5 Fitur Paling WOW dari Google Pixel, Android Pertama yang Punya “Asisten Pribadi”

Google Pixel

Melalui event #MadeByGoogle yang digelar kemarin oleh Google, mereka resmi mengkonfirmasikan keluarga baru lini produk Pixel mereka, yang selama ini dikenal melalui tablet Pixel C dan laptop Chromebook Pixel — walaupun anehnya, untuk smartphone ini tidak menjalankan Chrome OS seperti Pixel lainnya tersebut. Dua smartphone Google Pixel hadir menambah portofolio perangkat keras dengan brand Google. Kalian bisa melihat kembali keseluruhan presentasi Google Pixel tersebut melalui video di bawah:

#madebygoogle

google-pixel-2

Meskipun belum jelas apakah Google Pixel bakal menggantikan posisi Nexus, namun banyak yang memperkirakan hal tersebut akan terjadi (atau mungkin hanya untuk tahun ini saja), mengingat harga yang dipatok Google untuk smartphone Pixel mereka ternyata masuk ke kelas premium. Google Pixel dijual mulai harga Rp8.5 jutaan, dan bisa dipesan mulai 13 Oktober 2016 nanti. Terlepas dari harganya, ada banyak hal yang membuat Google Pixel yang diproduksi oleh HTC Corporation ini menarik, dan di bawah kami bahas beberapa diantaranya.

Introducing Pixel, Phone by Google

Spesifikasi Google Pixel

• Operating System: Android 7.1 Nougat
• CPU: Qualcomm Snapdragon 821
• RAM: 4 GB
• Storage: 32 or 128 GB
• Display: 5.0-inch, Full HD
• Main Camera: 12.3 MP, f/2.0,1.55 um pixels, PDAF, Laser AF,
• Secondary Camera: 8 MP, f/2.4, 1.4 um pixels
• Battery: 2,770 mAh

google-pixel-16

Spesifikasi Google Pixel XL

• Operating System: Android 7.1 Nougat
• CPU: Qualcomm Snapdragon 821
• RAM: 4 GB
• Storage: 32 or 128 GB
• Display: 5.5-inch, Quad HD
• Main Camera: 12.3 MP, f/2.0,1.55 um pixels, PDAF, Laser AF,
• Secondary Camera: 8 MP, f/2.4, 1.4 um pixels
• Battery: 3,450 mAh

USB-C Dalam Chromebook Pixel Terbaru Google Adalah Masa Depan Android

USB-C USB Type-C Dalam Chromebook Pixel Terbaru Google Adalah Masa Depan Android. USB-C untuk smartphone dan tablet Android. Kabel USB-C dijual bebas.
Baca Juga
1

Menggunakan Mesin Terbaru dan Terkencang

Bersama Asus ZenFone 3 Deluxe dan Xiaomi Mi 5s, spesifikasi Google Pixel dan Google Pixel XL bakal menjadi yang terbaik di akhir tahun ini. Keduanya menggunakan chipset tergahar dari Qualcomm, Snapdragon 821. Prosesornya sendiri memiliki kode nama sama seperti Snapdragon 820, yaitu MSM8996, namun dengan tambahan identitas “Pro.” Namun anehnya, walaupun spesifikasi resmi Google jelas menuliskan Snapdragon 821, hanya saja yang kecepatan prosesornya masih Snapdragon 820, yaitu 2x 2.15 GHz dan 2x 1.59 (quad-core) saja. Seharusnya, membedakan Qualcomm MSM8996 Pro dengan Snapdragon 820 atau MSM8996 adalah kecepatan prosesornya, yang terdongkrak signifikan menjadi 2.34 + 2.19 GHz.

google-pixel-7

Sedangkan kecepatan GPU Adreno 530-nya sendiri sudah mendekati versi Pro, pada 624 MHz. Google juga mendukungnya dengan memory RAM lega 4GB dari jenis LPDDR4 yang cepat (dan sepertinya sangat berlebihan untuk sebuah smartphone yang menjalankan OS stock Android). Untuk pilihan storage-nya, lupakan mimpi buruk keterbatasan penyimpanan, karena varian terendahnya sudah menyediakan opsi storage 32GB, dan yang tertinggi, 128GB.

Google Nexus 6 Seperti Permen Lollipop Raksasa Dengan Nilai 8 Jutaan!

Kami tidak pernah membayangkan sebuah Nexus bisa semahal ini!!
Baca Juga
2

Melanjutkan Estafet Nexus 6, Layarnya AMOLED

Banyak yang menyambut baik langkah Google memberikan material layar AMOLED untuk Motorola Nexus 6 dan Huawei Nexus 6p. Tipikal layar jenis ini dikenal memiliki tingkat kontras yang tinggi, warna hitam yang begitu dalam, bisa lebih hemat baterai (dengan catatan lebih banyak warna hitam di latar belakang, karena warna hitam AMOLED tidak membutuhkan bantuan backlight), serta masih sangat nyaman dilihat layarnya dan digunakan di luar ruangan karena tingkat kontras yang tinggi masih mampu melawan paparan cahaya matahari.

google-pixel-6

Untuk resolusinya, karena memang salah satu fokusnya adalah platform virtual reality, Google perlu memberikan resolusi layar yang lebar agar kedua mata kalian bisa menikmati kontennya dengan jelas. Yang lebih kecil, Google Pixel mendapatkan dimensi layar 5-inchi (diagonalnya 130 mm) dengan resolusi Full HD. Hasilnya, kepadatan mencapai 441ppi. Kemudian untuk Google Pixel XL yang lebih besar, dimensinya 5.5 inchi (diagonalnya 140 mm), dengan resolusi Quad HD yang menghasilkan kepadatan 534ppi. Kedua layar dan resolusinya tersebut sudah siap untuk menampilkan konten virtual reality, yang memang akan membagi kedua layarnya menjadi dua tampilan yang sama.

google-pixel-19 google-pixel-18

Huawei Nexus 6P, Android Marshmallow Paling Gahar dari Google

Huawei Nexus 6P, Android Marshmallow Paling Gahar dari Google, Spesifikasi Nexus 6P, video Nexus 6P, cara root Nexus 6P, benchmark Nexus 6P
Baca Juga
3

Langsung dengan Android 7.1 Nougat

Kedua Google Pixel ini mungkin bukan smartphone Android pertama yang menjalankan Android 7.0 Nougat (sudah diklaim oleh LG V20), namun justru menjadi dua smartphone pertama yang menjalankan Android 7.1 Nougat, versi upgrade minor dari Android 7.0. Apa yang menarik dari versi baru ini adalah terintegrasi dengan Google Assistant, dengan dukungan layanan teknis langsung yang dibenamkan ke dalam OS-nya. Seperti jajaran Nexus sebelumnya, kedua Google Pixel juga akan menerima pembaruan langsung dari Google. Kedua Google Pixel juga mendukung platform virtual reality Google Daydream, serta mendapatkan opsi unggah foto pada resolusi aslinya ke dalam layanan cloud storage Google Photos.

google-pixel-8

Seperti Nexus, semua aplikasi yang kalian temukan di sini dikembangkan Google. Seperti dengan dimasukkannya Duo dan Allo, dua aplikasi tambahan yang mungkin akan jarang kalian temukan sebagai standar smartphone lainnya. Keduanya menggantikan Hangouts untuk melakukan video chat dan messaging. Google Daydream sendiri merupakan penerus Google Cardboard. Melalui Android 7.0 Nougat Google mengintegrasikan Daydream, atau, sebelumnya dikenal sebagai Android VR, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik ketika menyajikan konten virtual reality.

google-pixel-13

Google juga akan menjual headset mereka sendiri mulai November 2016 nanti, yang disebut dengan Daydream View seperti terlihat pada gambar di atas, yang secara kualitas bahan (menggunakan bahan berlapis kain) jauh lebih baik dari Google Cardboard. Daydream View memadukan fungsi berbagai sensor dalam smartphone, prosesor, layar resolusi tinggi, dan juga ada kontroler khusus, sehingga kalian ga perlu lagi meraba-raba layar hanya untuk membuat pilihan. Demikian kalian para mobile gamer, bisa mendapatkan pengalaman game virtual reality langsung dari Google. Bahkan update Android 7.0 Nougat ini juga mendukung VulkanTM, API render 3D terbaru yang dikembangkan agar bisa memaksimalkan semua core prosesor gadget.

Lanjut ke halaman 2… untuk fitur terbaiknya!

1
2

SHARE
Previous articleKurang Dari Sehari, Tiket Game Prime 2016 Surabaya Sudah Sold Out!
Next articleInilah Daftar Lengkap Cameo dan Easter Egg Luke Cage!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.