Ini yang Perlu Kalian Ketahui dari Asal-Usul Nama Indonesia

nama Indonesia

Indonesia merupakan negara yang berada di Asia Tenggara. Negara yang dilewati Garis Khatulistiwa ini berpenduduk sebanyak 258 juta jiwa. Dari ratusan jiwa tersebut tentu kamu menjasi salah satu diantaranya. Selama tinggal di Indonesia pernahkah kamu mempertanyakan kenapa negara Indonesia bernama Indonesia? Atau siapa yang memberi nama negara kepulauan terbesar di dunia ini dengan “Indonesia?” Penasaran? Simak ulasan berikut ini.

kenapa-negara-kita-bernama-indonesia-2

Nama Indonesia untuk pertama kalinya muncul pada tahun 1850, di sebuah majalah ilmiah tahunan, “journal of the Indian Archipelago and Eastern Asia” (JIAEA) yang terbit di Singapura. Penemunya sendiri merupakan seorang warga negara Inggris: James George Samuel Windsor Earl. Saat itu, Indonesia dikenal dengan nama “Hindia,” namun nama tersebut sering tertukar dengan tempat lain. Oleh karena itu Earl berfikir, untuk memberikan nama tersendiri.

kenapa-negara-kita-bernama-indonesia-george-samuel-windsor-earl
James George Samuel Windsor Earl(uniqpost.com)

Pada tahun 1850, George Earl, mengusulkan istilah Indunesia dan Malayunesia untuk penduduk “kepulauan Hindia dan Kepulauan Melayu.” Saat itu Earl sedang mencari-cari terminologi etnografis untuk menerangkan “… that branch of the Polynesian race inhabiting the Indian Archipelago” atau “the brown races of the Indian Archipelago.”

Namun, walau sudah menggabungkan dua kata itu, masing-masing dari kata “Indu” atau “Hindu” dengan kata “nesos” atau “pulau” dari bahasa Yunani, Earl menolaknya sendiri. Dia menganggap kata “Indunesia” terlalu umum. Earl menawarkan terminologi lain, yang dinilainya lebih jelas, “Malayunesians.” Sebab Malayunesia sangat tepat untuk ras Melayu, sedangkan Indunesia bisa juga digunakan untuk Ceylon (Srilanka) dan Maldives (Maladewa). Lagipula, menurut Earl, bukankah bahasa Melayu dipakai di seluruh kepulauan ini?

kenapa-negara-kita-bernama-indonesia-james-logan-1

Murid dari Earl, James Richardson Logan, menggunakan kata Indunesia yang dibuang Earl sebagai sinonim dari kepulauan India. Namun, penulisan akademik Belanda di media Hindia Belanda tidak menggunakan kata Indunesia, tetapi istilah Kepulauan Melayu (Maleische Archipel): Hindia Timur Belanda (Nederlandsch Oost Indie), atau Hindia (Indie), Timur (de Oost).

indonesianmap

Nama Indonesia kemudian dipopulerkan oleh seorang etnolog Jerman, bernama Adolf Bastian. Dia mempopulerkan nama Indonesia melalui bukunya. Dalam bukunya tersebut Bastian menggunakan kata indonesia untuk merujuk pulau besar yakni Jawa, Sumatra. Borneo (Kalimantan), Celebes (Sulawesi), Molukken (Maluku), Timor, Hingga Flores dan gugusan pulau-pulau yang mengitari pulau tersebut.

kenapa-negara-kita-bernama-indonesia-4

Hal lainnya yang perlu kamu ketahui adalah penjajah Eropa, baik Belanda maupun Portugis, menamai negara ini dengan kata Hindia. Di bawah penjajahan Belanda Indonesia disebut dengan Nederlandsch-Indie (Kepunya”n Belanda), sedangkan dibawah penjajahan Portugis Indonesia diberi nama “Hindia Kepunyaan Portugis.”

kenapa-negara-kita-bernama-indonesia-ki-hajar

Tahun 1913, Soewardi Soerjaningrat atau lebih dikenal dengan sebutan Ki Hajar Dewantara mendirikan kantor Berita untuk Bumiputera di Den Haag, Belanda. Namanya: Indonesische Persbureau, disingkat IP.

Pada bulan Februari 1922, para pelajar Indonesia di negeri Belanda sepakat mengadopsi nama Indonesia. Mereka mengubah nama organisasinya dari Indische Vereeniging menjadi Indonesische Vereeniging. Kemudian, di tahun 1924, koran organisasi ini, Hindia Poetra, berganti nama menjadi Indonesia Merdeka. Setahun kemudian, giliran nama Indonesische Vereeniging resmi diubah menjadi Perhimpunan Indonesia (PI).

Pada tahun 1928, Kongres Pemuda II di Jakarta akhirnya menggunakan istilah Indonesia dalam Kongres Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 menghasilkan Sumpah Pemuda yang di dalamnya tercantum nama Indonesia sebagai nama bangsa dan nama bahasa kita. Dan kemudian disusul istilah Indonesia secara resmi digunakan sebagai nama negara kita pada tanggal 17 Agustus 1945 dengan proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan nama resmi Republik Indonesia.

kenapa-negara-kita-bernama-indonesia-3

Begitulah sejarah singkat mengenai kenapa negara kita bernama Indonesia dan siapa sebenarnya yang memberi nama negara kita Indonesia. Apa kamu sudah tahu mengenai informasi menarik ini? Jika kamu sebagai penemu seperti Logan atau Earl yang mencetuskan nama Indonesia, kira kira nama apa yang akan kamu berikan untuk negara kita ini? Berikan usulanmu melalui kolom komentar ya!


SHARE
Previous articleSeason 3 EvilBane Dibuka! Selain Ketemu Mogle, Bisa Dapat Item Gratisan Tiap Hari
Next articleAcer Predator 21 X: Laptop Gaming MONSTER, Bisa Main Game Pakai Mata!
Penikmat musik rock dan band-band di era 90 an. Memiliki hobi bermain game Action hingga RPG, menonton series, movie, anime, dan seorang Game Theorist. Salah satu fans berat DC dan marvel.