Untuk Mengenang Jasanya, 5 Film Ini Cocok Banget Ditonton saat Hari Kartini

kartini 2Hari ini tanggal 21 April lebih dikenal sebagai peringatan Hari Kartini. R.A. Kartini adalah sosok pahlawan Indonesia yang menjunjung tinggi kesamaan hak antara kaum pria dan perempuan. Perjuangan tak kenal lelah beliau membela hak-hak perempuan berbuah manis. Berkat Kartini, perempuan-perempuan Indonesia pada akhirnya bisa mengenyam pendidikan sekolah setara seperti apa yang didapatkan oleh kaum pria.

Nah untuk mengenang jasa-jasanya di Hari Kartini, ada baiknya kamu menonton 5 film yang terinspirasi dari perjuangan Raden Adjeng Kartini ini;

1

R.A. Kartini (1982)


film kartiniKarena Hari Kartini, jadi paling pas buat nonton film R.A Kartini yang diproduksi tahun 1982. Film garapan sutradara kawakan Sjuman Djaya ini dibintangi beberapa artis terkenal seperti Yenny Rachman, Wisnu Wardhana, Nani Widjaya, Adi Kurdi dan Bambang Hermanto. Film ini memang menceritakan kisah Kartini yang sebenarnya. Kartini yang terlahir dari keluarga bangsawan merasa aneh melihat kenyataan yang terjadi di sekitar, karena banyaknya kesewenangan yang dilakukan kaum pria terhadap perempuan kala itu. Kartini yang sangat peduli akan hak-hak kaum perempuan akhirnya mendirikan sebuah sekolah di Kabupaten Jepara yang diperuntukan bagi memajukan kaum perempuan. Film ini sendiri diangkat dari sebuah buku biografi Kartini yang ditulis oleh Sitisoemandri Soeroto.


2

Tjoet Nja' Dhien


cut nyak dienSeperti halnya film R.A Kartini, film Tjoet Nja’ Dhien juga masih berhubungan dengan perjuangan perempuan dalam membela Indonesia di masa penjajahan. Dibintangi oleh Christine Hakim, Slamet Rahardjo, Hendra Yanuarti, Pitrajaya Purnama, Rosihan Anwar dan Rita Zahra, Film ini cukup sukses dalam menggambarkan sosok Cut Nyak Dhien sebagai salah satu pahlawan asal Aceh. Bahkan dalam ajang Piala Citra ke-6, Christine Hakim diganjar penghargaan Pemeran Utama Wanita Terbaik ketika memerankan Cut Nyak Dhien.


3

Perempuan Berkalung Sorban


perempuan berkalung sorbanKalau dua film tadi tergolong film jadul, nah film Perempuan Berkalung Sorban bisa dibilang masih baru karena dirilis tahun 2009. Film garapan Hanung Bramantyo ini mengisahkan perjuangan Anissa (Revalina S Temat) yang tinggal di lingkungan pesantren dengan aturan konsevatif. Anissa dididik untuk selalu mengikuti semua anjuran yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadist. Namun ia merasa apa yang diajarkan di sana terlalu membela lelaki dibandingkan kaum perempuan. Akhirnya Anissa menyatakan protes dan tentu banyak yang menentangnya. Film ini cukup baik dalam menggambarkan kesetaraan hak antara pria dan perempuan dalam agama Islam.


4

3 Srikandi


hari kartiniFilm ini memang belum resmi dirilis. Namun 3 Srikandi merupakan salah satu film yang cocok untuk menggambarkan perjuangan Kartini. Bedanya film 3 Srikandi menceritakan 3 atlet perempuan Indonesia dalam cabang panahan yang berjuang saat Olimpiade Seoul 1988. Film ini diadaptasi dari kisah nyata nan heroik dari Nurfitriyana Saiman, Kusuma Wardahni dan Lilies Handayani merebut medali perak pertama Indonesia di ajang Olimpiade. Sederet bintang top akan muncul di film garapan Iman Brotoseno ini seperti Chelsea Islan, Bunga Citra Lestari, Tara Basro dan Reza Rahadian.


5

The Croods


the croodsFilm The Croods merupakan film animasi buatan Dreamwork Animation. Mengisahkan Eep seorang remaja perempuan yang hidup bersama keluarga manusia gua di jaman pra-sejarah. Yang membuat film ini cocok kamu tonton saat Hari Kartini adalah karena perjuangan Eep yang tergolong anak yang cerdas dan penuh rasa ingin tahu terhadap segala hal. Namun selalu ditantang oleh ayahnya, dan memaksa Eep untuk tinggal di dalam gua agar terhindar dari berbagai marabahaya. Pada akhirnya dengan tekad yang tinggi, Eep bisa keluar dari gua yang mengekangnya kemudian melihat terangnya dunia yang luas. Mungkin cerita ini sesuai dengan buku yang dibuat oleh Kartini yaitu Habis Gelap Terbitlah Terang.

Lima film diatas sangat cocok ditonton untuk mengenang jasa Kartini dalam membela hak kaum perempuan. Kamu tertarik untuk menontonnya? Atau punya pendapat film lain? Jangan malu-malu buat utarakan opinimu di kolom komentar ya!


SHARE
Previous articleMejaKita, Website yang Bisa Bantu Kamu Belajar dan Bikin PR!
Next articleProduksi Xbox 360 Dihentikan Microsoft, Bagaimana Nasib Gamer-nya?
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca