Alfred menjadi Batman di Komik Batman Volume Lima!

Di komik Batman volume terbaru, Alfred menjelma jadi Batman! Kok bisa?

SPOILER ALERT!!

Alfred menjadi Batman - Cover

Selama ini, Alfred hanya terkenal sebagai pelayan Batman. Tapi ternyata di Batman #5 Alfred menjadi Batman! Kok bisa? Untuk apa?

Untuk memahami segala sesuatu di balik Alfred menjadi Batman ini, kamu juga harus memahami apa yang terjadi sebelumnya. Awas, ini cukup mengandung spoiler.

Sejak nomor perdana dari komik Batman di lini DC Universe Rebirth, kota Gotham kedatangan dua pahlawan baru: Gotham dan Gotham Girl. Batas kekuatan mereka belum ditunjukkan, awalnya. Yang jelas level kekuatan mereka lebih menyerupai Superman ketimbang Batman dan rekan-rekannya, yang hanya manusia dengan perlengkapan canggih dan kemampuan bertarung prima.

Di volume terakhir, kondisi mental Gotham terganggu. Dia bertekad untuk menghancurkan kota yang memiliki nama sama dengan sandinya. Mustahil Bruce Wayne dapat mengejar Gotham tepat waktu. Pasti akan ada korban yang jatuh.

Tapi ternyata Bruce Wayne masih memiliki senjata rahasia.

Alfred menjadi Batman - 01


CONTINUE READING BELOW

Diluar Dugaan, Batman: The Telltale Series Ternyata Dibenci Oleh Para Pemainnya!

Siapa yang menyangka kalau game buatan Telltale ternyata dibenci oleh para pemainnya? Apa yang membuat Batman: The Telltale Series menajadi seperti ini?


Ya, Alfred sang pelayan meluncur dalam kostum Batman, mengendarai Batmobile, siap menghantam Gotham! Alfred menjadi Batman untuk memberi waktu bagi Bruce Wayne, sekaligus mengalihkan perhatian cukup lama bagi penduduk sekitar untuk mengevakuasi diri.

Entah apakah rencana ini sudah disusun bersama Bruce Wayne dan Alfred, atau sekedar improvisasi iseng sang pelayan karena kondisi mental Gotham sedang terganggu. Yang jelas dalam penampilannya yang sebentar ini, Bat-Alfred sempat mengatakan “I am Batman,” menyakiti Gotham, mengenakan kostum Batman, dan mengendarai salah satu kendaraan ikonik Batman. Benar-benar momen yang tak bisa dilewatkan.

Secara keseluruhan, Batman #5 ini benar-benar seru. Pertarungan Batman dengan Gotham sangat menarik, terutama melihat semua trik yang digunakan Batman untuk mencoba melumpuhkan lawannya. Lalu ada juga momen tak terduga ini, yang sangat mengejutkan karena biasanya Batman tidak pernah meminta bantuan untuk masalah yang terjadi di kotanya.

Justice League - Batman

Penutup konflik Gotham Vs Batman ini mungkin terasa ngaco, melihat Gotham meningkatkan kekuatannya hingga mampu melawan seluruh Justice League sekaligus. Resolusinya pun mungkin terasa agak mendadak. Namun itu tidak menutupi kualitas aksi yang disajikan penulis Tom King, juga pembangunan konflik yang baik dalam lima volume dengan halaman yang relatif tipis.

Batman #5 ditutup dengan kata-kata misterius Gotham Girl, yang menandakan nasib buruk bagi Batman di volume mendatang. Dengan kata-kata tersebut, dan juga Psycho Pirate serta Hugo Strange yang belum ditangani, story arc baru setelah ini tampaknya juga akan menarik.

Semoga dengan berakhirnya konflik Gotham ini Batman mulai bisa melanjutkan plot pin Rorschach dari Watchmen yang ia temukan di edisi prolog DC Universe Rebirth. Itu adalah plot yang sudah lama membuat fan penasaran. Apa lagi mengingat Batman satu-satunya yang bisa menelusuri jejak di balik tokoh yang mengubah dunia DC.

Share this article

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.