Xperia X Compact, Solusi Murah Xperia XZ, Lengkap dengan Teknologi Kamera Profesional

Harga Xperia X Compact

Event IFA atau Internationale Funkausstellung Berlin (Pameran Radio Internasional) merupakan salah satu pameran industri tertua di Jerman. Mulai tahun 2005, event yang diadakan sejak tahun 1924 ini rutin diadakan tahunan, setiap awal September, dengan tahun 2015 lalu mencatatkan diri sebagai pameran teknologi elektronik terbesar di Eropa. Dan tahun 2016 ini, IFA 2016 berlangsung mulai tanggal 4 – 7 September 2016 mendatang. Vendor smartphone besar dunia sudah ancang-ancang mengumumkan produk baru mereka selama IFA 2016. Salah satunya, Sony Mobile, yang membawa dua keluarga baru Xperia X. Kami sudah mengulas varian teratas Xperia X, yaitu Xperia XZ dalam artikel sebelumnya. Dan jika mengikuti kebiasaan Sony Mobile menawarkan versi ekonomisnya yang lebih kompak, pasti kurang jika tidak ada Xperia X Compact yang mengiringi. Jika Xperia XZ unggul fitur kameranya, bagaimana dengan Xperia X Compact ini?

Xperia-X-Compact-14

Spec Kameranya Paling Gahar! Sony Xperia XZ Ini Bisa Buat Kalian Lupa DSLR Itu Ada!

Sony hanya butuh 6 bulan untuk mengeluarkan flagship baru, setelah Xperia X Performance. Dengan Xperia XZ, peningkatan spec kameranya paling greget. Kalian pasti lupa deh ribetnya bawa-bawa tas berisi perlengkapan DSLR.
Baca Juga

Mengacu pada namanya, seharusnya Xperia X Compact mengajukan fitur yang sama seperti kakaknya yang lebih besar, namun dengan dimensi tubuh yang lebih mungil. Hanya saja karena selama ini versi “kompak” ini ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau, Sony Mobile tetap perlu melakukan penyesuaian fitur.

Meet the new Xperia X Compact

Ini yang Beda Dibandingkan Xperia XZ!

Mulai pada sisi layar, menyesuikan identitas kompak, dimensinya menjadi 4.6-inchi saja kali ini. Dan ini bagian untuk menekan harga, resolusinya hanya HD 720p saja. Namun kombinasi keduanya masih menghasilkan kerapatan pixel 319-ppi, di atas kualitas Retina yang sepertinya menjadi standarnya Apple. Dibandingkan Xperia XZ yang resolusinya 1080p, logikanya kalian hanya mendapatkan 2/3 resolusinya, dan seharusnya, akan susah membedakan kerapatan pixelnya ketika dilihat dengan mata telanjang. Prosesornya pun harus turun kasta, meskipun levelnya kini tetap masih sangat kencang untuk pengoperasian standar, sampai bermain game berat.

Xperia-X-Compact-1

Bingung Pilih Xperia Terbaru? Nih, Perbandingan Komplit Tiga Keluarga Xperia X

Hanya Sony yang jago membuat Android anti air dengan desain yang cantik dan seksi! Jangan salah pilih, nih detail komplit perbandingan ketiga keluarga Xperia X! Coba tebak, mana yang bisa diajak mandi bareng?
Baca Juga

Ya, Qualcomm Snapdragon 650 yang melengkapi spesifikasi Xperia X Compact ini termasuk sudah teruji kemampuannya. Sejuah ini Xiaomi Redmi Note 3 Pro, Xiaomi MiMax, dan Sony Xperia X yang sudah dijual beberapa waktu lalu menggunakannya. Jika kalian berpatokan pada hasil benchmark, chipset Snapdragon 650 dengan prosesor Hexa-core (1.8 GHz dual-core Cortex-A72 and 1.4 GHz quad-core Cortex-A53) serta GPU Adreno 510 mampu memberikan poin AnTuTu lebih dari 70 ribuan (atau, sekitar setengah dari angka yang mamou dihasilkan Snapdragon 820 dalam Xperia XZ dalam uji benchmark AnTuTu).

Xperia-X-Compact-2

Melengkapi chipset kelas menengah tersebut, dipadukanlah memory RAM 3 GB dan juga internal storage 32 GB yang bisa diperbesar hingga kapasitas 256GB. Kapasitas baterainya juga masih cukup tinggi, 2,700 mAh, hanya turun 200-mAh dari Xperia XZ, atau bahkan setara dengan Xperia X Performance, flagship Sony Mobile yang “dihabisi” terlalu dini dan perannya digantikan oleh Xperia XZ. Oh ya, ada tiga perbedaan lainnya, Xperia X Compact hanya ditawarkan dalam varian single nano SIM saja, tidak ada yang dual SIM, kemudian tidak ada fasilitas anti air di sini, serta material casingnya bukanlah metal.

Xperia-X-Compact-11

Dan Ini Fitur Flagship yang Masih Kalian Dapatkan

Mereka yang familiar dengan desain Nokia, atau, baru-baru ini Microsoft dalam mendesain lini smartphone-nya, bakal merasa Loop Surface-nya Xperia XZ itu serupa. Memang sederhana, bahkan cenderung mengotak. Bagi yang tidak terlalu memusingkan lekuk tubuh sebuah smartphone, Loop Surface ini justru menarik. Logikanya juga menambah kenyamanan selama menggenggamnya, mengingat jika ditarik garis dari sisi atas kesamping, kemudian bawah dan kembali ke atas, dengan bagian pinggirnya mengkurva dengan halus, semuanya menyatu. Kesan mengotaknya terlihat karena sisi atas dan bawa Xperia X Compact dan Xperia XZ yang seakan teriris, dan datar. Meskipun kami belum mencobanya langsung, namun seharusnya kalian bisa membuat Xperia X Compact ini berdiri pada sisi atas ata bawahnya.

Xperia-X-Compact-10

7 Fitur Spesifikasi Sony Xperia X Ini Sudah Cukup untuk Hancurkan Galaxy S7 dan G5

Sony ga perlu sampai ajukan Xperia Z6 untuk "membalas" Galaxy S7. Cukup dengan pion sekelas Sony Xperia X ini saja, sudah cukup untuk membungkam fanboy Samsung yang merasa bangga karena Galaxy S7 dapatkan fitur anti air!
Baca Juga

Jika kalian ga peduli desainnya, bagaimana dengan fitur kameranya yang diklaim Sony Mobile mampu membuat hasil foto tanpa blur di kondiri ruangan minim cahaya? Ya, fitur dan teknologi kamera Xperia XZ yang jamak ditemukan di kamera pro DSLR tersebut diboyong semua ke dalam tubuhnya yang kompak ini. Mulai ukuran sensor kamera 1/2.3-inch 23-megapixel Exmor RS, yang didukung prosesor gambar khusus Bionz yang dikenal eksis di jajaran kamera digitalnya Sony, bahkan ada lensa Sony G Lens di sini.

Lanjut ke halaman 2… untuk detail spesifikasi dan harga Xperia X Compact, serta video demo fitur barunya.

1
2

SHARE
Previous articleOne Piece 838: Apakah Pertempuran Luffy Vs Cracker Berakhir di Sini?
Next articlePertempuran Justice League Vs Suicide Squad Pecah Mulai Desember!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.