Para Artis Indonesia Ini Ternyata Hobi Mengoleksi Action Figure!

Image by Kompas
Image by Kompas
Ternyata para artis Indonesia ini hobi mengoleksi action figure lho. Siapa saja para kolektor ini dan apa saja figure yang mereka kumpulkan?

1

Marcelino Lefrandt


hobi-mengoleksi-action-figure-marcelino-min

Ternyata Berikut Inilah 5 Fakta Unik Permainan LEGO!

Mau kamu pemain LEGO maupun bukan, sepertinya 5 fakta unik permainan Lego ini tetap perlu kamu ketahui! Apa sajakah kira-kira?
Baca Juga

Bukan rahasia lagi jika Marcelino Lefrandt sangat menggemari Superman, sehingga tidak akan mengherankan apabila aktor sekaligus pencipta superhero Volt ini mengoleksi berbagai macam merchandise-nya. Marcel sendiri mulai tertarik dengan Superman sejak tahun 1980-an, ketika ia mendapatkan bonus komik Superman dari sabun mandi yang ia beli. Sejak saat itu, Marcel mulai mengoleksi segala hal yang berhubungan dengan sang manusia baja, mulai dari gunting, uang palsu sampai celengan Superman. Sedangkan untuk action figureSuperman, Marcel baru mulai mengoleksinya pada tahun 1990-an.

“Dulu saya kolektor buta. Ada barang Superman apa saja saya sikat,” kata Marcelino Lefrandt seperti dikutip dari situs Tempo.

Uniknya, dari tujuh ratusan komik dan enam ratusan action figure Superman yang ia koleksi, ada beberapa produk yang barangnya sama. Hal ini dikarenakan Marcel biasa membeli suatu action figure sebanyak dua buah, satu untuk dibuka dan dimainkan sedangkan yang satunya lagi dibiarkan tetap dalam box untuk dikoleksi. Selain Superman, beberapa tahun belakangan pria yang menikah dengan konsep wedding Superman ini juga mulai mengoleksi action  figure Green Lantern.


2

Surya Saputra


Image by Tribunnews
Image by Tribunnews

Aktor satu ini mengaku sudah memiliki hobi mengoleksi action figure sejak kecil. Adapun jenis yang ia koleksi sebagian besar adalah action figure superhero seperti Superman, Batman dan lain sebagainya. Meski begitu, Surya Saputra banyak juga mengoleksi figure lainnya, seperti action figure dari tokoh kartun dan action figurehantu. Surya Saputra juga mengaku pernah mendapatkan action figure bersosok hantu botak yang sebelumnya pernah ia lihat dalam mimpinya.

Sampai saat ini, Surya Saputra telah berhasil mengoleksi lebih dari 200 action figure dengan rata-rata harga setiap figure-nya dapat mencapai angka jutaan rupiah. Walaupun demikian, Surya mengaku tidak terlalu ngototdalam mengoleksi action figure, dia hanya membeli action figure ketika ada dana saja.


3

Ronald Surapradja


Image by Bintang
Image by Bintang

Ronald Surapraja, artis sekaligus mantan komedian di acara Extravaganza Trans TV ini juga seorang kolektor loh. Menariknya, Ronald hanya mengoleksi segala hal yang berhubungan dengan karakter Green Lantern saja. Ya, berbagai barang yang terkait dengan Green Lantern telah dikoleksinya, mulai dari action figure Green Lantern, kaos Green Lantern, dan komik-komik Green Lantern. Bahkan, Ronald Surapraja juga memiliki prop figure Green Lantern berupa cincin dan lentera yang sangat ikonik dengan polisi galaksi dari dunia DC tersebut.

Menurutnya, di Indonesia ini sudah banyak kolektor Superman dan Batman, sedangkan kolektor Green Lantern masih sedikit. Hal itulah yang kemudian menjadi alasan kenapa Ronald Surapraja memfokuskan diri untuk mengoleksi Green Lantern.


4

Johandi Yahya


image by hobikoleksi
image by hobikoleksi

Di sela-sela kesibukannya di dunia hiburan, Johandi Yahya ternyata juga memiliki hobi mengoleksi action figure. Tidak tanggung-tanggung, hampir semua jenis action figure pernah ia koleksi, mulai dari action figuresuperhero, action figure anime sampai action figure tokoh kartun. Johandi Yahya sampai memiliki museum mini di rumahnya yang ia gunakan untuk memajang sekaligus memamerkan segala mainan yang ia koleksi.


5

Ressa Herlambang


Image by Lovelytoday
Image by Lovelytoday

Penyanyi RnB satu ini sudah menyukai action figure sejak kecil. Hal tersebut diakuinya karena ia sering menonton film-film Hollywood. Dari film-film tersebut, timbullah keinginan untuk mengoleksi karakter-karakter favoritnya dalam bentuk action figure. Ia mengoleksi beraneka ragam action figure, mulai dari action figure tokoh beladiri seperti Bruce Lee, action figure tokoh musik seperti Michael Jackson sampai action figure superhero seperti Batman. Selain itu, Ressa Herlambang juga mengoleksi beberapa action figure anime, misalnya action figure dari karakter One Piece dan Dragon Ball. Sebagian besar barang koleksinya tersebut tetap dibiarkan dalam box demi menjaga nilai prestisnya, meski menurut Ressa harganya tidak terlalu mahal.


Tips Mengoleksi Mainan untuk Kolektor Berbudget Rendah

Ingin jadi kolektor toys tapi isi dompet pas-pasan? Kalau begitu tips mengoleksi mainan yang satu ini mungkin wajib kamu coba!
Baca Juga

Itu dia beberapa artis Indonesia yang ternyata juga memiliki hobi mengoleksi action figure. Jika kamu juga seorang kolektor dan ingin bertemu para komunitasnya, kamu bisa datang ke acara Colony Collection Market: Toys & Games yang akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center pada tanggal 3-4 Desember 2016. Di acara tahunan yang diselenggarakan oleh Colony ini, selain dapat berburu mainan untuk dikoleksi, kamu juga dapat bertemu dengan tokoh-tokoh ikonik di dunia toys & games, mengikuti berbagai kegiatan seru seperti kompetisi cosplay, rare item auction, games virtual reality dan juga mencoba motion sensor yang sedang hits.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website Colony Collection Market atau hubungi cs@colony.co.id.

Artikel ini pertama kali diterbitkan di Colony.co.id.