Inikah Makna Adegan Knightmare di Batman V Superman?

SPOILER ALERT!!

Knightmare - Batman V Superman

Di Batman V Superman, adegan Knightmare mengacu kepada mimpi buruk Batman tentang masa depan yang dipenuhi kehancuran. Namun apakah benar mimpi ini hanya dibangkitkan oleh ketakutan Batman terhadap Superman? Bagaimana jika ternyata ada makna yang lebih dalam di baliknya?

Inilah Daftar Easter Egg dan Cameo Batman V Superman!

Ingin tahu apa ada easter egg dan cameo Batman v Superman? Inilah beberapa yang berhasil ditemukan oleh Duniaku! Apa ada lagi yang berhasil kamu temukan?
Baca Juga

Biasanya adegan mimpi di film ditampilkan singkat, kecuali sebagai kejutan atau kecohan di bagian awal sekali. Tapi adegan Knightmare di Batman V Superman ini menempati posisi lebih di tengah-tengah film, dan memakan waktu yang banyak untuk “sekedar” adegan mimpi. Wajar kalau Snyder memasukkannya karena ingin membangun lebih lanjut paranoia Bruce Wayne terhadap ancaman alien Superman. Namun banyak keanehan dalam adegan ini yang membuat orang berspekulasi.

Sebelum kemunculan tentara Superman, dan sang Superman sendiri, Batman disuguhi oleh imaji-imaji yang mengesankan kalau Superman bahkan bukan musuh utama dalam mimpi ini. Lihat saja gambar di atas artikel. Bila memang ini hanya mimpi dari prasangka buruk Batman, maka akan lebih wajar bila ia melihat simbol “S” besar di tanah. Namun yang ditemukannya di mimpi adalah simbol omega.

Tahu siapa tokoh DC Comics yang identik dengan simbol omega? Ada kelompok Omega Men. Namun mengingat keberadaan mereka, sejauh ini, hanya dikenal oleh segelintir fans setia DC Comics yang dipikirkan oleh Snyder pastilah Darkseid, musuh Superman dan Justice League yang terkuat. Bahkan serangan pamungkas utama Darkseid pun dinamai Omega Beam.

Darkseid - Justice League

Bahkan bukan hanya itu saja jejak Darkseid di mimpi Batman. Meski seharusnya Batman belum tahu apa-apa soal Darkseid dan pasukan Apokolips, muncul makhluk-makhluk Parademon di mimpinya, membantu pasukan Superman menghabisi kelompok pemberontaknya.

Knightmare Batman V Superman - Parademon

Parademon yang di foto ini memang kurang jelas. Namun kalau kamu sudah menonton filmnya, kamu pasti akan melihat satu kesempatan di mana wajah mereka diperlihatkan jelas – meski hanya sekilas. Dan wujud Parademon itu mirip sekali dengan penampilan mereka di versi New 52.

Cameo Batman V Superman - Parademon

Bahkan adegan konfrontasi Superman dengan Batman di dalam Knightmare pun aneh. Superman menuduh Batman merengut seorang wanita dari dirinya, dan ini pun kemudian dijadikan alasan Superman untuk mengeksekusi Batman. Di bagian film ini, Batman sepenuhnya menganggap Superman sebagai alien yang harus dimusnahkan. Ia tidak tahu apa-apa soal hubungan Superman dengan Lois Lane hingga Lois menyelamatkan Superman di klimaks pertarungan. Ia juga tidak tahu kalau Superman memiliki ibu asuh, Martha Kent, yang namanya mengakhiri pertarungannya melawan Superman.

Lalu, apa makna dari keanehan-keanehan ini?

Batman V Superman tidak memiliki adegan pasca credits, seperti Avengers pertama dulu yang menampilkan cengiran Thanos. Tapi bagaimana kalau film ini tidak memasukkan adegan seperti itu… karena inilah adegan pasca credits yang seharusnya? Inilah gambaran konflik masa depan yang akan dihadapi oleh Batman dan Justice League.

Dengan kata lain, yang dilihat Bruce Wayne di sini bukan sepenuhnya mimpi buruk dari paranoia terhadap Superman. Ia melihat masa kejadian di masa depan.

Untuk pembahasan lebih dalam tentang teori ini, cek halaman kedua.

1
2

SHARE
Previous articleFilm Sword Art Online: Ordinal Scale Bawa Kirito dan Asuna di Dunia Game Baru
Next articleAyo Coba Game Shooter 2D Penuh Kompetisi di Holodrive!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.