Sejarah Game Pokemon: Dari Game Boy ke Game Boy Color (Bagian 1)

Sejarah game Pokemon ternyata kalau dilihat-lihat itu sudah berjalan panjang, lho! Yang ngaku penggemar Pokemon wajib tahu nih!

sejarah game pokemon

Sejarah game Pokemon ternyata kalau dilihat-lihat itu sudah berjalan panjang, lho! Sebelum Pokemon GO rilis pada awal Juli 2016 kemarin, serial game garapan Nintendo dan Game Freak ini sudah berjalan bersama masa kanak-kanak kita selama dua puluh tahun lamanya. Wah nggak kerasa ya!

Nah, buat kamu yang mungkin ingin bernostalgia atau terlambat main dan ingin tahu lebih lanjut, berikut adalah bagian pertama dari kumpulan sejarah game Pokemon di handheld, dimulai dari Game Boy!

Pokemon di Game Boy

Pokemon Red, Green, dan Blue (1996 – Jepang)

Game Pokemon Red dan Blue

Sebenarnya, Pokemon Red dan Green merupakan game Pokemon yang paling pertama kali keluar. Dirilis di Jepang pada 27 Februari 1996, judul inilah yang juga pertama kali memperkenalkan istilah “Generasi I” dan 151 jenis Pokemon pertama.

Di game ini, kamu bertualang di daerah bernama Kanto, yang didasari dari daerah bernama sama di Kepulauan Honsho di Jepang. Pokemon yang pertama yang bisa kamu pilih adalah Charmander, Pokemon Fire/Api yang berubah menjadi Charmeleon dan Charizard; Squirtle, Pokemon Water/Air yang berubah menjadi Wartortle dan Blastoise; serta Bulbasaur, Pokemon Grass/Daun yang berubah menjadi Ivysaur dan Venusaur.

Sementara versi Blue merupakan versi update yang awalnya hanya diberikan khusus untuk pelanggan majalah CoroCoro Comic pada 15 Oktober 1996. Dan tiga tahun kemudian, tepatnya pada 10 Oktober 1999, barulah versi Blue dirilis bebas di toko-toko.

Berbagai perbaikan bug dan glitch, pembaruan grafis serta teks-dialog, dan beberapa perbaikan lain membuat versi Pokemon Blue Jepang menjadi basis yang dipakai untuk rilis internasional Pokemon: Red dan Blue.

Pokemon Red dan Blue (1998 – Global)

Kemudian dua tahun berikutnya, pertama kali pada 28 September 1998 di Amerika Utara, Pokemon Red dan Blue akhirnya keluar untuk wilayah-wilayah di luar Jepang. Rilis bersamaan dengan serial kartunnya, demam Pokemon pun melanda seluruh dunia.

Pokemon Yellow (1998 – Jepang, 1999 – Global)

Game Pokemon Yellow

Saat dunia baru menikmati Pokemon Red dan Blue, Jepang sudah mendapatkan versi stand-alone baru lain, yakni Pokemon Yellow yang dirilis pada 12 September 1998.

Game ini dibuat mengikuti beberapa titik penting di cerita kartunnya. Misal, kamu tidak bisa memilih Squirtle, Charmander, atau Bulbasaur dan hanya bisa mendapatkan Pikachu pada awal permainan. Pertandingan Pokemon dengan anggota Team Rocket yang generik pun digantikan oleh Jessie dan James, bersama Arbok, Koffing, dan Meowth-nya. Selain beberapa perubahan kecil lainnya, cerita Pokemon Yellow tetap sama dengan game-game lainnya.

Satu tahun setelah rilis di Jepang, 18 Oktober 1999, wilayah luar Jepang pun akhirnya bisa mencicipi Pokemon versi terbaru ini. Walau dirilis menjelang akhir masa hidup Game Boy, semua judul Pokemon ini berhasil menjuarai penjualan RPG sepanjang masa.

Lanjut ke halaman 2…

TENTANG PENULIS
sidharta

Jadi penulis karena nggak bisa koding.