Prediksi Daredevil Season 3 – Kehancuran Hidup Matt Murdock?

SPOILER ALERT!!

Daredevil Season 3 - Cover

Dengan berakhirnya Daredevil season 2, saatnya untuk prediksi Daredevil season 3! Bagaimanakah kehidupan Matt Murdock setelah ini?

Tentunya, sulit untuk membuat prediksi Daredevil season 3 tanpa membahas apa yang terjadi di season 2. Seperti tertulis besar-besar di atas, artikel ini akan sarat dengan spoiler. Jadi kalau kamu masih berminat menonton season 2, sebaiknya kamu berhenti membaca di sini.

Kalau kamu sudah menyaksikan seluruh season 2 atau tak keberatan dengan spoiler, maka silakan melanjutkan!


1

Rangkuman Kejadian Besar Season 2


Review Daredevil season 2 - Daredevil Punisher ElektraSebelum memulai prediksi Daredevil season 3, mari kita tinjau ulang apa saja yang terjadi di klimaks season 2 Daredevil. 

Pertama: Frank Castle sepenuhnya menjadi Punisher memanfaatkan persenjataan dan pelindung yang dia jarah dari kabin korban terakhirnya. Dia juga masih memiliki dendam tersendiri terhadap Wilson Fisk, jadi dia bisa terlibat lagi membantu Matt Murdock di musim berikut.

Kedua: Matt Murdock mungkin berhasil menggagalkan rencana organisasi The Hand, tapi organisasi ini masih memiliki anggota. Dan mereka mencoba menghidupkan lagi sosok yang ditakdirkan menjadi senjata terhebat The Hand: Elektra.

Ketiga: Persahabatan Matt dengan Foggy masih berahir di akhir season 2. Percintaannya dengan Karen pun sempat surut, namun di akhir musim dia menunjukkan identitas superhero-nya kepada Karen. Masih tanda tanya bagaimana akhirnya Karen akan bereaksi.

Keempat: Wilson Fisk mulai memahami kalau Matt Murdock adalah Daredevil.

Dari empat kejadian itu, maka terbentuklah gambaran akan seperti apa alur yang ditempuh oleh serial ini di season ketiganya!


2

Kebangkitan Kingpin


Daredevil Season 3 - Wilson Fisk

Trailer The BFG – Adaptasi Cerita Anak Legendaris!

Suka film fantasi petualangan? Kalau begitu BFG wajib dicoba! Berdasarkan karya Roald Dahl, dan disutradarai Steven Spielberg, film ini bisa jadi hiburan bagus untuk keluarga!
Baca Juga

Dari penampilannya yang singkat sekaligus tak terduga di season 2, terlihat jelas kalau Wilson Fisk tak akan kesulitan untuk keluar dari penjara. Dia sudah memiliki keseluruhan penjara itu, mulai dari napi hingga seluruh sipir. Ia bisa menyebabkan kematian di satu sayap penjara dan membuat tak ada yang tahu kalau ia lah dalang di baliknya. Tinggal menunggu waktu hingga ia dilepaskan karena kelakuan baik.

Terasa sekali kalau sebenarnya Wilson Fisk yang kita lihat di season 1 belum sepenuhnya mencapai taraf sosok Kingpin. Memang dia adalah pria kejam dengan taktik-taktik brilian, tapi dia masih “malu-malu” dalam memimpin. Bahkan aktivitas organisasi dan sekutunya pun diawasi oleh Wesley, tangan kanannya.

Wesley sudah mati. Fisk dijebloskan ke penjara seorang diri, tanpa sekutu. Alih-alih hancur atau mati, ia justru menjadi sosok yang lebih kuat dan mandiri, mampu memimpin langsung seluruh penjara. Di akhir kemunculannya, Wilson Fisk – yang akhirnya mengklaim nama Kingpin – meminta dicarikan catatan Matt Murdock, membangkitkan kesan kalau ia akhirnya mengetahui siapa di balik kostum Daredevil. Dan itu berbahaya bagi Matt, karena Kingpin menyadari siapa identitas musuhnya adalah akar dari kejadian di alur ikonik Daredevil: Born Again.

 Daredevil Season 3 - Born AgainDalam alur tersebut, Karen Page membocorkan rahasia tentang jati diri tersembunyi Matt Murdock untuk memperoleh narkotik. Informasi ini kemudian diterima oleh Kingpin, yang lalu dengan sistematis menghancurkan hidup Matt.Matt benar-benar kehilangan segalanya. Ia kehilangan sahabat, rumah, pekerjaan. Tapi apapun yang terjadi, Matt tetap tidak mau menyerah.

Mengingat Karen adalah bagian penting dari serialnya, rasanya mustahil ia akan mengalami nasib yang sama dengan komik (pergi dari New York, lalu menjadi bintang film porno pecandu narkotik). Karenanya tak heran kalau Kingpin akan menyimpulkan sendiri siapa Matt Murdock, walau mungkin keputusan Matt membocorkan identitasnya terhadap Karen tetap bisa berpengaruh buruk.

Di season 2 Daredevil, Matt sudah kehilangan sahabatnya dan pekerjaannya berada dalam tanda tanya. Wilson Fisk tidak perlu bersusah payah untuk menghancurkan sisa-sisa yang dimiliki Matt.

Tapi tunggu dulu. Memang, ini prediksi Daredevil season 3. Namun bila Marvel Studio menghendaki, plot ini bisa mereka kembangkan pula menjadi bagian dari plot Defenders. Kenapa? Karena di komik, plot Born Again juga diisi dengan keterlibatan karakter Nuke.

Easter Egg Marvel - Nuke

Nuke sudah muncul di Jessica Jones, walau ia belum disebut dengan nama itu. Will Simpson sang polisi yang sempat membantu Jessica, sebelum menghadapinya, ternyata memiliki latar belakang yang sama dengan Nuke. Terakhir kali terlihat, Nuke berhasil diselamatkan oleh pihak-pihak yang bertanggung jawab atas peningkatan kekuatannya.

Di Born Again, Nuke menciptakan kehancuran besar di Hell’s Kitchen, hingga Avengers sekalipun harus terlibat. Memang sulit untuk memunculkan Avengers di serial Netflix… namun bagaimana dengan Defenders? Lagi pula, Nuke sebelumnya sudah berurusan dengan Jessica Jones, dan dispekulasikan mendapat kekuatannya dari pihak yang sama yang bereksperimen dengan Luke Cage. Latar belakangnya sebagai tentara pasukan khusus juga bisa dijadikan bahan untuk mempertemukannya dengan Punisher.

Walau tanpa Nuke pun, yang menarik dari alur di atas adalah: ini akan benar-benar menjadi konflik Daredevil Vs Kingpin. Ingat, di musim perdana Matt Murdock masih mencari jati diri. Ia bahkan baru mengenakan kostum superhero di episode akhir. Wilson Fisk pun belum sepenuhnya menjadi Kingpin. Dia baru bertransformasi di penjara. Jadi, Marvel mungkin akan menjadikan ini sebagai plot Daredevil Season 3. Mungkin mereka akan sekalian menjadikannya plot Defenders. Namun potensi Born Again ini sangat menarik untuk diwujudkan.

Belum bosan membaca? Cek halaman dua untuk satu lagi kemungkinan yang akan dibedah oleh prediksi Daredevil season 3 ini!

1
2

SHARE
Previous articleLive Action Death Note versi Hollywood Diambil Alih oleh Netflix!
Next articleSimak Trailer Film Terbaru Makoto Shinkai, Your Name. Disini!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.