7 Tips dan Trik Mudah Mempercepat Windows 10

mempercepat windows 10

Windows 10 diklaim lebih ringan dibandingkan sistem operasi sebelumnya. Namun sayang, terkadang performanya masih lambat dan kurang responsif untuk bekerja sehari-hari. Dengan trik-trik tertentu berikut ini, kamu bisa mempercepat Windows 10 yang ter-install di laptop atau PC milikmu. Apa saja trik mempercepat Windows 10 ini? Simak tujuh diantaranya berikut ini!


1

Buang program yang tidak perlu


tips mempercepat windows 10

Beberapa pemilk laptop sangat berambisi untuk membuat laptopnya mampu mengerjakan apapun. Hingga banyak program komputer, yang tidak terlalu perlu digunakan, banyak dipasang di laptop. Semakin banyak program di dalam laptop milikmu, secara otomatis semakin banyak pula proses yang dijalankan. Hal ini akan memberikan pengaruh langsung pada kecepatan kerja laptop termasuk kerja Windows 10 yang kamu gunakan. Untuk menyiasatinya, kamu hanya perlu membuang program yang tidak berguna di dalam laptop. Jika kamu ingin memasang program tertentu, pastikan selama program tersebut dipasang tidak menyertakan pemasangan program lainnya. Bisa jadi program tersebut justru membawa malware untuk laptopmu.


2

Kurangi program pada startup dan services


tips mempercepat windows 10

Beberapa program tertentu terkadang memiliki startup yang tiba-tiba berjalan sendiri bersamaan dengan saat Windows dinyalakan. Untuk mematikan beberapa program ini, kamu dapat membuka System Configuration dengan menekan tombol shortcut keyboard Windows dan R lalu ketikkan msconfig. Pada bagian Startup, akan ditampilkan beberapa program yang telah berjalan. Matikan sebanyak mungkin program yang menurutmu tidak diperlukan. Pada bagian services, kamu harus memilih Hide All Microsoft Services. Nantinya Windows akan menyembunyikan secara otomatis program yang dibutuhkan. Tugasmu adalah menghentikan semua program yang paling tidak dibutuhkan selama bekerja dengan laptopmu.


3

Mengosongkan Partisi Windows


tips mempercepat windows 10

Selama ini Windows selalu diletakkan pada drive C. Untuk memastikan kerja Windows tidak terganggu, kamu harus membuat drive C bebas dari file dan folder yang tidak perlu. Artinya gunakan saja partisi C untuk keperluan menyimpan program-program dan sistem operasi yang dibutuhkan untuk menjalankan Windows. Semua data pribadi baik file atau folder harus dipindahkan ke drive atau partisi lain seperti D atau E. File dan folder pribadi ini meliputi video, dokumen, gambar ataupun file dan folder hasil download.


4

Membersihkan desktop


tips mempercepat windows 10

Biasanya pemilik komputer sengaja memenuhi desktop dengan shortcut-shortcut untuk memudahkan menjalankan program dalam laptop. Sayangnya saat desktop terlalu penuh berisi shortcut atau file dan folder lainnya yang tidak digunakan, kerja Windows akan semakin lambat. Proses yang dibutuhkan Windows untuk segera digunakan juga akan semakin lama. Tentunya hal ini akan menggangu kerjamu. Bersihkan desktop dari shortcut tidak dipakai. File dan folder yang tidak digunakan dalam desktop juga harus dibersihkan.


5

Mengurangi animasi windows


tips mempercepat windows 10

Matikan penggunaan animasi, bayangan atau visual efek lainnya pada Windows. Untuk mematikan penggunaan animasi ini, kamu dapat memilih My Computer dengan lebih dulu membuka Windows Explorer. Klik kanan pada My Computer dan pilih Properties. Kamu akan dibawa pada sebuah pengaturan animasi, visual efek dan bayangan yang digunakan Windows. Pilih Advance System Setting, kemudian Advance, dilanjutkan dengan opsi Performance dan pilih Setting. Pilih opsi gambar yang tidak menghabiskan banyak daya dan tidak membuat Windows bekerja lebih lambat.


6

Mengurangi penggunaan antivirus


tips mempercepat windows 10

Salah satu kelebihan Windows 10 adalah telah dilengkapi dengan Windows Defender yang melindungi laptop dari virus-virus berbahaya. Dengan adanya Windows Defender ini, penggunaan antivirus lainnya dapat membuat lambat kerja Windows. Sebaiknya jangan gunakan antivirus selain Windows Defender. Jika kamu ingin menggunakan antivirus, gunakan saja antivirus yang tidak memakai daya sangat besar yang bisa membuat kerja Windows semakin lambat.


7

Pembersihan berkala


tips mempercepat windows 10

Laptopmu juga perlu dibersihkan secara berkala setiap minggu atau setiap satu bulan sekali. Bukan dibersihkan dari debu melainkan dibersihkan dari penumpukan pekerjaan yang harus dilakukan Windows. Biasanya penumpukan ini terjadi dari sisa-sisa pekerjaan yang dilakukan Windows seperti saat melakukan pembaruan Windows. Untuk membersihkan Windows, Kamu hanya perlu menggunakan Disk CleanUp yang telah disediakan Windows. Kamu juga dapat membersihkan Windows dengan program pembersihan lainnya untuk mempercepat Windows 10.

Ada tips lain untuk mempercepat Windows 10? Silahkan share di kolom komentar ya!


SHARE
Previous articleGuide Clash Royale Untuk Mengatasi Kartu Epik Musuh!
Next article5 Pertanyaan Sepele yang Sering Ditanyain Orang yang Bukan Pecinta Anime