Pendapatan Batman V Superman Turun Tajam di Pekan Kedua!

Pendapatan Batman V Superman

Memasuki pekan kedua penayangan, pendapatan Batman V Superman menurun tajam! Apakah ini efek dari banyak kritik pedas yang menghantam filmnya?

Adegan Ekstra Batman V Superman Ini Menyajikan Misteri Baru!

SPOILERALERT!! Warner Bros merilis satu video berisi adegan tambahan untuk Batman V Superman, yang dihapus dari versi aslinya. Ternyata video singkat ini menjawab beberapa pertanyaan... sekaligus mengungkap misteri baru!
Baca Juga

Rupanya memang sulit untuk mempertahankan kesuksesan sebuah film saat banyak kritikus menghujaninya dengan kritik pedas. Menurut situs Box Office Mojo, sumber paling terpercaya untuk melihat laporan penghasilan sebuah film, pendapatan Batman V Superman pekan ini turun dengan tajam!

Sebelum angka-angka mulai masuk, pendapatan Batman V Superman untuk pekan keduanya diperhitungkan akan turun hingga 70% lebih. Itu bahkan berpotensi untuk menyalip rekor penurunan pendapatan dari film lain Warner Bros, yakni Harry Potter and the Deathly Hallows, Part II. (72%). Kabar baiknya, pendapatan Batman V Superman tidak turun sampai seekstrim itu. Kabar buruknya, angka penghasilan film ini masih turun hingga 68%.

Batman V Superman pun menempati peringkat kelima untuk film yang turun hingga sejauh itu setelah berhasil memperoleh lebih dari 100 juta dolar di pekan pertama. Hanya kalah dari Harry Potter and the Deathly Hallows, Part II serta tiga film dari seri Twilight. Oh, dan persentase penurunan itu kurang-lebih sama dengan yang didapatkan oleh film superhero lain yang dibenci kritikus Amerika: Fantastic Four 2015. 

Man of Steel 2

Jangan terburu panik atau marah-marah dulu, fans Warner Bros dan DC Comics. Pendapatan impresif Batman V Superman dari pekan pertamanya tidak mendadak lenyap juga hanya karena pemasukan pekan keduanya turun tajam. Ditambah dengan pendapatan pekan ini, Batman V Superman tetap sukses meraup kurang-lebih 680 juta dolar.

Sekarang, Batman V Superman sudah berhasil menyalip pendapatan total Man of Steel (668 juta dolar) hanya dalam dua pekan saja. Tidak hanya itu, film ini juga berhasil melampaui beberapa film Marvel Studio seperti Iron Man, Iron Man 2, dan Thor: The Dark World. Seharusnya, walau pemasukan film ini menurun lagi di pekan ketiganya nanti, Batman V Superman pun masih mampu menyalip rekor lebih banyak film. Termasuk di antaranya adalah film superhero baru yang rilis sebelumnya, yakni Deadpool.

Selain itu, pendapatan Batman V Superman yang mengikuti tren Harry Potter and the Deathly Hallows Part II pun bukan sepenuhnya menandakan nasib buruk. Seperti yang bisa kamu lihat di daftar rekor box office sepanjang masa milik Box Office Mojo, film penutup seri epik Harry Potter itu tetap sukses duduk di peringkat delapan. Film superhero yang lebih sukses dari itu hanyalah Avengers dan Avengers: Age of Ultron. 

Harry Potter and the Deathly Hallows Part II berhasil meraih pendapatan itu karena di pekan ketiganya persentase pendapatan film ini malah kembali naik dibanding pekan kedua. (53.7% dari 72%). Mengingat popularitas Batman, Superman, serta tanggapan penonton kalau film ini tak seburuk anggapan kritikus, mungkin saja Batman V Superman akan mengalami peningkatan yang sama, lalu menyalip Iron Man 3 dan berada di bawah Harry Potter.

Batman V Superman diperhitungkan akan tetap mampu melampaui 1 miliar dolar, angka yang diharapkan oleh studio. Namun Warner Bros telah merevisi ekspektasi dan menyatakan mereka pun akan puas bila film ini berhasil meraih angka 800 juta. Bila memang film ini gagal menyentuh 1 miliar, maka jangan heran bila akan ada perubahan cara penyajian di Justice League nanti.


SHARE
Previous articleIni Baru Gamer Level Dewa! Dia Bisa Tamatkan Dark Souls 3 Hanya dalam Waktu 1 Jam!
Next articleSeri Manga Whistle! Karya Daisuke Higuchi Berlanjut di Manga Barunya
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.