Review Jessica Jones Episode 2- AKA Crush Syndrome

Jessica Jones episode 2Lanjut dari ending mengejutkan episode 1, Jessica Jones episode 2 menampilkan usaha Jessica untuk menelusuri Kilgrave. Apakah manusia dengan kemampuan pengendalian pikiran itu benar-benar bangkit dari kematian?

1

Rangkuman


Jessica Jones Episode 2 - Kantor polisiWalau ia tidak terlibat dalam pembunuhan di akhir episode 1, Jessica masih dicurigai oleh polisi. Mereka bahkan mengambil beberapa fotonya dari kantor, termasuk foto Jessica tentang Luke Cage. Pada akhirnya dia berhasil keluar dari kantor polisi tanpa masalah, namun foto Luke membuat dia ditanya-tanyai polisi juga. Setelah hubungan mereka sempat berlangsung “panas” di episode 1, Jessica Jones episode 2 justru diawali dengan Luke Cage yang tidak mau lagi berurusan dengan Jessica.

Jessica melanjutkan investigasinya terhadap Kilgrave. Dia memulai dari sumber yang paling mudah: Hope. Namun Hope tak bisa memberi informasi banyak. Ia hanya menyampaikan kalau Kilgrave pernah memaksanya untuk melompat berkali-kali, namun Kilgrave mengatakan kepada Hope lompatannya tidak sebaik Jessica. Mengingat Jessica mampu melompat sangat, sangat tinggi dengan sangat, sangat mudah, itu sudah bisa ditebak. Sepertinya Kilgrave sangat terobsesi dengan Jessica, hingga ia pun mencoba membuat korbannya meniru kemampuan Jessica.

Jessica Jones Episode 2 - HopeSelain itu, satu-satunya nasihat yang bisa Hope berikan adalah agar Jessica membunuh dirinya sendiri sebelum terlambat. Bukan nasihat yang bermanfaat.

Meski Hope tidak bisa membantunya, Jessica tetap merasa kasihan terhadap korban terbaru Kilgrave itu. Ia sampai mendesak Hogarth untuk membantu Hope. Namun Hogarth menolak. Setidaknya, Jessica bisa mendesak Hogarth untuk memberinya kesempatan hingga ia menemukan bukti yang bisa meyakinkannya.

Dalam flashback, terungkap kalau Jessica sempat melawan dari pengaruh Kilgrave. Meski Kilgrave sudah meneriakinya, ia tetap berjalan menjauh… dan berhasil memancing Kilgrave untuk menjadi korban tabrakan. Itulah insiden yang seharusnya mengakhiri riwayat Kilgrave.

Jessica Jones Episode 2 - Purple ManJessica mulai memeriksa pihak-pihak yang bertanggung jawab menuliskan catatan kematian Kilgrave. Pertama ia menemukan Jack Denton. Jack mengalami stroke setelah ia mendonorkan dua ginjalnya sekaligus. Namun pria itu berhasil bertahan hidup dengan bantuan mesin canggih yang dihibahkan kepadanya.

Jack mencoba menuliskan sebuah pesan ke Jessica. Namun alih-alih petunjuk, itu hanya permintaan agar Jessica membunuhnya. Jessica pun dihadapkan pada kemungkinan nyata apa yang akan terjadi kepadanya kalau ia gagal menghentikan Kilgrave.

Jessica ditemui oleh wanita yang sempat tidur dengan Luke di episode sebelumnya. Wanita itu menyampaikan kalau teman-teman suaminya, sekumpulan atlet rugby, hendak memukuli Luke. Jessica pun datang untuk menyelamatkan Luke… namun sepertinya Luke tidak membutuhkan bantuan. Pria itu bahkan tak terluka walau ia sudah dihajar. Tikaman pisau pun gagal menembus tubuhnya. Tetap saja, Luke meminta Jessica pergi.

Jessica Jones Episode 2 - Luke CageLewat mesin perawatan Jack Denton, Jessica berhasil menemukan dokter yang bertanggung jawab mengurus mesin itu untuk Jack. Sang dokter panik begitu melihat Jessica dan langsung melarikan diri. Namun Jessica berhasil menenangkan pria itu setelah ia menegaskan dia tidak bersama Kilgrave.

Pria itu lalu mengaku dialah yang bertanggung jawab terhadap operasi Jack Denton. Setelah beberapa orang yang tak bisa memberinya info, akhirnya sang dokter menyampaikan informasi penting kepada Jessica: Kilgrave tidak mau dibius. Ia menjalani operasi bedah ginjal dalam keadaan sadar. Ia tidak mau kehilangan kesadaran selain karena tidur.

Jessica lalu memaksa sang dokter untuk berbicara dengan Hogarth, dan akhirnya Hogarth pun mau menerima kasus Hope.

Jessica Jones Episode 2 - TrishSebelum berakhir, episode 2 Jessica Jones ini sempat menunjukkan aktivitas beberapa tokoh selain Jessica. Yang pertama adalah Trish Walker. Setelah menyampaikan ia tak butuh perlindungan Jessica, diperlihatkan kalau dia diam-diam melatih kemampuan bela dirinya. Karena di komik karakter ini juga adalah superhero, Hellcat, menarik juga melihat dia membuktikan diri tak akan sekedar jadi tokoh pendukung.

Jessica Jones Episode 2 - KilgravePenonton juga diperlihatkan kepada aksi Purple Man, yang akhirnya tampil pertama di layar. Masih ingat adegan di trailer, di mana ia mengetuk pintu, meminta diizinkan masuk, dan pemilik kamar mematuhi? Itulah yang terjadi di episode 2 Jessica Jones ini. Purple Man mungkin belum secara langsung menyerang Jessica, namun ia kembali menunjukkan betapa berbahayanya dia dalam adegan ini.

Terakhir? Luke Cage. Kalau di pertarungan bar penonton sudah diperlihatkan ia tahan tusukan dan hantaman, kali ini diperlihatkan ia juga tak bisa dilukai gergaji putar. Seperti komiknya, tubuh Luke benar-benar sulit dihancurkan.

1
2
REVIEW OVERVIEW
Skor Episode
90 %

SHARE
Previous articleReview Jessica Jones Episode 1 – AKA Ladies Night
Next articleTemani Serialnya, Jessica Jones Hadir di Marvel Future Fight!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.