Xperia X Compact, Solusi Murah Xperia XZ, Lengkap dengan Teknologi Kamera Profesional

Buat yang males ribet foto sana-sini menggunakan kamera digital, atau bahkan DLSR (yang mustahil muat di kantong celana), Xperia X Compact menawarkan solusi kompak smartphone dengan spec kamera tertinggi di kelasnya.

Xperia X Compact, Solusi Murah Xperia XZ, Lengkap dengan Teknologi Kamera Profesional

Xperia X Compact, Solusi Murah Xperia XZ, Lengkap dengan Teknologi Kamera Profesional

Event Xperia X Compact, Solusi Murah Xperia XZ, Lengkap dengan Teknologi Kamera Profesional

[read_more id="265997"]

Mengacu pada namanya, seharusnya Xperia X Compact mengajukan fitur yang sama seperti kakaknya yang lebih besar, namun dengan dimensi tubuh yang lebih mungil. Hanya saja karena selama ini versi "kompak" ini ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau, Sony Mobile tetap perlu melakukan penyesuaian fitur.

Meet the new Xperia X Compact

[page_break no="" title="Ini yang Beda Dibandingkan Xperia XZ!"]

Mulai pada sisi layar, menyesuikan identitas kompak, dimensinya menjadi 4.6-inchi saja kali ini. Dan ini bagian untuk menekan harga, resolusinya hanya HD 720p saja. Namun kombinasi keduanya masih menghasilkan kerapatan pixel 319-ppi, di atas kualitas Retina yang sepertinya menjadi standarnya Apple. Dibandingkan Xperia XZ yang resolusinya 1080p, logikanya kalian hanya mendapatkan 2/3 resolusinya, dan seharusnya, akan susah membedakan kerapatan pixelnya ketika dilihat dengan mata telanjang. Prosesornya pun harus turun kasta, meskipun levelnya kini tetap masih sangat kencang untuk pengoperasian standar, sampai bermain game berat.

Xperia X Compact, Solusi Murah Xperia XZ, Lengkap dengan Teknologi Kamera Profesional

[read_more id="242191"]

Ya, Qualcomm Snapdragon 650 yang melengkapi spesifikasi Xperia X Compact ini termasuk sudah teruji kemampuannya. Sejuah ini Xiaomi Redmi Note 3 Pro, Xiaomi MiMax, dan Sony Xperia X yang sudah dijual beberapa waktu lalu menggunakannya. Jika kalian berpatokan pada hasil benchmark, chipset Snapdragon 650 dengan prosesor Hexa-core (1.8 GHz dual-core Cortex-A72 and 1.4 GHz quad-core Cortex-A53) serta GPU Adreno 510 mampu memberikan poin AnTuTu lebih dari 70 ribuan (atau, sekitar setengah dari angka yang mamou dihasilkan Snapdragon 820 dalam Xperia XZ dalam uji benchmark AnTuTu).

Xperia X Compact, Solusi Murah Xperia XZ, Lengkap dengan Teknologi Kamera Profesional

Melengkapi chipset kelas menengah tersebut, dipadukanlah memory RAM 3 GB dan juga internal storage 32 GB yang bisa diperbesar hingga kapasitas 256GB. Kapasitas baterainya juga masih cukup tinggi, 2,700 mAh, hanya turun 200-mAh dari Xperia XZ, atau bahkan setara dengan Xperia X Performance, flagship Sony Mobile yang "dihabisi" terlalu dini dan perannya digantikan oleh Xperia XZ. Oh ya, ada tiga perbedaan lainnya, Xperia X Compact hanya ditawarkan dalam varian single nano SIM saja, tidak ada yang dual SIM, kemudian tidak ada fasilitas anti air di sini, serta material casingnya bukanlah metal.

Xperia X Compact, Solusi Murah Xperia XZ, Lengkap dengan Teknologi Kamera Profesional

[page_break no="" title="Dan Ini Fitur Flagship yang Masih Kalian Dapatkan"]

Mereka yang familiar dengan desain Nokia, atau, baru-baru ini Microsoft dalam mendesain lini smartphone-nya, bakal merasa Loop Surface-nya Xperia XZ itu serupa. Memang sederhana, bahkan cenderung mengotak. Bagi yang tidak terlalu memusingkan lekuk tubuh sebuah smartphone, Loop Surface ini justru menarik. Logikanya juga menambah kenyamanan selama menggenggamnya, mengingat jika ditarik garis dari sisi atas kesamping, kemudian bawah dan kembali ke atas, dengan bagian pinggirnya mengkurva dengan halus, semuanya menyatu. Kesan mengotaknya terlihat karena sisi atas dan bawa Xperia X Compact dan Xperia XZ yang seakan teriris, dan datar. Meskipun kami belum mencobanya langsung, namun seharusnya kalian bisa membuat Xperia X Compact ini berdiri pada sisi atas ata bawahnya.

Xperia X Compact, Solusi Murah Xperia XZ, Lengkap dengan Teknologi Kamera Profesional

[read_more id="242077"]

Jika kalian ga peduli desainnya, bagaimana dengan fitur kameranya yang diklaim Sony Mobile mampu membuat hasil foto tanpa blur di kondiri ruangan minim cahaya? Ya, fitur dan teknologi kamera Xperia XZ yang jamak ditemukan di kamera pro DSLR tersebut diboyong semua ke dalam tubuhnya yang kompak ini. Mulai ukuran sensor kamera 1/2.3-inch 23-megapixel Exmor RS, yang didukung prosesor gambar khusus Bionz yang dikenal eksis di jajaran kamera digitalnya Sony, bahkan ada lensa Sony G Lens di sini.

Lanjut ke halaman 2... untuk detail spesifikasi dan harga Xperia X Compact, serta video demo fitur barunya.

Xperia X Compact, Solusi Murah Xperia XZ, Lengkap dengan Teknologi Kamera Profesional

Sensor untuk mendukung fokusnya juga lengkap. Selain Predictive Hybrid Autofocus (semacam phase-detection autofocus) yang pertama kali dikenalkan di jajaran Xperia X, kini juga ada fokus Laser AF serta juga sensor infra merah RGB untuk pengenalan warna lebih akurat. Pengguna LG G4 seharusnya sudah familiar dengan beberapa metode fokus tersebut.

Xperia X Compact, Solusi Murah Xperia XZ, Lengkap dengan Teknologi Kamera Profesional

Last but not least, semua aplikasi pendukung seperti pada Xperia XZ juga kalian temukan di sini, seperti Battery Care dan Smart Cleaner. Kalian bisa melihat demo beberapa fitur unggulan flagship Sony Mobile tersebut melalui video di bawah:

The new Xperia camera – capturing true colours

The new Xperia camera – capture without blur

The new Xperia – your tailored Xperia tips

The new Xperia – introducing Smart cleaner

The new Xperia – battery that lasts even longer

Sama seperti Xperia XZ, belum ada kepastian dari Sony kapan dan berapa harga Xperia X Compact ini ketika mulai dijual pada 23 September 2016 mendatang.

[read_more id="252689"]

Spesifikasi Xperia XZ

  • Chipset: 64-bit Qualcomm MSM8956 Snapdragon 650 Hexa-core (4x1.4 GHz Cortex-A53 & 2x1.8 GHz Cortex-A72)
  • GPU: Adreno 510
  • Layar: 4.6-inchi IPS (720 x 1280-pixel / 319ppi), berpelindung scratch resistant glass, dengan dukungan teknologi Triluminos dan X-Reality Engine
  • Memory: 3GB LPDDR3 RAM
  • Storage: 32GB plus slot micro SD, mendukung kapasitas hingga 256 GB
  • Kamera utama: 23-megapizel, bukaan lensa f/2.0, dimensi lensa 24mm, ukuran sensor 1/2.3″, phase detection autofocus, laser autofocus, single LED flash, merekam video pada kualitas maksimal 1080p@30fps
  • Kamera depan: 5-megapixel, autofocus dengan bukaan lensa f/2.0, dimensi lensa, 22mm, ukuran sensor 1/3″, merekam video pada kualitas 1080p@30fps
  • Baterai: 2,700mAh (non-removeable), mendukung fast charging
  • OS: Android 6.0 Marshmallow, dipastikan mendapatkan update ke Android 7.0 Nougat
  • Dimensi: 129 x 65 x 9.5 mm

  • Berat: 135gram
  • Jaringan: LTE Cat 9 / 3G / 2G (Dual nano SIM)
  • Konektivitas: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac (dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot), USB Type-C, mendukung USB Host dan USB OTG / Bluetooth 4.2 (A2DP, aptX, LE) / NFC / A-GPS dengan dukungan GLONASS dan Beidou (tergantung wilayah)
  • Sensor: Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, barometer, compass
  • Audio: Stereo Speaker, headset mendukung audio Hi-Fi, tidak ada Radio FM
  • Warna: White, Universe Black, Mist Blue

[gallery td_select_gallery_slide="slide" ids="266080,266079,266078,266077,266076,266081,266072,266075,266087,266088,266089"]

Sumber: Sony Mobile, X Compact Product Page

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU