[Review] Jessica Jones Episode 5 – AKA The Sandwich Saved Me

Jessica Jones episode 5Fotografer Kilgrave terungkap. Bagaimana Jessica akan menanganinya dalam Jessica Jones episode 5?

1

Rangkuman


Jessica Jones episode 5 - JessicaAlih-alih melabrak Malcolm, dalam Jessica Jones episode 5 protagonis kita memutuskan untuk mengikuti tetangganya itu untuk menemukan jejak Kilgrave. Dan dia berhasil. Secara rutin, jam sepuluh tepat, Kilgrave akan memperoleh foto-foto terbaru Jessica dari Malcolm.

Jessica mencoba menyusun rencana dengan Trish, namun rupanya ia mendapatkan bantuan baru: Simpson, polisi yang ia selamatkan di episode dua. Kalau sebelumnya Simpson terlalu dihantui rasa bersalah, kepribadian Simpson lebih terlihat di sepanjang episode lima ini. Dan dia… sangat tidak cocok dengan Jessica.

Tetap Simpson dan Jessica dapat menyusun rencana untuk menangani Kilgrave, termasuk tempat spesial yang bisa mereka gunakan untuk menahan pria itu. Yang tersisa untuk dilakukan hanyalah menangkap Kilgrave.

Marvel's Jessica Jones

[Review] Jessica Jones Episode 3 – AKA It’s Called Whiskey

Setelah pengungkapan besar tentang Luke Cage di episode sebelumnya, apa dia akan berperan dalam Jessica Jones episode 3? Bagaimana dengan Kilgrave?
Baca Juga

Rencana mereka sempat terganggu oleh ledakan balon tidak tepat waktu, yang membuat Kilgrave menyadari kedatangan Simpson. Jessica meminta Simpson untuk mundur, namun Simpson berkeras untuk maju. Jessica terpaksa berimprovisasi dengan mengalihkan perhatian, dan taktik ini berhasil. Kilgrave, yang sejauh ini terlihat begitu super dan tak terkalahkan, lumpuh oleh tembakan obat bius yang diluncurkan Simpson.

Masalahnya, ternyata Kilgrave pun sudah bersiap-siap bila terjadi sesuatu. Setelah ia jatuh, langsung ada petugas keamanan sewaannya yang siap untuk menanganinya. Jessica dan Simpson tetap berhasil membawa lari Kilgrave ke tempat persembunyian, namun sampai di sana mereka baru menyadari ada pelacak di jas buruan mereka. Pengawal Kilgrave pun segera merubung mereka dan membawa lari Kilgrave, membuat usaha Jessica sia-sia.

Menyadari kalau Malcolm juga adalah korban Kilgrave, Jessica mencoba memaksa tetangganya itu pulih dengan memborgolnya di ruang toilet. Setelah Malcolm terus-menerus memohon, Jessica mendekatkan narkotik yang diinginkan Malcolm, namun ia juga menceramahinya dan meminta Malcolm untuk ganti menyelamatkan diri Jessica.

Jessica Jones Episode 5 - MalcolmSaat Kilgrave terbangun, wajahnya masih memar akibat pukulan Jessica di dalam van. Tapi, alih-alih marah atau takut, Kilgrave justru senang. Ia bahkan menghubungi Jessica dan mengatakan kalau ia merasakan sensasi berbeda mendapati dirinya tak bisa apa-apa. Hanya saja, ia tetap marah terhadap Malcolm. Kilgrave menawarkan kalau ia akan membiarkan Malcolm, asal Jessica mau memberinya foto setiap pukul sepuluh pagi, mulai dari setelah pembicaraan mereka.

Begitu melihat Malcolm terkapar di ruang toilet tanpa menyentuh narkotiknya, Jessica mengalah.

Jessica Jones Episode 5 - Jessica photo


2

Kesimpulan


Jessica Jones episode 5Kalau episode 3 terasa tenang dan lamban, Jessica Jones episode 4 ini terasa sangat heboh. Memang, awal episode ini tergolong cukup lambat, tapi begitu pula dengan kebanyakan episode sebelumnya. Dan itu terbayar oleh banyak kemajuan plot. Akhirnya Jessica memutuskan untuk menyerang Kilgrave langsung. Sayang ia masih terikat oleh keinginan untuk membebaskan Hope dari penjara, sehingga ia tak bisa mengakhiri musuhnya itu saat itu juga. Sayang juga ia tak memperhitungkan pelacak dari para petugas keamanan, hingga kemenangan yang sudah ia raih… tampaknya justru berbalik menjadi sangat buruk.

Selain itu, penonton juga disajikan sejumlah latar belakang Jessica, termasuk pertemuannya dengan Purple Man. Di awal episode, Jessica membandingkan foto Malcolm dengan Malcolm yang sekarang dan menyebutkan itu adalah efek sebelum pertemuan dengan Kilgrave dan sesudah. Penonton juga bisa melihat hal itu mempengaruhi Jessica dengan adegan flashback tadi.

REVIEW OVERVIEW
Skor Episode
90 %

SHARE
Previous article3 Hal yang Wajib Kalian Pahami Dari Digimon Adventure Tri.!!
Next articleGame Terus, Portal Game Android Berformat HTML5 Pertama di Indonesia
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.