5 Pesan Moral dari Anime dan Tontonan Masa Kecil yang Paling Berkesan

Pesan Moral Dari Tontonan Masa KecilMencari tontonan yang bagus dan pantas untuk menjadi hiburan, khususnya untuk anak-anak, adalah salah satu kegiatan yang cukup sulit dilakukan pada zaman seperti sekarang. Dan hal ini pasti membuat banyak diantara kalian yang sudah dewasa dan memiliki anak merindukan berbagai tontonan yang pernah disaksikan pada masa kecilnya. Apalagi ketika tanpa disadari, semua tontonan tersebut memiliki pesan moral yang dapat diambil dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut 5 pesan moral dari anime dan tontonan masa kecil kita yang paling berkesan!


1

Pinocchio


“Selalu biarkan hati nurani yang membimbingmu.”

Pesan Moral Dari Tontonan Masa Kecil

Andaikan 6 Benda di Anime Ini Ada di Dunia Nyata, Pasti Seru Banget!

Pernahkah kamu berandai-andai benda di anime ada di kehidupan nyata? Kalau iya, 6 benda di anime ini yang harus kamu miliki!
Baca Juga

Pesan moral yang pertama berasal dari salah satu film klasik Disney, Pinocchio. Siapa yang tidak mengenal cerita boneka kayu yang ingin menjadi manusia ini? Dibalik ceritanya yang menghibur, ternyata film animasi ini juga memiliki pesan moral yang sangat berkesan. Kalimat yang diucapkan oleh si jengkerik, Jiminy Cricket di atas mengajarkan kita bahwa dalam memilih sebuah keputusan kita perlu lebih dari sekedar pendapat orang lain, namun, kita juga harus bertanya kepada hati nurani kita apa yang sebaiknya dilakukan.


2

Pokemon


“Kita punya banyak kesamaan. Bumi yang sama, udara yang sama, langit yang sama. Alangkah baiknya jika kita mulai melihat kesamaan itu, bukannya perbedaan.”

Pesan Moral Dari Tontonan Masa KecilPerbedaan adalah suatu hal yang sangat melekat dalam tubuh setiap orang, terutama di negara kita sendiri. Berbagai suku dan budaya yang sangat beragam telah membuat kita semua memiliki ciri khas yang sangat berbeda satu sama lain, namun, bukan berarti segala perbedaan tersebut menjadi suatu pemisah diantara kita. Kalimat yang diucapkan oleh salah satu Pokémon, Meowth ini memiliki arti yang dapat menyatukan segala perbedaan di seluruh dunia, walaupun kita semua berbeda, jangan pernah biarkan perbedaan tersebut membuat kita menjadi saling membenci satu sama lain. Kerennya, pesan moral dari anime Pokémon ini diucapkan oleh karakter yang sejatinya menjadi musuh karakter utama kaliah lho!


3

Alice in Wonderland


“Aku tidak bisa kembali ke hari kemarin – karena aku adalah orang yang berbeda saat itu.”

Pesan Moral Dari Tontonan Masa Kecil

5 Karakter Anime yang Bertransformasi Sehingga Punya Kekuatan Mengerikan!

Awalnya payah, namun beberapa karakter anime ini kemudian bertransformasi menjadi sangat mengerikan dengan kekuatan yang tak tertandingi!
Baca Juga

Kalimat terkenal yang diucapkan oleh Alice ini mengajarkan kita semua untuk jangan terlalu banyak berpikir tentang masa lalu. Jangan pernah kita membiarkan suatu kesalahan kecil di masa lalu membuat kita takut untuk mengulangi kesalahan yang sama, seharusnya hal tersebut dapat membuat kita menjadi lebih berhati-hati agar tidak mengulangi kesalahan tersebut. Hari ini berbeda dengan kemarin, dan kita tidak boleh membiarkan rasa takut yang telah lewat menghalangi jalan kita menuju hari esok yang jauh lebih baik.


4

Zeus


“Pahlawan sejati tidak diukur dari kekuatan fisiknya, namun dari kekuatan hatinya.”

Pesan Moral Dari Tontonan Masa KecilMungkin beberapa dari kita tidak memiliki bentuk badan yang besar seperti Hercules, namun, bukan berarti hal tersebut menghalangi kita untuk menjadi seorang pahlawan. Seperti yang telah dikatakan oleh Zeus, seorang pahlawan tidak dilihat dari seberapa besar kekuatan yang dia miliki, melainkan dari seberapa besar hatinya. Jika kamu menolong seseorang yang sedang kesulitan, maka kamu sudah menjadi seorang pahlawan bagi orang tersebut, dan bahkan kamu tidak memerlukan kekuatan super untuk menolong orang tersebut. Dengan berbuat baik, maka kita sudah dapat menjadi seorang pahlawan, siapa bilang seorang pahlawan harus memiliki kekuatan super? Super sekali bukan kutipan sang dewa ini!?


5

Iroh


“Di saat terburuk, harapan adalah sesuatu yang kamu berikan untuk dirimu. Itulah arti dari kekuatan batin.”

Pesan Moral Dari Tontonan Masa Kecil

6 Hal yang Akan Terjadi Jika Live Action Idolmaster Berbentuk Drama Korea!

Audisi untuk para pemeran live action Idolmaster telah dipersiapkan. Kami sudah bisa menebak 6 hal mengejutkan ini yang akan terjadi jika anime idol terbaik Jepang ini diubah menjadi drama korea?
Baca Juga

Ada banyak perkataan bijak yang dapat kita ambil dari berbagai karakter dalam Avatar: The Legend of Aang, dan kalimat ini adalah salah satunya. Sebagai salah satu karakter paling bijak dari cerita Avatar, setiap perkataan Iroh memiliki arti tersendiri yang dapat kita jadikan sebuah pelajaran. Dalam salah satu kalimanyt, Iroh mengajarkan kita untuk terus memiliki harapan dan terus berusaha dalam situasi terburuk sekalipun. Dengan memiliki harapan, maka berbagai masalah pasti akan dapat kita temukan solusinya.

Pesan Moral Dari Tontonan Masa KecilDari berbagai pesan moral dari anime tersebut, mana menurut kalian yang paling berkesan? Di luar sana pasti masih ada berbagai pesan moral lainnya yang tidak mungkin untuk ditulis semua, dan kalian juga pasti memiliki kalimat favorit bukan? Tuliskan saja apa pesan moral dari tontonan masa kecil kalian di kolom komentar yah!

SHARE
Previous articlePapa Bravo Indonesia, Game Online FPS Terbaik untuk Hape Akhirnya Dirilis
Next articleSword of Fantasy, Game Online Berkarakter Moe, Hadir di Android dan iPhone Indonesia
Penikmat musik rock dan band-band di era 90 an. Memiliki hobi bermain game Action hingga RPG, menonton series, movie, anime, dan seorang Game Theorist. Salah satu fans berat DC dan marvel.