pembaca Omega-Zigma di zaman pembahasan DOTA. Tertarik dalam dunia game, mencoba mencari guide game Online sebelum main. Suka mencoba character build sendiri, hingga pernah mengikuti event Dragonica Online dan berhasil menang. Saat ini bekerja di Zigma-Omega karena referensi dari teman kuliah. Selain bekerja saat ini sibuk dengan kuliah juga.