Belajar Astronomi Sambil Bermain Lewat Game Pippo Belajar Rasi Bintang!

Pippo Belajar Rasi Bintang

Mempelajari dunia astronomi sejak dini bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti memainkan game Pippo Belajar Rasi Bintang yang dirilis Arsa Kids ini!

Banyak hal yang bisa diberikan oleh orang tua untuk mendidik anak mereka sejak usia dini. Bukan hanya melulu melalui pendidikan formal saja, melainkan juga menggunakan berbagai permainan dan juga game edukasi yang membuat belajar lebih menyenangkan. Ada banyak developer game Indonesia yang saat ini terjun ke ranah game edukasi, sebut saja salah satunya adalah Arsanesia melalui brand Arsa Kids yang baru diperkenalkan kurang lebih dalam setahun terakhir.

Nah, di pertengahan Oktober 2016 kemarin, Arsa Kids kembali menelurkan produk baru. Kali ini, Arsa Kids mengajak orang tua untuk memberikan pelajaran astronomi kepada anak-anak sejak dini melalui sebuah game edukasi berjudul Pippo Belajar Rasi Bintang!

Sesuai dengan namanya, Pippo Belajar Rasi Bintang akan memberikan pengetahuan tentang astronomi kepada anak-anak sejak dini. Tentunya dikemas dengan nuansa yang lucu khas Pippo dan kawan-kawan, maskot dari Arsanesia. Tujuan dari Pippo Belajar Rasi Bintang ini yang utama adalah memperkenalkan rasi bintang dan sekaligus melatih daya imajinasi anak-anak untuk menggugah rasa penasaran anak terhadap pengetahuan luar angkasa.

Rasi bintang sendiri adalah kumpulan titik-titik bintang yang terlihat dari langit dengan komposisi yang berbeda di setiap pergantian bulan. Pada zaman dahulu kala, kumpulan-kumpulan titik bintang ini menjadi alat navigasi tradisional manusia pertama untuk menentukan arah, terutama untuk para pelaut, penjelajah dan pedagang. Perubahan komposisi bintang juga sering dijadikan penanda waktu yang penting untuk masa bercocok tanam. Manusia pun mengimajinasikan berbagai kumpulan titik-titik bintang tersebut menjadi suatu imajinasi objek/bentuk agar mudah dikenali, yang kemudian disebut rasi bintang. Tak jarang, imajinasi objek suatu rasi bintang juga diambil dari kisah-kisah dongeng mitologi yang relevan pada masa itu.

Pippo Belajar Rasi Bintang

Pippo Belajar Rasi Bintang adalah game yang terinspirasi dari konsep menghubungkan titik-titik bintang tersebut, ditambah dengan aktivitas menggambar dengan menyambung titik yang populer di banyak buku belajar menggambar anak-anak. Aktivitas menyambung titik sering dilakukan untuk mengembangkan daya kognitif anak terutama kemampuan mengolah pola, kecerdasan visual spasial, pengetahuan arah-letak-posisi dan mengenal beragam objek.

Pippo Belajar Rasi Bintang

Ada 3 mode permainan yang ditawarkan dalam Pippo Belajar Rasi Bintang ini, antara lain:

  1. Sambung Bintang: anak-anak akan ditugaskan untuk menarik garis dari satu titik bintang ke titik bintang lain sampai semua titik bintang terhubung untuk membentuk pola rasi bintang yang diminta.
  2. Garis Bintang: Jika di mode game pertama fokus pada permainan titik, mode kedua Garis Bintang akan mengajak anak-anak untuk memutar-mutar garis bintang yang sudah tersedia. Garis-garis ini masih mengarah pada direksi yang salah dan tidak menyambungkan titik-titik bintang. Tugasnya adalah untuk mengoreksi arah garis tersebut agar titik-titik bintang saling terhubung dengan benar.
  3. Puzzle Bintang: Setelah selesai dengan mengolah titik dan garis, di mode kali ini anak-anak akan diminta untuk bermain puzzle, mengoreksi gambar rasi bintang yang teracak. Kemampuan untuk menyusun pola dan mengenali bentuk akan dilatih di mode permainan ini.

Pippo Belajar Rasi Bintang

Pippo Belajar Rasi Bintang juga dilengkapi fitur menarik lain seperti koleksi bintang, yaitu galeri yang berisi kumpulan-kumpulan ilustrasi rasi bintang yang sudah ditemukan anak dari mode bermain. Koleksi bintang juga dilengkapi trivia dongeng pendek tentang kisah-kisah dibalik masing-masing rasi bintang.

Pippo Belajar Rasi Bintang

Pippo Belajar Rasi Bintang

Pippo Belajar Rasi Bintang merupakan pengembangan versi mobile dari game Arsanesia sebelumnya yang berbasis VR berjudul Virtual Stellarity: VR Edugame yang menjadi jawara kompetisi challenge Lenovo Virtual Reality Challenge 2016. Saat ini, game sudah tersedia secara gratis dalam platform Android, dan bisa di-download melalui tautan di bawah ini.

Download Pippo Belajar Rasi Bintang: Google Play Store (Gratis)


SHARE
Previous articleAkhirnya Korban Negan di The Walking Dead Terungkap!
Next article6 Misteri Dragon Ball Super 65! Dari Kekuatan Fusion Zamasu sampai Hadirnya Blue Vegitto
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.