Facebook ‘Safety Check’ Salah Alamat Dari Pakistan Ke Jepang

Facebook 'Safety Check' salah alamat

Facebook ‘safety check’ merupakan salah satu fitur facebook yang akan memberikan peringatan ketika terjadi sebuah peristiwa. Dengan demikian para pengguna facebook dapat mengabarkan kepada orang-orang di media sosial tersebut kondisi mereka. Tapi siapa kira fitur yang baik ini justru bisa error luar biasa!

Sebuah ledakan baru saja terjadi dan menewaskan puluhan orang di Taman Lahore, Pakistan, pada malam hari 27 Maret 2016, tepat disaat taman tersebut sedang ramai.

Bom pakistan

Namun sayangnya kejadian tragis ini justru menjadi awal kekesalan bagi para pengguna facebook di belahan negara lainnya. Facebook ‘safety check’ yang merupakan fitur cukup baru, justru memberikan peringatan kejadian ini bukan pada orang-orang Pakistan. Melainkan ke berbagai pengguna di belahan negara lainnya. Beberapa pengguna pun, menyampaikan kekesalan mereka ini melalui media sosial lainnya, twitter.

Tidak hanya para pengguna facebook di belahan eropa dan amerika yang mendapatkan pesan dari facebook ‘safety check’. Pesan ini pun sampai ke pengguna facebook di negara Jepang. Salah satu yang mendapatkan pesan ini adalah salah seorang penyanyi dan penulis lagu Yamazaki Aoi. Sama seperti yang lain, ia pun menunjukkan pesan salah alamat ini di akun twitter miliknya.

“Salah…”

Beberapa followernya pun menunjukkan jika ia mendapatkan pesan salah alamat yang serupa.

“Aku juga kaget mendadak dapat notif begitu( ; ; )”

Hal ini sepertinya tidak hanya dialami oleh Aoi dan para followersnya saja. Nampaknya cukup banyak pengguna facebook di Jepang yang juga bernasip serupa. Alhasil kata パキスタン (Pakistan) pun menjadi trending topic di Jepang.

Trending Topic Jepang

“Gimana ceritanya aku bisa ada di Pakistan”

“Sejak kapan ini jadi Pakistan yah? Kukira ini Tokyo?”

“Aku bukannya lagi di Pakistan, tapi di bamiyan (restoran).”

“Aku sekarang ada di Pakistan. yang benar saja.”

Hingga berita ini ditulis, pihak facebook belum memberikan konfirmasi mengenai kasus salah alamat ini. Seharusnya pesan seperti ini dikirim berdasarkan data lokasi masing-masing pengguna. Masih bisa dimaklumi jika pesan ini nyasar ke satu negara saja. Tapi jika sampai salah alamat ke beberapa pengguna di beberapa negara yang berbeda seperti ini. Perlu dipertanyakan seperti apakah sistem yang digunakan facebook ‘safety check’. Semoga facebook segera memperbaiki fitur ini karena kegunaanya yang sebenarnya cukup baik, agar kerabat terdekat bisa segera mendapatkan kabar kondisi kita saat terjadi sebuah peristiwa semacam ini.

sumber: berita tweet Eropa & Amerika


SHARE
Previous articleFoto Kontroler Nintendo NX yang Bocor Ternyata Hoax! Ini Buktinya!
Next articleAction RPG Two Worlds III Dikonfirmasikan, Two Worlds II Dapatkan Update Besar
Penggemar semi maniak lagu-lagu Jepang dengan vokalis cewek, terutama yang pegang gitar. Masih sibuk menata hidup demi kelancaran ngepulin racun kuping langsung dari negeri sakura. Baginya ada batas jelas antara musisi dan idol yang gak bisa dilanggar