Wah, Ternyata Orang Ini Lho yang Mendesain Logo Google!

logo-google-7

Google, nama tersebut tentu sangat sering kamu dengar. Jika kamu memiliki pertanyaan atau mengajukan pertanyaan pada orang lain kamu pasti sering mendengar pernyataan ini “Tanya aja sama om Google”.  Atau sebelum kamu menjelajah dunia internet kamu pasti sering melihat logo Google terpampang. Siapa sebenarnya yang mendesain logo tersebut?

logo-google-1

Seberapa sering kamu menggunakan Google untuk mencari informasi, mengerjakan tugas, atau mengerjakan skripsi? Mungkin ratusan kali atau mungkin ribuan kali? Selama menggunakan Google untuk berselancar di dunia internet kamu pasti sudah sangat sering melihat logo dari Google itu sendiri. Pernahkah kamu bertanya-tanya siapa sebenarnya yang membuat logo tersebut?

sergey-brin
Sergey Brin

Menilik sedikit ke belakang yakni pada tahun 1998. Versi pertama dari google didesain oleh Co-Founder dari Google itu sendiri yakni Sergey Brin menggunakan program grafik gratis yang bernama GIMP. Uniknya dulu di akhir logo Google diselipkan tanda seru (!).

logo-google-3

Usut punya usut hal tersebut merupakan sindiran untuk Yahoo, mesin pencari yang sudah terkenal lebih dahulu. Setelah beberapa periode Google akhirnya memutuskan untuk menggambar ulang logo mereka.

yahoo_logo

Pada bulan Mei di tahun 1999, tanda seru di belakang tulisan Google dihapus oleh Ruth Kedar (Consultant Art Professor dari Stanford Art Deoartement), yang merancang versi lain dari logo tersebut.

ruth-kedarr

Sambut Identitas Barunya, Berikut Evolusi Logo Google dari Tahun 1997

Sambut Identitas Barunya, Berikut Evolusi Logo Google dari Tahun 1997, New Google Logo, logo baru Google, desain logo Google, download logo Google
Baca Juga

Pada bulan Mei tepatnya tanggal 6 tahun 2010, Logo Google kembali didesain ulang. Logo tersebut tidak mengalami banyak perubahan, yang berubah adalah warna huruf “O” yang semula berwarna kuning berubah menjadi orange selain itu drop shadow (bayangan hitam di belakang tulisan) juga turut dihapuskan. Bayangan tersebut sebenarnya memang agak sedikit membuat logo tidak seimbang dan jelek.

logo-google-4
Before
logo-google-5
After

Saat kamu hendak mencari sesuatu di Google kamu pasti menyadari bahwa tampilan home page Google begitu sederhana. Layar putih dengan tulisan Google di tengahnya, mengapa demikian? Mengapa Google tidak mendesain halaman web-nya lebih berwarna atau bergambar?

Home page google

Hal ini disebabkan Google ingin terlihat kontras dengan homepage Yahoo, yang terus mengalami perubahan dari tahun ke tahun, Google justru ingin mempertahankan homepage-nya yang simple. Search bar, dua tombol “Google Search” dan “I’m Feeling Lucky”. Simpelnya homepage Google ini tentu memiliki kekurangan yakni kurang menarik dan membosankan.

screenshot_1

Untuk itu demi menutupi kekurangan yang dimiliki homepage-nya kini Google sering kali benar benar mengubah logo mereka pada berbagai kesempatan seperti festival, libur penting, penghormatan pada orang-orang penting, hari-hari dan tanggal penting seperti hari kemerdekaan dan lain sebagainya. Logo-logo yang dibuat Google tersebut kini dikenal dengan nama Google Doodles.

logo-google-doodle-3

logo-google-doodle-2 logo-google-doodle-1

Dalam website-nya Ruth Kedar salah satu orang yang berperan penting dalam logo Google menampilkan berbagai logo Google yang keren tentunya. Kamu bisa kunjungi sendiri web Ruth Kedar di kedardesigns.com.

logo-google

Bagaimana sekarang akhirnya kalian mengetahui siapa yang membuat logo Google, apa pendapatmu mengenai logo tersebut? Bagaimana pandangan kamu tentang homepage Google yang simple? Berikan komentarmu ya!

Buka halaman berikutnya untuk melihat perubahan logo Google dari masa ke masa

1
2

SHARE
Previous articleIni Dia Detail Brave Style, Gaya Pertarungan Baru di Monster Hunter XX
Next articleInilah Sepuluh Gambar Doraemon Paling Absurd di Internet!

Penikmat musik rock dan band-band di era 90 an. Memiliki hobi bermain game Action hingga RPG, menonton series, movie, anime, dan seorang Game Theorist. Salah satu fans berat DC dan marvel.