10 Hal yang Perlu Kalian Ketahui dari Super Mario Run (Selain Ini Gamenya iPhone 7)

super-mario-run-1

Super Mario Run Hadir untuk iOS, Bisa Dimainkan dengan Satu Tangan!

Nintendo menampilkan game mobile terbarunya, Super Mario Run melanjutkan kerja sama dengan DeNA dalam Apple Event 2016. Belum jelas apakah Android akan kebagian atau tidak.
Baca Juga

Kemarin Nintendo memastikan kapan game mobile terbarunya, Super Mario Run bakal dirilis. Ketika pertama kali dikonfirmasikan untuk iOS awal September 2016 lalu, Nintendo hanya menyebutkan bulan Desember saja. Namun kini sudah pasti, game smartphone berjenis action side-scrolling ini dirilis 15 Desember 2016 mendatang untuk waktu wilayah Amerika Serikat. Wilayah lainnya, seharusnya akan segera menyusul. Sebelum kalian mengunduhnya nanti, berikut beberapa hal yang perlu kalian ketahui dari game mobile yang diprediksi bakal membuat Nintendo makin kaya (setelah Pokemon GO) ini.

1

Bisa Unduh Gratis, Tapi Mainnya Bayar!


Super Mario Run ditawarkan secara gratis, dan kalian pengguna iPhone, iPod dan iPad bisa mengunduhnya langsung pada tanggal 15 Desember, untuk mencoba sedikit bagian dari tiga mode permainannya secara gratis. Namun untuk merasakan semua fasilitas dari ketiga mode gamenya, kalian diharuskan membayar sebesar US $9.99, atau sekitar Rp135 ribuan. Pertanyaannya di sini, apakah kalian masih mau memainkannya harga yang cukup mahal untuk tipikal game mobile yang biasanya hanya Rp10-50 ribuan saja?

Super Mario Run

2

iOS Dulu, Baru Android!


Super Mario Run bisa kalian mainkan menggunakan iPhone, iPad (ya, bisa untuk tablet!) dan iPod yang menjalankan OS minimal iOS 8.0. Ketika dirilis nanti, game ini langsung dibuka kanalnya melalui iTunes di 151 negara dan wilayah. Super Mario Run juga mendukung bahasa Inggris, Jepang, Jerman, Perancis, Spanyol, Portugis, Italia, Belanda, Rusia dan Cina.

Kapan untuk versi Android? Nintendo hanya mengatakan mereka akan merilisnya tahun 2017 mendatang! Belum ada kepastian, bisa awal, tengah tahun, atau justru akhir tahun 2017 nanti. Well, game ini dikonfirmasikan bersamaan dengan pengumuman iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, maka kami tidak heran jika Apple dan iOS-nya mendapatkannya pertama kali.

Introduction to Super Mario Run

Nintendo Mobile Games Bareng DeNA Membuat Nilai Saham Meroket!

Semoga langkah ini mampu mengembalikan kejayaan Nintendo yang sempat dicapai di era Nintendo Wii.
Baca Juga
3

Apakah Ini Endless-Runner?


Meskipun sekilas mengingatkan kalian pada tipikal game endless-runner, namun sebenarnya bukan, karena ada tujuan akhir dari setiap level yang dilalui Mario. Tukang ledeng kalian memang berlari, otomatis, ke kiri atau ke kanan. Kalian tinggal sentuh layar untuk membuatnya melompat. Makin lama sentuhannya, makin tinggi lompatannya. Lompatan tesebut jelas, untuk menghindari elemen level seperti celah, menginjak musuh, atau menjangkau koin. Tujuan permainannya sendiri mengantarkan Mario dengan selamat sampai tujuan akhir, dengan waktu tercepat, sambil mengumpulkan koin tentunya.

10 Fitur iPhone 7 dan iPhone 7 Plus Ini Bisa Bikin Iri Semua User Android

Dengan angka 7 yang sangat ramai dibicarakan tahun ini (bahkan sampai Samsung pun melompati Galaxy Note 6), iPhone 7 hadir memberikan banyak fitur baru, yang bisa membuat user Android iri...
Baca Juga
4

Mainnya Hanya Tap-Tap Layar Saja?


Tidak juga. Esensinya memang kontrol hanya menyentuh layar, cukup dengan satu tangan, dan itu mempermudah kalian memainkannya dimana saja. Namun ada mode permainan yang lebih seru. Selain mode permainan utamanya, kalian juga bisa mengakses mode “Toad Rally,” dimana musuhnya adalah “hantu” dari pemain lain. Kalian perlu mengalahkan waktunya. Mode ini sama seperti mode time attack yang diberikan di kebanyakan game Mario Kart.

super-mario-run-5

Dan meskipun berbayar mahal gamenya, tetap ada in-app purchase-nya. Koin yang kalian kumpulkan bisa digunakan untuk membeli item untuk menciptakan dan mengkustomisasi Mushroom Kingdom kalian sendiri, dalam sebuah mode lainnya. Mode ini bisa menjadi selingan jika kalian penat hanya sekadar menyentuh layar selama Mario berlari. Oh ya, semua mode permainannya pasti butuh koneksi internet. Kalian yang super hemat kuota dan hobi main offline sepertinya bakal gigit jari.

5

Siapa Pengembang Super Mario Run?


Tidak seperti Pokemon GO yang ditangani Niantic Labs, developer pihak ketiga, Super Mario Run diserahkan ke “orang dalam,” tepatnya, Nintendo Entertainment Planning & Development atau Nintendo EPD. Nama yang pasti familiar bagi kalian gamer 3DS, karena ini memang tim pengembangan first-party terbesar yang dimiliki Nintendo.

Pemanasan Sebelum NX, Nintendo Pamer The Legend of Zelda: Breath of the Wild

The Legend of Zelda dengan nuansa yang baru... Mampukah Nintendo membayar kekecewaan penggemarnya setelah bertahun-tahun menunda game ini?
Baca Juga

Dibentuk pada September 2015 setelah mereka menggabungkan divisi Entertainment Analysis & Development (EAD) dan Software Planning & Development (SPD). Penggabungan ini merupakan bagian dari strategi restrukturisasi yang dijalankan oleh presiden baru Nintendo, Tatsumi Kimishima. Sejauh ini sudah ada 12 game yang dikembangkan Nintendo EPD, dengan sebagian diantaranya sudah dirilis, dan beberapa dikhususkan untuk iOS dan Android. Salah satu game mereka yang sangat dinantikan adalah The Legend of Zelda: Breath of the Wild, yang akan dirilis untuk Wii U dan Switch tahun depan.

6

Jadi Kualitasnya Pasti OK?


Sejauh ini, dan menilai dari video trailernya, sangat positif. Seperti tipikal game mobile lainnya, Super Mario Run dikembangkan menggunakan engine Unity, serta tampilan bidang side-scrolling 2.5D seperti yang sebelumnya diterapkan pada game New Super Mario Bros. Itu satu faktor penggemar Mario akan kembali memainkannya di sini.

super-mario-run-4

Menjaga kualitasnya, Takashi Tezuka, pria 55 tahun yang sukses mengembangkan serial Super Mario Bros. selama ini, juga bertindak sebagai desainernya. Sedangkan Shigeru Miyamoto berperan produsernya. Tim ini makin solid setelah bergabungnya penerbit game mobile terbesar Jepang, DeNA, yang lebih berpengalaman dalam menangani pengembangan game mobile.

Mr. Miyamoto introduces Super Mario Run!

Lanjut ke halaman 2…

1
2

SHARE
Previous articlePuaskan Selfiemu, Vivo V5 Menjadi Android Pertama dengan Kamera Depan 20MP
Next articleKampanye Kickstarter Legrand Legacy Dimulai, Berikan Dukunganmu untuk JRPG PC Ini!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.