Rio Dewanto Merilis Film Dokumenter Terkait Konflik Agraria di Langkat

rio dewanto

Aktor Rio Dewanto merilis film dokumenter terkait konflik agraria di Langkat! Seperti apa nih filmnya? Kamu bisa membaca informasinya di artikel ini!

Baca Juga

Rio Dewanto merilis film dokumenter terkait konflik agraria di Langkat melalui youtube channel pribadi nya pada Senin (16/1). Seperti apa videonya? Kamu bisa menyaksikannya lewat tautan di atas.

Konten-konten tersebut diambil ketika Rio berkunjung ke Desa Mekar Jaya, Kabupaten Langkat pada Rabu (7/12) lalu. Film dokumenter berdurasi 13 menit tersebut mendokumentasikan keadaan dan kondisi petani di Mekar Jaya pasca bentrokan beberapa waktu lalu serta diskusi dan interview yang Rio lakukan selama berkunjung ke Mekar Jaya.

rio dewanto


Rio Dewanto menjelaskan, dirinya membuat film dokumenter tersebut untuk menggugah perasaan masyarakat agar turut membantu masyarakat Mekar Jaya, Langkat. “Saya berharap setelah menonton film dokumenter tersebut masyarakat bisa terpanggil untuk ikut membantu masyarakat di Desa Mekar Jaya. Selain itu, semoga pemerintah juga bisa datang dan melihat dampak dari konflik yang terjadi.”

Rio Dewanto juga menuturkan bahwa dalam proses pembuatan film dokumenter tersebut dirinya sempat bermalam di rumah seorang petani Mekar Jaya di Langkat. Hal tersebut Ia lakukan agar bisa turut mendengar dan merasakan penderitaan petani secara langsung. “Ketika kami datang Anak-anak masih merasakan trauma akibat bentrokan yang sempat terjadi, mereka terlihat seperti ketakutan. Saya berkomitmen untuk mengawal penyelesaian dari konflik agraria di Langkat hingga tuntas dan berharap Pemerintah memiliki keberpihakan kepada petani.”

Video yang diunggah tanggal 16 Januari ini menunjukkan tekad Rio Dewanto dalam mendukung para petani Mekar Jaya. Konflik ini sendiri terjadi tahun lalu, di mana 1500 personel keamanan dikerahkan untuk dalam upaya penggusuran lahan dan pemukiman petani di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Dalam konflik tersebut, petani yang berusaha melindungi lahannya agar tidak digusur mengalami kekerasan berupa tendangan dan pukulan. Belasan petani mengalami cidera serius dan harus dilarikan ke rumah sakit.

Ada tanggapan terhadap perjuangan Rio Dewanto dalam membela para petani Mekar Jaya ini? Kamu bisa menyampaikannya di kolom komentar.


SHARE
Previous articleInilah 6 Film yang Sempat Dilarang Tayang di Indonesia. Apa Kamu Pernah Menontonnya?
Next articleDikabarkan Kualitas Film Wonder Woman Kacau Seperti Suicide Squad
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.