Selain Murah, Ini 5 Keunggulan dan Spesifikasi Samsung Z2 yang Perlu Kalian Ketahui

Spesifikasi Samsung Z2

Akhir Agustus 2016 lalu Samsung meluncurkan smartphone baru mereka di India, yaitu Samsung Z2. Jika biasanya Samsung dikenal dengan brand Galaxy ber-OS Android, maka untuk yang satu ini mereka menggunakan OS racikannya sendiri, yang disebut Tizen. Selain India, Samsung Z2 juga sudah dijual resmi di Afrika Selatan dan Nepal. Setelah awal pekan ini Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Indonesia menerbitkan sertifikasinya, Samsung pun resmi meluncurkan Samsung Z2 ini di Indonesia. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau, untuk ukuran Samsung, yaitu  Rp899,000.

Spesifikasi Samsung Z2

Dengan harga di bawah Rp1 jutaan, meskipun bukan Android, kami yakin spesifikasi Samsung Z2 mampu bersaing dengan smartphone lainnya, terutama yang selama ini menjual jargon koneksi 4G LTE dengan harga terjangkau. Mengingat apa yang diunggulkan Samsung Z2 tidak lain adalah kemampuan berselancar di jalur 4G, dan bahkan mendukung komunikasi suara VoLTE yang terkenal sangat jernih, dan murah tentunya, jika kalian memiliki paket data 4G LTE yang berlimpah.

spesifikasi-samsung-z2-10

Android Kedatangan Rival Baru, Samsung Z Menyapa Dengan Bahasa Tizen

Samsung mengumumkan smartphone pertama mereka yang mengoperasikan Tizen, OS open-source baru yang mereka kembangkan. Menjadi wakil Tizen mobile kedua setelah Gear 2, bagaimana performa Samsung Z ini?
Baca Juga

Karena begitu affordable dan value-for-money yang tinggi, tidak salah juga jika kami menyebut spesifikasi Samsung Z2 ini mampu merusak pasar. Khususnya, Android Rp1 jutaan yang selama ini bergantung pada pasar yang membutuhkan akses 4G LTE dengan harga terjangkau. Samsung Z2 sendiri ditujukan untuk pasar anak muda, dan juga mereka para orang tua yang sebelumnya ga bisa lepas dari feature phone, namun ingin upgrade ke smartphone untuk pertama kalinya biar ga disebut gaptek. Seperti yang jelas tergambar melalui iklan videonya berikut ini:

Samsung Z2: Smartphone Tizen Pertama di Indonesia

Apa saja sebenarnya keunggulan spesifikasi Samsung Z2 ini?
1

Merk Samsung, Made in Indonesia

Ini yang harus dinomorsatukan. Samsung Z2 memang diproduksi di Indonesia. Samsung Z2 secara domestik diproduksi di Indonesia. Lebih tepatnya, dirakit di Jakarta. Awal tahun ini Samsung membuka pabrik perakitan untuk menghasilkan smartphone murah untuk pasar domestik, sehingga perangkat Z2 bertenaga Tizen dengan harga yang terjangkau menjadi yang pertama diproduksi di sana. Dibandingkan smartphone Galaxy Samsung termurah ber-OS Android, Galaxy J1 Mini Duos, harga Samsung Z2 ini tetap lebih murah.

Tizen Phone: Samsung Z2, Samsung Z3 and Samsung Z1

spesifikasi-samsung-z2-3

2

Spesifikasinya Ga Malu-maluin

Walaupun murah, namun spesifikasi Samsung Z2 termasuk sangat memadai. Terutama ketika kita melihatnya dari sudut pandang OS yang digunakan. Tizen tidak terlalu menuntut kebutuhan hardware tinggi seperti Android. Sehingga dengan spesifikasi yang ditawarkan pun sudah terasa cepat minim lag. Samsung Z2 sendiri menggunakan mesin Spreadtrum SC9830 dengan empat inti prosesor 1.5GHz. Prosesor ARM Cortex-A7 yang diproduksi dengan proses 28 nm ini berada setingkat di atas Spreadtrum SC8830 pada Galaxy Ji Mini, atau sama persis dengan yang digunakan Samsung pada Galaxy J2, yang mana harganya sendiri masih 2x lebih mahal dibandingkan harga Samsung Z2. Silikon ini dikonfigurasikan dengan GPU Mali-400MP2 (memiliki dua core), RAM 1GB dan internal storage 8GB.

spesifikasi-samsung-z2-4

Samsung Galaxy J1, Mau Jadi Jagoan Ini-Itu Ga’ Perlu Mahal

Harga Samsung Galaxy J1 mini, Mau Jadi Jagoan Ini-Itu Ga' Perlu Mahal, cara root Galaxy J1 mini root guide, benchmark Galaxy J1, spesifikasi Galaxy J1 mini
Baca Juga
3

Ini Sodara Jauhnya Galaxy J1 Mini

Sisa spesifikasinya sebelas dua belas dengan Galaxy J1 Mini. Seperti kamera utama 5-megapixel dengan bukaan lensa f/2.2 yang dilengkapi lampu flash LED, kamera selfie berkualitas VGA dengan bukaan lensa f/2.4, layar TFT dengan luas 4.0-inchi beresolusi VGA 480 x 800 pixel dan kerapatan 233-ppi, OS Tizen terbaru v2.4, ada dua slot kartu SIM plus slot micro SD (bukan hybrid) yang mendukung kapasitas hingga 128GB, ada radio FM, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.0, GPS dengan dukungan satelit GLONASS, micro USB v2.0, kapasitas baterai 1500-mAh, dan bahkan beberapa aplikasi unggulan Samsung Galaxy juga disematkan di sini. Seperti, mode Ultra Power Saving, Ultra Data Saving (yang diklaim mampu menghemat hingga 40 persen penggunaan data) hingga mode S Bike untuk yang pengen menyandingkan Samsung Z2 dengan smartwatch Samsung dan menggunakannya untuk memantau aktivitas olahraga.

spesifikasi-samsung-z2-15

MWC 2014: Samsung Membuang “Galaxy” Untuk Gear 2, Smartwatch Keduanya Ini Gunakan Tizen

Penerus smartwatch Galaxy Gear kini disebut sebagai Gear 2 dan Gear 2 Neo. Keduanya hadir dipromosikan sebagai pendamping flagship Galaxy S5.
Baca Juga
4

OS Tizen, Senjata Kedua Samsung Setelah Android

Ketika Samsung mengkonfirmasikan jajaran smartwatch Samsung Gear 2, yang ternyata membuang kata “Galaxy” sebagai identitas OS Android, Samsung sekaligus menggunakan jam tangan cerdas tersebut untuk menunjukkan jika platform sistem operasi yang sudah lama mereka kembangkan, yaitu Tizen, disiapkan bukan sekadar untuk menggerakkan smartphone dan tablet saja. Namun Tizen yang seperti Android berbasis Linux dan dikembangkan secara open source ini juga berjalan dengan baik untuk perangkat wearable device, pusat hiburan dalam kendaraan, televisi, laptop dan bahkan kamera digital.

spesifikasi-samsung-z2-12

Sejak awal Samsung ingin platform tersebut juga akan menjadi urat nadi untuk produk elektronik mereka ke depannya, dan Gear 2 dianggap menjadi titik awal yang baik mengenalkan Tizen ke dunia (meskipun sebelumnya sudah ada beberapa perangkat lainnya yang beroperasi menggunakan Tizen), yang kemudian dilanjutkan dengan smartphone pertama yang beroperasi menggunakan Tizen, yaitu Samsung Z yang sudah dijual sejak tahun 2015 lalu.

Unboxing Samsung Z2 Tizen Smartphone

Lanjut ke halaman 2… untuk mengenal Tizen!

1
2

SHARE
Previous articleFase Pra Registrasi Asphalt Extreme Dimulai, Saatnya Balapan Off Road di Handphone!
Next articleMekanika Dota 2: Pengertian Stacking dan Cara Melakukannya
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.