Inilah Makna dari Logo Hari Game Indonesia (HARGAI) yang Mewakili 4 Generasi Gamer!

 

Hari Game Indonesia - Logo

Seperti yang telah kami kabarkan sebelumnya, tanggal 8 Agustus telah ditetapkan sebagai Hari Game Indonesia (HARGAI). Mulai sekarang, setiap tanggal 8 Agustus kita akan memperingati hari di mana para gamer dan pelaku industri game Indonesia bersatu untuk menggerakkan ekosistem game tanah air menjadi lebih baik lagi.

Peringatan ini diinisiasi oleh Asosiasi Game Indonesia (AGI) dan didukung oleh Kemkominfo, Kemenperin, Bekraf, serta Google Play. Tujuan dari HARGAI adalah untuk mengapresiasi masyarakat Indonesia yang telah mendukung industri game di Indonesia selama ini. Diharapkan juga untuk meningkatkan perhatian masyarakat akan keberadaan pengembang game lokal beserta karya yang mereka buat. Sehingga pemerintah dan pelaku industri ini siap menjadi tuan di rumahnya sendiri dengan meraih pangsa pasar lokal tidak kurang dari 50% pada tahun 2020.

HARGAI sendiri memiliki sebuah logo yang ternyata memiliki makna yang cukup dalam lho. Logo HARGAI terdiri dari 4 ikon-ikon yang memiliki makna. Setiap ikon mewakili empat era dari generasi gamer di Indonesia, yaitu ular tangga, kontroler konsol, mouse, dan smartphone.

Logo Hari Game Indonesia (HARGAI)

  • Board Game. Ular tangga atau snake ladder adalah permainan tradisional yang dimainkan menggunakan papan dan pion. Ikon Permainan yang populer di kalangan masyarakat ini digunakan untuk mewakili generasi babyboomers yang rata-rata telah berusia 52 hingga 72 tahun pada tahun 2016.
  • Kontroler. Konsol adalah generasi game modern awal yang paling populer di Asia dan Indonesia pada pertengahan tahun 80-an sampai sekarang.  Ikon kontroler konsol pada logo HARGAI dipilih untuk mewakili generasi pada era ini.
  • Mouse. PC game yang booming pada tahun 2000-an tentunya menjadi fenomena dalam industri hiburan di Indonesia sekaligus membuat industri game, online maupun offline, di tanah air berkembang sangat pesat. Pada era ini pula mulai banyak pengusaha lokal yang berani terjun ke dalam bisnis penerbitan game online di PC. Ikon mouse disematkan dalam logo Hari Game Indonesia untuk mewakili generasi PC gamer.
  • Smartphone. Sebagai salah satu perangkat yang paling mutakhir dan banyak digunakan oleh banyak kalangan, smartphone merupakan ikon yang sangat cocok untuk mewakili generasi masa kini. Pengguna smartphone  dapat mengunduh berbagai game dengan mudah sejak diluncurkannya Apple App Store pada tahun 2008.

Nah, tentunya dengan ikon yang merangkul empat generasi tersebut, HARGAI ini bisa mengajak seluruh lapisan masyarakat, dari gamer hingga orang tua, untuk mulai mengenal berbagai game dari Indonesia.

Seperti yang dituturkan oleh Andi Suryanto, Ketua Umum AGI,”Kami berharap dengan terselenggaranya Hari Game Indonesia dapat menyatukan seluruh pencinta game di Indonesia dan tentunya ini adalah apresiasi kepada masyarakat Indonesia yang telah mendukung dan mendorong industri game di Indonesia. Besar harapan kami agar masyarakat Indonesia menghargai dan mencintai game-game di Indonesia.“

Bagaimana pendapatmu mengenai logo HARGAI? Yuk bagikan di kolom komentar!


SHARE
Previous articleOne Piece 833 – Pertarungan Sanji Melawan Ayahnya!
Next articlePeduli Kesehatannya, Eiichiro Oda Setuju Kopi dan Minuman Bersoda Itu “Berbahaya!”