Prediksi Daredevil Season 3 - Kehancuran Hidup Matt Murdock?

Dengan berakhirnya Daredevil season 2, saatnya untuk prediksi Daredevil season 3! Bagaimanakah kehidupan Matt Murdock setelah ini?

Prediksi Daredevil Season 3 - Kehancuran Hidup Matt Murdock?

SPOILER ALERT!!

Prediksi Daredevil Season 3 - Kehancuran Hidup Matt Murdock?

Dengan berakhirnya Daredevil season 2, saatnya untuk prediksi Daredevil season 3! Bagaimanakah kehidupan Matt Murdock setelah ini?

Tentunya, sulit untuk membuat prediksi Daredevil season 3 tanpa membahas apa yang terjadi di season 2. Seperti tertulis besar-besar di atas, artikel ini akan sarat dengan spoiler. Jadi kalau kamu masih berminat menonton season 2, sebaiknya kamu berhenti membaca di sini.

Kalau kamu sudah menyaksikan seluruh season 2 atau tak keberatan dengan spoiler, maka silakan melanjutkan!


[page_break no="1" title="Rangkuman Kejadian Besar Season 2"]


Prediksi Daredevil Season 3 - Kehancuran Hidup Matt Murdock?Sebelum memulai prediksi Daredevil season 3, mari kita tinjau ulang apa saja yang terjadi di klimaks season 2 Daredevil. 

Pertama: Frank Castle sepenuhnya menjadi Punisher memanfaatkan persenjataan dan pelindung yang dia jarah dari kabin korban terakhirnya. Dia juga masih memiliki dendam tersendiri terhadap Wilson Fisk, jadi dia bisa terlibat lagi membantu Matt Murdock di musim berikut.

Kedua: Matt Murdock mungkin berhasil menggagalkan rencana organisasi The Hand, tapi organisasi ini masih memiliki anggota. Dan mereka mencoba menghidupkan lagi sosok yang ditakdirkan menjadi senjata terhebat The Hand: Elektra.

Ketiga: Persahabatan Matt dengan Foggy masih berahir di akhir season 2. Percintaannya dengan Karen pun sempat surut, namun di akhir musim dia menunjukkan identitas superhero-nya kepada Karen. Masih tanda tanya bagaimana akhirnya Karen akan bereaksi.

Keempat: Wilson Fisk mulai memahami kalau Matt Murdock adalah Daredevil.

Dari empat kejadian itu, maka terbentuklah gambaran akan seperti apa alur yang ditempuh oleh serial ini di season ketiganya!


[page_break no="2" title="Kebangkitan Kingpin"]


Prediksi Daredevil Season 3 - Kehancuran Hidup Matt Murdock?

[read_more id="247048"]

Dari penampilannya yang singkat sekaligus tak terduga di season 2, terlihat jelas kalau Wilson Fisk tak akan kesulitan untuk keluar dari penjara. Dia sudah memiliki keseluruhan penjara itu, mulai dari napi hingga seluruh sipir. Ia bisa menyebabkan kematian di satu sayap penjara dan membuat tak ada yang tahu kalau ia lah dalang di baliknya. Tinggal menunggu waktu hingga ia dilepaskan karena kelakuan baik.

Terasa sekali kalau sebenarnya Wilson Fisk yang kita lihat di season 1 belum sepenuhnya mencapai taraf sosok Kingpin. Memang dia adalah pria kejam dengan taktik-taktik brilian, tapi dia masih "malu-malu" dalam memimpin. Bahkan aktivitas organisasi dan sekutunya pun diawasi oleh Wesley, tangan kanannya.

Wesley sudah mati. Fisk dijebloskan ke penjara seorang diri, tanpa sekutu. Alih-alih hancur atau mati, ia justru menjadi sosok yang lebih kuat dan mandiri, mampu memimpin langsung seluruh penjara. Di akhir kemunculannya, Wilson Fisk - yang akhirnya mengklaim nama Kingpin - meminta dicarikan catatan Matt Murdock, membangkitkan kesan kalau ia akhirnya mengetahui siapa di balik kostum Daredevil. Dan itu berbahaya bagi Matt, karena Kingpin menyadari siapa identitas musuhnya adalah akar dari kejadian di alur ikonik Daredevil: Born Again.

 Prediksi Daredevil Season 3 - Kehancuran Hidup Matt Murdock?Dalam alur tersebut, Karen Page membocorkan rahasia tentang jati diri tersembunyi Matt Murdock untuk memperoleh narkotik. Informasi ini kemudian diterima oleh Kingpin, yang lalu dengan sistematis menghancurkan hidup Matt.Matt benar-benar kehilangan segalanya. Ia kehilangan sahabat, rumah, pekerjaan. Tapi apapun yang terjadi, Matt tetap tidak mau menyerah.

Mengingat Karen adalah bagian penting dari serialnya, rasanya mustahil ia akan mengalami nasib yang sama dengan komik (pergi dari New York, lalu menjadi bintang film porno pecandu narkotik). Karenanya tak heran kalau Kingpin akan menyimpulkan sendiri siapa Matt Murdock, walau mungkin keputusan Matt membocorkan identitasnya terhadap Karen tetap bisa berpengaruh buruk.

Di season 2 Daredevil, Matt sudah kehilangan sahabatnya dan pekerjaannya berada dalam tanda tanya. Wilson Fisk tidak perlu bersusah payah untuk menghancurkan sisa-sisa yang dimiliki Matt.

Tapi tunggu dulu. Memang, ini prediksi Daredevil season 3. Namun bila Marvel Studio menghendaki, plot ini bisa mereka kembangkan pula menjadi bagian dari plot Defenders. Kenapa? Karena di komik, plot Born Again juga diisi dengan keterlibatan karakter Nuke.

Prediksi Daredevil Season 3 - Kehancuran Hidup Matt Murdock?

Nuke sudah muncul di Jessica Jones, walau ia belum disebut dengan nama itu. Will Simpson sang polisi yang sempat membantu Jessica, sebelum menghadapinya, ternyata memiliki latar belakang yang sama dengan Nuke. Terakhir kali terlihat, Nuke berhasil diselamatkan oleh pihak-pihak yang bertanggung jawab atas peningkatan kekuatannya.

Di Born Again, Nuke menciptakan kehancuran besar di Hell's Kitchen, hingga Avengers sekalipun harus terlibat. Memang sulit untuk memunculkan Avengers di serial Netflix... namun bagaimana dengan Defenders? Lagi pula, Nuke sebelumnya sudah berurusan dengan Jessica Jones, dan dispekulasikan mendapat kekuatannya dari pihak yang sama yang bereksperimen dengan Luke Cage. Latar belakangnya sebagai tentara pasukan khusus juga bisa dijadikan bahan untuk mempertemukannya dengan Punisher.

Walau tanpa Nuke pun, yang menarik dari alur di atas adalah: ini akan benar-benar menjadi konflik Daredevil Vs Kingpin. Ingat, di musim perdana Matt Murdock masih mencari jati diri. Ia bahkan baru mengenakan kostum superhero di episode akhir. Wilson Fisk pun belum sepenuhnya menjadi Kingpin. Dia baru bertransformasi di penjara. Jadi, Marvel mungkin akan menjadikan ini sebagai plot Daredevil Season 3. Mungkin mereka akan sekalian menjadikannya plot Defenders. Namun potensi Born Again ini sangat menarik untuk diwujudkan.

Belum bosan membaca? Cek halaman dua untuk satu lagi kemungkinan yang akan dibedah oleh prediksi Daredevil season 3 ini!


[page_break no="3" title="Menuju Shadowlands"]


Prediksi Daredevil Season 3 - Kehancuran Hidup Matt Murdock?

[read_more id="247015"]

Elektra terbunuh di akhir season 2 Daredevil. Namun jasadnya dicuri dan akan dibangkitkan kembali oleh The Hand.

Cara paling membosankan bagi Marvel Studio untuk memanfaatkan plot ini adalah: Elektra bangkit kembali sebagai sosok jahat, lalu memimpin The Hand menyerang Matt Murdock.

Namun ada cara yang lebih oke, dan bahkan bisa diintegrasikan dengan alur Born Again. Bagaimana jika Elektra sukses dibangkitkan, dan memang menjadi jahat... namun alih-alih langsung menyerang Matt, ia malah ingin menjadikan Matt sebagai pemimpin The Hand?

Elektra bisa ditampilkan muncul mendadak di saat hidup Matt dihancurkan oleh Kingpin. Di sini, Elektra meyakinkan Matt kalau ia hendak membawa The Hand ke arah yang lebih baik, dan dia akan menggunakan mereka untuk membantu Matt. Matt akan menolak, namun pada akhirnya - setelah ia ditekan lebih parah oleh Kingpin - memutuskan menggunakan bantuan The Hand.

Pada awalnya, Matt bisa mengendalikan The Hand. Dia bahkan bisa membuat para ninja The Hand untuk bekerja sesuai kehendaknya, yakni tidak membunuh. Tapi lambat laun terlihat kalau sesuatu menggerogoti kewarasan Matt. Di akhir musim ia akan membuat Kingpin koma atau lumpuh. Lalu, saat kekuatan The Hand menguasainya, Matt pun justru menjelma menjadi kekuatan besar yang harus ditundukkan oleh anggota Defenders lain.

Prediksi Daredevil Season 3 - Kehancuran Hidup Matt Murdock?

Familier dengan alur cerita ini? Berarti kamu sudah membaca [outbound_link text=" Shadowland" link="https://en.wikipedia.org/wiki/Shadowland_(comics)"], kisah komik Daredevil modern yang sangat terkenal. Aslinya, alur Born Again dan Shadowland terpaut bertahun-tahun. Namun keduanya terasa sebagai perkembangan yang paling masuk akal bagi serial Daredevil, dan sesuai dengan benih-benih plot yang disebar Marvel Studio, hingga tak akan mengherankan bila Born Again akan menjadi plot utama season 3, dan plot untuk Shadowland telah disebar dari sana untuk season 4!


[page_break no="4" title="Bullseye?"]


Prediksi Daredevil Season 3 - Kehancuran Hidup Matt Murdock?Kalau kamu membaca semua prediksi Daredevil season 3 hingga bagian atas, kamu akan menyadari satu hal: konflik season 3 diarahkan untuk mengangkat karakter-karakter lama. Mulai dari benih plot dengan Wilson Fisk, sang musuh utama season 1, hingga Elektra dan The Hand yang akhirnya menjadi antagonis sentral di season 2. Tak adakah ruang untuk menambahkan antagonis baru?

Sebenarnya ada, dan sosok itu adalah Bullseye! Kasusnya begini: sudah berurusan dengan Matt Murdock, sekaligus alter ego-nya, Fisk pasti tahu ia tak bisa main-main lagi menghadapi sang pelindung Hell's Kitchen. Makannya, tak mengherankan kalau dia akan menyewa satu atau bahkan beberapa pembunuh elit. Salah satu nama yang pasti diperhitungkan oleh tim kreatif Marvel Studio? Tentunya Bullseye, karakter yang seakan menjadi Joker-nya Daredevil di komik!

Bullseye adalah pembunuh yang sangat berbahaya. Di komik dia adalah pembunuh paling laku untuk disewa karena korbannya begitu banyak, hingga polisi pun akan bingung siapa yang menyewanya. Kingpin pun salah satu klien yang, sejauh ini, tak pernah Bullseye coba khianati.

Fisk sudah muncul sejak lama. Elektra dan The Hand telah tampil. Pada akhirnya, hanya Bullseye musuh utama Matt yang belum juga muncul. Dan season 3 bisa menjadi panggung utama penampilan penembak jitu ini. Bahkan... bisa saja dibuat kalau akhirnya yang membuat Matt tergoda berpihak ke The Hand bukanlah Kingpin, melainkan tragedi baru yang diciptakan oleh Bullseye.

Siapa calon korban pembunuh keji ini? Yah, masih ada Claire Temple, Foggy Nelson, dan Karen Page yang harus berhati-hati di Hell's Kitchen.

Apakah prediksi Daredevil season 3 ini akan terwujud? Mari kita tunggu nanti, saat kelanjutan Daredevil akhirnya tayang. Untuk sekarang, masih ada Luke Cage dan Iron Fist yang siap menghibur... sekaligus menebar semakin banyak plot untuk Defenders dan serial Netflix lainnya!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU