Jangan Ngaku Master PoGo Sebelum Kenal Game Pokemon Nintendo DS Ini!

Pembahasan sejarah panjang game Pokemon sudah mendekati akhir dan sampai pada bagian ketiga: game-game Pokemon untuk Nintendo DS!

Sejarah Game Pokemon Nintendo DS

Pembahasan kita mengenai sejarah game Pokemon sudah setengah jalan, lho. Kemarin kita sudah membahas Pokemon di era Game Boy dan kemudian masa-masa Game Boy Advance.

Sekarang kita masuk ke sejarah game Pokemon Nintendo DS! Game-nya banyak juga lho, total ada 19 game Pokemon Nintendo DS!

Pokemon Diamond dan Pearl (Jepang dan Taiwan – 2006, Global 2007)

Sejarah Game Pokemon Nintendo DS

Game Pokemon Nintendo DS yang memperkenalkan “Generasi IV” Pokemon, melalui daerah Sinnoh dan menambahkan 107 jenis Pokemon baru, di antaranya adalah Piplup, pinguin; Chimchar, monyet api; dan Turtwig, kura-kura dengan tunas di kepalanya.

Game ini rilis di Jepang dan Taiwan pada 28 September 2006, dan negara-negara lain pada tahun berikutnya, 22 April di Amerika Utara, 21 Juni di Australia, dan 27 Juli 2007 di Eropa. Sementara Korea Selatan baru mendapatkannya pada 14 Februari 2008, dan sejak seri ini, semua game Pokemon keluar resmi di Korea.

Karena Nintendo DS memiliki slot untuk game Game Boy Advance, Diamond dan Pearl memiliki fitur dimana kamu bisa menangkap Pokemon-Pokemon dari generasi sebelumnya dengan memasukkan game Game Boy Advance (seperti FireRed dan Sapphire) di bagian bawah mesin.

Nintendo juga memperkenalkan sistem trading online untuk pertama kalinya yang disebut Global Trading System, atau GTS, di judul ini.

Versi internasional dari Diamond dan Pearl merupakan game Pokemon pertama yang menggunakan huruf kapital dengan “benar””(contoh: ULTRA BALL di game-game sebelumnya menjadi Ultra Ball). Namun nama-nama Pokemon masih memakai huruf kapital.

Kalau kamu merasa pernah memainkan game Pokemon Diamond di Game Boy Color, jangan merasa heran dan bertanya-tanya kenapa Nintendo mendaur-ulang nama. Karena sebenarnya versi Diamond itu adalah versi terjemahan palsu dari serial game lain yang berjudul Keitai Denjū Telefang!

Pokemon Platinum (Jepang dan Taiwan – 2008, Global 2009)

Sejarah Game Pokemon Nintendo DS

Masih mengikuti tradisi, versi update Diamond dan Pearl ini diberi nama Pokemon Platinum, yang menampilkan Pokemon legendaris Giratina di sampulnya.

Game ini dirilis pada 13 September 2008 di Jepang dan Taiwan. Sementara daerah-daerah lain menyusul pada 2009, 22 Maret di Amerika Utara, 14 Mei di Australia, 22 Mei di Eropa, dan 2 Juli di Korea Selatan.

Selain pembaruan dan pembetulan di beberapa aspek permainan, Platinum juga memberi fitur menarik, yaitu tempat bermain mini-game bersama 20 pemain lain menggunakan koneksi Wi-Fi melalui tempat bernama Wi-Fi Plaza.

Pokemon HeartGold dan SoulSilver (2009 – Jepang, 2010 – Global)

Sejarah Game Pokemon Nintendo DS

Sejak Pokemon FireRed dan LeafGreen, Nintendo membuat tradisi lain selain versi terbaru dari dua judul terpisah, yaitu adanya versi remake game lama pada mesin handheld generasi baru. Dan di Nintendo DS, pemain Pokemon dimanjakan dengan HeartGold dan SoulSilver, versi baru Gold dan Silver yang sudah dirombak habis-habisan.

Versi terbaru Generasi II Pokemon ini dikeluarkan 12 September 2009 di Jepang dan Taiwan, 4 Februari 2010 di Korea, 14 Maret 2010 di Amerika Utara, 25 Maret 2010 di Australia dan 26 Maret di Eropa (mengesampingkan Belanda, Luxembourg, dan Belgia karena adanya masalah data, dan kopi yang sudah diperbaiki baru rilis 2 April 2010).

Versi ini memberikan beragam fitur dan perbaikan yang tidak ada pada game aslinya, dan juga mengembalikan fitur yang hanya muncul sekali di Pokemon Yellow dan ditemui pada tempat khusus saja di Pokemon Diamond, Pearl, dan Platinum, yaitu Pokemon yang mengekori kita selama permainan.

Pokemon Black dan White (2010 – Jepang, Taiwan, Hong Kong – 2011, Global)

Sejarah Game Pokemon Nintendo DS

Pokemon beralih ke “Generasi V” ditandai dengan rilisnya Pokemon Black dan White pada 18 September 2010 di Jepang, Taiwan, dan Hong Kong.

Daerah lain baru kebagian pada 2011, tepatnya 6 Maret di Amerika Utara, 4 Maret Eropa, 10 Maret Australia, dan 21 April Korea Selatan.

Generasi baru ini meningkatkan lagi jumlah total jenis Pokemon menjadi 649 macam, dengan menambahkan 156 Pokemon baru.

Bertualang di negeri Unova, pemain akan ditemani salah satu dari 3 Pokemon: Oshawott, berang-berang biru; Tepig, babi bercorak oranye-hitam; dan Snivy, si ular hijau, dalam melengkapi PokeDex dan melawan organisasi jahat Team Plasma.

Black dan White memperkenalkan beragam fitur online baru dengan Global Link dan Dream World-nya, di mana pemain tidak hanya bisa bertukar dan bertanding Pokemon saja, tetapi juga mendapat item dan berinteraksi dengan cara lain.

Sementara, fitur offline yang paling signifikan adalah adanya Season/Musim (Semi, Panas, Dingin, dan Gugur), yang mempengaruhi tampilan lokasi dan bahkan wujud Pokemon Deerling dan Sawsbuck.

Game Pokemon Nintendo DS ini juga merupakan game Pokemon pertama yang memiliki sekuel langsung: Black 2 dan White 2.

Lanjut ke halaman 2…

TENTANG PENULIS
sidharta

Jadi penulis karena nggak bisa koding.