[Review] Gravity Falls – Weirdmageddon Part II: Satu Lagi Sebelum Tamat

Weirdmageddon Part II - BillMelanjutkan dari episode sebelumnya, di Weirdmageddon Part II Dipper berhasil masuk ke penjara Mabel. Apakah ia berhasil menyelamatkan saudarinya?

Bill masih berkuasa dengan absolut di Gravity Falls. Namun ternyata terungkap kalau kekuasaannya memang masih terbatas ke kota kecil itu. Gelembung pelindung yang dibangun oleh Ford memastikan ia dan rekan-rekan iblisnya tak dapat keluar dari sana. Ia pun berencana untuk menggunakan jasa Ford demi menghancurkan gelembung dan menguasai dunia.

Bagaimana dengan Dipper, yang berhasil sukses masuk ke penjara Mabel? Seperti sebelumnya, Bill tidak terlalu memikirkan bocah yang satu itu. Ia mengatakan kalau penjara Mabel hanya dapat takluk oleh seseorang dengan kekuatan tekad sekeras titanium.

Memangnya seperti apa penjara Mabel? Ternyata wujudnya adalah Mabel Land, tempat yang terwujud dari imajinasi khas gadis itu. Isinya pun bisa ditebak terdiri dari warna-warni pelangi, makhluk lucu di mana-mana, boyband Sev’ral Timez,

Weirdmageddon Part II - RescueDan ternyata… Mabel tidak mau pergi. Gadis kecil itu masih dikuasai rasa takut untuk dewasa, hingga ia merasa dirinya lebih baik selamanya berada di Mabel Land. Lagi pula, Mabel Land benar-benar memberi segalanya ke semua orang. Wendy memperoleh kesempatan untuk melakukan sesuatu yang selalu ia inginkan. Soos akhirnya bertemu ayahnya. Apakah Dipper dapat membebaskan Mabel? Atau ia justru ikut tunduk terhadap pesona dari penjara ini?

Seperti sudah disebutkan dalam review sebelumnya, Weirdmageddon Part I mungkin adalah salah satu episode paling menakutkan dalam sejarah animasi barat. Apakah kengerian serupa dapat ditemui di Weirdmageddon Part II? Sebenarnya tidak. Jangan salah, masih ada banyak kengerian yang bisa kamu temui di sini. Mulai dari wujud teman-teman Bill, apa yang Bill lakukan terhadap penduduk Gravity Falls yang berhasil ia tangkap, hingga wujud sejati penjara Mabel. Namun selain itu, episode ini lebih terasa seperti Gravity Falls sebelum Bill mewujud di dunia nyata.

Apakah itu buruk? Tidak, karena kualitas “Gravity Falls biasa” pun masih tergolong sangat bagus. Di sini kamu bisa menikmati humor tanpa terganggu oleh horor yang Bill berikan di dunia luar. Kamu bahkan bisa melihat momen mengharukan di klimaks episode, saat Dipper akhirnya mencurahkan hatinya untuk membebaskan Mabel dari penjara ini.

Tapi masalah mereka belum selesai. Di akhir episode, Bill masih berjaya. Butuh satu episode lagi untuk mengakhiri kejayaannya. Apakah Dipper akan berhasil?

Weirdmageddon Part II - Gravity Falls BillDengan terbakarnya jurnal, ditangkapnya Ford, dan tak ada yang memiliki senjata yang mampu menghadapi Bill, masih tanda tanya apa yang harus Dipper lakukan untuk menangani makhluk mengerikan itu. Namun yang jelas, melihat karakter-karakter yang muncul di akhir episode, pertempuran terakhir melawan Bill akan mengakhiri seri Gravity Falls dengan sangat epik!

REVIEW OVERVIEW
Review Film
90 %

SHARE
Previous articleFilm Live-Action Corpse Party Tayang di Indonesia Pada Bulan Desember!
Next articleLagu Tema Baru Heavy Object Akan Dibawakan oleh All Off dan Yuka Iguchi
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.