4 Cara Benar Membersihkan Smartphone dan Layar Sentuhnya!

cara benar membersihkan smartphone

Smartphone selalu kita bawa kemana-mana. Kemungkinan untuk kotor dan berkuman sangat besar, apalagi kita sering melakukan aktivitas di luar ruangan. Artikel ini menjelaskan bagaimana cara benar membersihkan smartphone dan juga menghilangkan kuman-kuman yang menempel.


1

Rutin membersihkan bagian bawah smartphone


cara benar membersihkan smartphone

Penggunaan smartphone yang hampir setiap saat, membuatnya rawan kotor. Terutama bagian bawah smartphone yang selalu mengalami kontak dengan tangan. Anda harus memastikan selalu membersihkan dan menyeka bagian bawah smartphone. Gunakan lap yang sangat lembut sehingga tidak menimbulkan goresan pada casing smartphone. Anda dapat menggunakan tisu basah atau kain lap lembut yang sering digunakan untuk membersihkan kaca mata.

Gunakan cairan tertentu yang sifatnya lembut untuk membersihkan bagian bawah smartphone. Cairan paling aman untuk membersihkan smartphone Anda adalah alkohol. Gunakan campuran alkohol dan air untuk membersihkan ponsel Anda. Hanya gunakan air suling saja karena penggunaan air biasa dapat menimbulkan residu pada ponsel. Sementara alkohol yang digunakan adalah alkohol 70%, sehingga dapat membersihkan sekaligus membunuh kuman.


2

Gunakan tusuk gigi untuk celah kecil


cara benar membersihkan smartphone

8 Tips Jitu untuk Mengatasi Handphone Terendam Air!

Smartphone atau handphone terendam air. Awas, jangan dibersihkan sembarangan. Ikuti tips dari Duniaku berikut ini untuk mengatasinya!
Baca Juga

Celah-celah kecil yang banyak Anda temui pada smartphone adalah bagian yang paling sulit dibersihkan. Selama ini para pemilik smartphone akan menghindari membersihkan celah-celah kecil ini. Tentunya celah akan semakin kotor yang mengurangi penampilan smartphone Anda. Untuk membersihkannya, gunakan tusuk gigi. Ujung tusuk gigi yang runcing dapat masuk ke dalam celah dan membersihkannya. Bila dalam celah terdapat kotoran, angkat kotoran dengan tusuk gigi tersebut. Bila perlu gunakan bantuan kapas.

Kapas disini harus dibasahi terlebih dahulu. Gunakan saja kapas dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, sehingga tusuk gigi tetap muat ke dalam celah. Cairan yang digunakan untuk membasahi kapas sebaiknya alkohol 70%. Nantinya kapas yang basah akan lebih mudah mengangkat kotoran dalam celah. Selain itu kapas ini adalah bahan yang cukup lembut. Sehingga saat digunakan untuk membersihkan tidak akan menimbulkan goresan pada casing smartphone.


3

Gunakan kain dan cairan khusus


cara benar membersihkan smartphone

Selama melakukan pembersihan, baik dengan cara menyeka atau menggosok smartphone, gunakan kain dan cairan khusus. Kain yang Anda gunakan haruslah lembut. Hal ini untuk mencegah kain tersebut menimbulkan goresan pada smartphone selama dibersihkan. Jenis kain yang banyak digunakan untuk membersihkan kacamata adalah kain terbaik yang aman digunakan untuk membersihkan smartphone. Selain kain, Anda juga dapat menggunakan tisu basah atau kapas. Hanya saja kapas berpeluang meninggalkan serat kapas yang mengganggu.

Selain kain khusus, Anda juga harus menggunakan cairan khusus untuk membersihkan smartphone. Salah satu cairan yang dapat Anda gunakan adalah alkohol 70%. Cairan ini akan memastikan ponsel Anda bersih sekaligus membunuh kuman yang menempel. Tidak hanya alkohol, Anda juga dapat menggunakan minyak kayu putih. Gunakan beberapa tetes saja untuk membersihkan debu yang menempel pada layar smartphone. Anda juga dapat menggunakan cairan pembersih lensa kacamata untuk membersihkan smartphone milik Anda.


4

Gunakan pelindung antiglare


cara benar membersihkan smartphone

Layar menjadi bagian paling utama yang mendukung keindahan ponsel. Sayangnya layar juga menjadi bagian pertama yang paling mudah kotor. Tidak hanya karena debu tapi bekas sidik jari hingga goresan membuat layar menjadi mudah kotor. Untuk menghindarinya, Anda dapat menggunakan pelindung layar antiglare. Pelindung ini akan memastikan layar ponsel Anda terlindungi dari debu, goresan hingga bekas sidik jari. Sayangnya, pelindung ini dapat mengurangi sensitifitas layar sentuh pada smartphone.

Namun Anda tidak perlu cemas karena tidak semua ponsel memerlukan pelindung antiglare ini. Beberapa tipe ponsel pintar tertentu telah dilengkapi layar antigores dengan tipe Gorilla Glass 3. Banyak juga ponsel pintar yang menggunakan kaca antigores Dragontrail. Dengan kaca antigores ini, ponsel Anda tidak lagi perlu pelindung antiglare. Sehingga sensitivitas layar ponsel Anda tidak akan terpengaruh penggunaaan pelindung antiglare. Tentunya hal ini menjadi cara yang mudah untuk menjaga sekaligus membersihkan smartphone.


SHARE
Previous articleAkankah Ada Cameo Superman di Suicide Squad?
Next articleCara Termudah dan Termurah Nonton Langsung Pertandingan Chelsea vs Manchester City