Menanti Peluncuran NX, Ini yang Perlu Diketahui dari Mesin Game Baru Nintendo

Nintendo-NX

Nintendo NX

UPDATE: Sudah resmi, Nintendo NX adalah Switch!

Resmi! NX Adalah Nintendo Switch, Konsol Game yang Bisa Dibawa Keluar Rumah

Nintendo NX terlahir sebagai Switch, konsol game hybrid pertama di dunia yang bisa mobile...
Baca Juga

First Look at Nintendo Switch

Akhirnya Nintendo akan mengungkapkan pertama kali seperti apa Nintendo NX hari ini. Platform game baru mereka ini melanjutkan estafet Nintendo Wii U yang “dimatikan” lebih awal ketika para rivalnya sudah ancang-ancangberencana masuk ke ranah virtual reality dan visual beresolusi tinggi Ultra HD. Nintendo sepertinya merasa dengan kekuatan Wii U tidak sanggup bersaing, dan mereka memikirkan strategi baru, memanfaatkan perkembangan game mobile yang kian pesat saja akhir-akhir ini. Sebelum kalian mengetahui seperti apa Nintendo NX, berikut beberapa fakta terbaru yang perlu kalian ketahui dari Nintendo NX ini.

Langsung Mendapatkan Game Pokemon Terbaru

CEO The Pokemon Company, Tsunekazu Ishihara sendiri yang mengungkapkan dengan gamblang beberapa saat yang lalu, setelah sebelumnya sempat desain Nintendo NX bocor. Platform game baru salah satu perusahaan game terbesar Jepang ini berupa kombinasi antara konsol dan handheld. Ditambahkannya, Nintendo NX akan mengubah konsep yang selama ini terpaku pada perangkat konsol rumah atau perangkatgenggam. The Pokemon Company juga akan menggarap game Pokemon baru untuk NX, dan akan dirilis bersamaan dengan peluncuran Nintendo NX yang rencananya dilakukan Maret 2017 mendatang.

Seperti inilah desain baru Nintendo NX!

Mario, Zelda Breath of the Wild dan Game Pokemon Terbaru Bakal Mendukung Nintendo NX

Seperti apa ya kira-kira game Pokemon terbaru untuk konsol game yang bebas dibawa kemana-mana ini?
Baca Juga

Perpaduan Konsol dan Handheld

Meskipun sebelumnya sekadar rumor, namun pernyataan CEO The Pokemon Company sekaligus menegaskan jika benar Nintendo NX juga telah dipastikan menjadi sebuah konsol portable dengan kontroler yang bisa bebas dilepas. Semacam tablet / handheld yang dipadukan dengan dua kontroler, yang keduanya memiliki joystick. Nintendo memang dikenal sebagai produsen konsol yang inovatif, ide mereka brilian, dan jika benar Nintendo NX bakal seperti di atas, pasti bakal mengundang antusias pasar. Terutama yang mempertanyakan, apakah ini konsol game, atau handheld (smartphone / tablet)?

Permudah Port Game ke Nintendo NX

Ide konsol portable ini merupakan pengembangan dari langkah strategis Nintendo sebelumnya, yang menggabungkan divisi konsol dan handheld mereka dengan Nintendo NX. Demikian sistem ini bisa jadi menjadi perpaduan konsol game dan juga handheld (sebagai kontroler) yang bisa dibawa kemana-mana (sesuai trend mobile saat ini), memainkan game yang sama yang juga dimainkan melalui konsolnya. Konsep tersebut sempat menimbulkan perdebatan, karena selama ini ranah handheld / mobile terpaku pada hardware berbasis arsitektur ARM yang masih 32-bit. Sedangkan rumor yang beredar AMD yang mendapat kesempatan membangun mesin utama Nintendo NX dengan basis arsitektur x86 64-bit yang saat ini sudah digunakan PS4 dan Xbox One. Jika benar demikian

Nintendo-NX-3

Sudah Mendapat Dukungan Game-Game Besar

Selain Pokemon, belum juga dikonfirmasikan Nintendo NX sudah mendapatkan banyak dukungan game-game beken, selain Pokemon dari studio Game Freak (yang selama ini menangani game Pokemon utama). Nintendo memastikan jika The Legend of Zelda: Breath of the Wild, sebuah game Mario, dan seri baru Dragon Quest XI juga sudah dipastikan akan dibuat untuk Nintendo NX. Judul terakhir tersebut merupakan game ambisius karena dibuat sebagai game utama dari perayaan 30 tahun serial Dragon Quest.

Nintendo Rombak Desain NX! Pertanda Bakal Bisa Main Pokemon GO di Televisi?

Nintendo sempat membantah bakal menggunakan Android untuk mesin game barunya.... Namun kini, Nintendo NX justru dikabarkan menggunakan prosesor yang lebih dikenal di dunia smartphone / tablet!
Baca Juga

Mengetahui Square Enix jua memberikannya untuk sebuah konsol yang “belum jelas” wujud dan masa depannya (menurut penulis pribadi sih!), maka bisa disimpulkan jika Nintendo NX ini akan sangat menjanjikan di mata para pengembang (well, ada nama Square Enix di sini! Selain untuk Nintendo NX, Dragon Quest XI juga dikembangkan untuk PlayStation 4 dan 3DS. Untuk game Mario Nintendo NX, sebelumnya disebutkan game tersebut bakal hadir hanya dalam waktu enam bulan sejak Nintendo NX dirilis.

Nintendo-NX-3

Selain itu, ada juga yang meyakini jika Super Smash Bros. 4 (atau lebih dikenal hanya sebagai Super Smash Bros. for Wii U dan 3DS) akan mendapatkan versi Nintendo NX-nya, bersama Mario Maker dan Splatoon. Sega juga sudah memastikan jika game Sonic the Hedgehog masuk ke Nintendo NX. Namun yang paling mengejutkan, sebelumnya juga tersiar kabar jika Kingdom Hearts III akan masuk Nintendo NX!

Super-Smash-Bros.-Cloud-6

Dan Bahkan Penerbit Game Kenamaan Dunia

Banyan yang percaya jika Nintendo sudah berhasil meyakinkan banyak pihak ketiga yang mendukung platform baru mereka yang unik ini. Mulai Activision, Sega, Square Enix, Ubisoft, dan Warner Bros. dikabarkan akan mendukungnya.

Kekuatannya Berada Diantara PS3 dan PS4

Nintendo lagi-lagi akan lebih mengedepankan inovasi di sini, salah satu daya tarik platform game mereka selama ini. Untuk Nintendo NX, bocoran yang beredar sebelumnya menyebutkan jika kekuatan grafisnya berada diantara PS3 dan PS4. Bisa jadi, karena konsepnya juga bisa dibawa kemana-mana, maka hardware-nya pun juga terbatas. Namun apakah kalian belum puas bisa memainkan game yang bisa dibawa mobile dengan visual setara PlayStation 3? Selain kabar tersebut, sebelumnnya juga ada yang meyakini jika Nintendo menggunakan chipset yang tidak begitu populer, namun, sangat kuat, yaitu nVidia Tegra. Nama yang jamak di belantika mobile gaming, smartphone, tablet, dan ada juga yang mengatakan jika Nintendo NX sedikit lebih kuat dibandingkan PS4.

The-Legend-of-Zelda-Wii-U-3

6 Fakta Nintendo NX Ini Cukup untuk Meyakinkan Jika Kita Butuh PS5 dan Xbox Two!

Selain menggunakan CPU AMD yang lebih kuat dari PS4 dan Xbox One, fakta keenam membuat shock! Ternyata mesin game baru Nintendo NX ini sudah bisa dipesan! Mau tahu berapa harganya?
Baca Juga

Nintendo NX Dibuat di Cina

Rumor yang beredar sebelumnya merujuk pada Foxconn Electronics (Hon Hai Precision Industry), atau pabrikan yang sama yang juga merakit Nintendo Wii U, ditunjuk untuk merakit Nintendo NX ini. Sejauh ini, Foxconn membantah segala pertanyaan berhubungan dengan platform baru Nintendo tersebut. Selain Foxconn, pemasok lainnya seperti Foxconn Technology, Macronix, Pixart Imaging, Coxon Precise Industrial, Nishoku Technology, Delta Technology, Lingsen Precision Industries dan Jentech juga diduga mendukung Nintendo dengan memproduksi komponen untuk Nintendo NX.

Miitomo-Nintendo-Mobile-4

Game Hape Pertama Nintendo Mobile Dirilis! Apa Sih Hebatnya Miitomo?

Ini baru langlah awal dari usaha Nintendo memasuki pasar smartphone! Semoga saja nantinya ada lebih banyak game yang lebih keren dibintangi ikon populer mereka!
Baca Juga

Nintendo NX Bisa Main Game Smartphone Nintendo

Ya, ini kabar lainnya yang tidak kalah membuat kita antusias dengan Nintendo NX. Disebutkan jika Nintendo NX memiliki kemampuan berkomunikasi dengan smartphone / perangkat mobile. Bahkan Nintendo NX dipercaya bisa memainkan game-game smartphone Nintendo. Apakah ini artinya kalian bisa memainkan Pokemon GO, atau, Super Mario Run nanti melalui Nintendo NX? Satu fitur yang tidak heran bakal hadir mengingat kerjasama mereka dengan DeNA dan juga suksesnya game mobile pertamanya, Miitomo.


SHARE
Previous article7 Film Horor Komedi Terbaik yang Akan Membuatmu Tertawa dan Ketakutan dalam Waktu Bersamaan
Next article5 Karakter Konyol Dragon Ball yang Mungkin Kamu Belum Tahu
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.