Ini 4 Alasan Kenapa Kamu Harus Coba Membaca Light Novel

Jika kamu menonton banyak anime, mungkin kamu menyadari banyak anime populer yang diadaptasi dari light novel belakangan ini. Sword Art Online, Re:Zero: No Game No Life, Durarara – semuanya diangkat dari novel ringan ini. Tapi, biasanya banyak anime yang diadaptasi dari light novel ceritanya tidak lengkap, banyak bagian dari novel yang dihapus, dan kurangnya detail cerita. Masih tidak yakin? Berikut penulis berikan 5 alasan kenapa kamu harus membaca light novel.

Mengejutkan! Beginilah Kira-kira Peran dan Nasib Shanks di Masa Depan One Piece!

Shanks merupakan salah satu karakter One Piece yang diperkenalkan paling awal, tapi sampai saat ini tujuan Shanks masih sangat misterius...
Baca Juga
1

Memberikan Lebih Banyak Detail daripada Adaptasi Anime

Kamu mungkin melihat kadang – kadang anime yang diadaptasi dari light novel terlalu terburu-buru melewati sebuah cerita atau tidak menjelaskan apa yang terjadi di dalam pikiran karakter. Light novel lebih terperinci menjelaskan hal-hal kecil sekalipun. Contohnya adalah anime Occultic;Nine. Kebanyakan adaptasi anime mengkover 1 volume ke dalam sekitar 4 episode. Tapi episode pertama Occultic;Nine mengkover seluruh volume pertama dalam 20 menit. Semuanya terjadi begitu cepat.

Dalam kasus ini, kamu mungkin perlu membaca light novelnya hanya untuk memahami apa yang terjadi dan siapa karakter yang muncul. Anime mungkin tidak menghapus kejadian – kejadian penting, tapi detail tambahan yang diberikan di novel dapat lebih menghidupkan cerita.

2

Menceritakan Keseluruhan Cerita

Hai ini terkait dengan poin pertama. Kebanyakan anime adaptasi light novel tidak mencakup semua volume. Biasanya mereka hanya mengadaptasi beberapa volume dan kemudian ditamatkan dengan ending yang terbuka untuk adanya season berikutnya. Ini sangat menyebalkan jika kamu adalah orang yang hanya menonton anime dan sudah benar-benar tertarik dengan ceritanya.

Contoh dalam hal ini adalah Hai to Gensou no Grimgar. Animenya mengadaptasi dua volume dan menceritakan cerita yang sangat menarik tentang masalah – masalah realistis yang mungkin dihadapi semua orang jika tinggal di dunia fantasi. Anime ini berakhir dengan sangat banyak pertanyaan. Tentang bagaimana semua karakter utamanya terjebak di dunia anime atau kenapa mereka memiliki amnesia.

Dengan masih tidak jelasnya apakah akan ada season kedua, kamu harus membaca novelnya untuk mencari tahu apa yang terjadi selanjutnya dan menemukan jawaban dari pertanyaan – pertanyaan tadi.

Brace Yourself, Ini Alasan Anime Favoritmu Tidak Mendapatkan Season Baru

Jangan terlalu banyak berharap adanya season baru untuk anime favorit, karena semuanya sangat tergantung faktor yang satu ini... Sepopuler apapun anime, selaris apapun manga atau light novelnya, season baru hanya tinggal mimpi...
Baca Juga
3

Banyak Judul Menarik Tidak Memiliki Adaptasi Anime

Tidak semua liht novel menjadi sumber adaptasi anime. Sebagian besar tidak memiliki anime. Jika kamu hanya berfokus pada novel yang diadaptasi menjadi anime, kamu akan kelewatan banyak judul menarik. Misalnya My Little Sister Can Read Kanji.

Settingnya sangat aneh. Ceritanya berset di masa depan dimana moe anime telah mengambil alih dunia, dan kanji itu kuno dan ketinggalan jaman. Semua orang telah berubah menjadi pencinta moe, dan hanya adik perempuan sang karakter utama yang bisa membaca kanji. Kamu tidak akan menemukan cerita seperti ini diluar dunia light novel.

4

Mencakup Banyak Genre dan Style

Jangan Ngaku Otaku Kalau Kamu Belum Tahu 7 Fakta Anime Ini

Ngaku otaku tapi ga tau dari mana asal nama Studio Ghibli? Ga tau asal nama Gundam? Berapa gaji animator Jepang? Kalau belum tahu kamu wajib baca artikel ini untuk menambah wawasanmu di dunia anime!
Baca Juga

Berlawanan dengan konsepsi populer, tidak ada “style” light novel yang berbeda. Dalam industri penerbitan Jepang, istilah “light novel” hanya mengacu pada segala sesuatu yang diterbitkan dibawah percetakan light novel. Sebagian besar novel ditujukan ke remaja, tapi bisa mencakup genre apapun, sepanjang apapun, dan mereka tidak perlu harus lebih mudah dibaca daripada novel biasa. Karena itu, kamu dapat menemukan banyak jenis novel.

light novelJika kamu sedang mencari variasi genre dalam light novel, kamu bisa mengecek Dengeki Bunko, penerbit light novel terbesar untuk saat ini. Kamu akan menemukan judul  populer seperti SAO dan Toaru Majutsu no Index, juga banyak genre lainnya. Banyak novel yang memenangkan penghargaan Dengeki Novel Prize tidak terlalu dikenal oleh fans anime, tapi mereka mencakup berbagai macam genre: action, komedi, fantasi, drama, romance, fiksi sejarah, misteri, dan banyak lagi lainnya.

Alasan dan Fakta Ini Membuktikan Jika Carrot Cocok Menjadi Nakama Baru Luffy!

Apa dengan fakta-fakta yang kami berikan ini kalian masih ga percaya Carrot bakalan jadi nakama baru Luffy?
Baca Juga

Bagaimana? Tertarik untuk membaca light novel? Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa novel yang sudah dirilis. Mudah – mudahan saja semakin banyak light novel yang dirilis di Indonesia. Nah bagaimana pendapat kalian? Share pendapat kalian di kolom komentar yah!


SHARE
Previous articleAkhirnya, Masashi Kishimoto “Merestui” Live Action Naruto Produksi Hollywood
Next articleResmi! Serial Anime Boruto: Naruto Next Generations Rilis April 2017!
Penggemar berat One Piece. Penikmat game RPG, anime and manga lover, dan mulai masuk ke dunia superhero. Fans Suikoden series dan seorang Interisti.