Dari Meme Kocak hingga Teguran KPAI, Ini Sisi Lain dari Video “Ikan Tongkol” yang Bikin Ngakak

ikan tongkol Jagat internet Indonesia kembali dibuat heboh. Seorang bocah sekolah dasar keliru menyebut ikan tongkol menjadi ikan kon*** di hadapan Presiden Joko Widodo. Sontak saja kejadian kocak ini langsung viral di dunia maya.

Peristiwa ini terjadi saat pembukaan gelaran Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) Tahun 2017 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (26/1/2017).

Di sela-sela acara, Presiden Joko Widodo membagi-bagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada anak-anak panti asuhan. Jokowi juga menggelar kuis sederhana berhadiah sepeda kepada anak-anak yang hadir di ruangan tersebut.

Dari Bra yang Bisa Bicara sampai Hotel Kapsul, Inilah 7 Hal Absurd yang Cuma Bisa Kamu Temukan di Jepang

Nah bagi kamu yang belum pernah ke sana, ada baiknya ketahui dulu tujuh hal absurd di Jepang berikut ini.
Baca Juga

Kejadian kocak pun hadir ketika seorang murid sekolah dasar bernama Ari maju ke atas panggung dan diberikan pertanyaan seputar jenis-jenis ikan. “Negara kita Indonesia, lautnya luas. Dua pertiga Indonesia adalah laut, samudera. Di laut ini kan banyak ikan, sebutkan empat saja nama ikan,” ujar Jokowi.

Ari yang kala itu tampak grogi tak karuan pun sedikit kesulitan menjawab pertanyaan yang sebenarnya cukup sederhana itu. Ari berhasil menyebutkan tiga nama ikan dengan lancar, yaitu ikan lele, ikan teri, dan ikan paus.

Sayangnya, saat menyebut nama ikan terakhir, Ari tak sengaja mengucap ikan tongkol menjadi ikan kon***. Sontak saja seisi ruangan yang dipenuhi ratusan siswa termasuk presiden Jokowi tertawa terbahak-bahak. Namun Jokowi dengan sabar membenarkan pelafalan jenis ikan yang satu ini. “Ikan Tongkol,” kata Jokowi, meluruskan maksud dari si anak. Meski salah mengucapkan nama ikan tongkol, Ari masih tetap mendapatkan hadiah sebuah sepeda oleh Jokowi.

Kejadian kocak itu pun langsung menjadi bahan perbincangan di dunia maya. Dan sudah bisa kamu tebak, puluhan meme tentang ikan tongkol dengan cepat beredar di berbagai media sosial. Contohnya seperti meme ikan tongkol berikut ini.

ikan tongkol

ikan tongkol

ikan tongkol

 

Jika netizen bersikap santai terkait video ikan tongkol Jokowi itu, berbeda halnya dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). KAPI meminta Kementerian Informasi dan Informatika (Kemenkominfo) menghapus peredaran video seorang anak sekolah dasar salah sebut nama ikan tongkol ketika ditanya Presiden Joko Widodo di sela-sela acara Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) Tahun 2017 di Jakarta International Expo (JI-Expo).

KPAI khawatir jika video itu terus beredar akan merusak psikis sang anak. “KPAI minta segera hentikan peredaran, karena hal itu masuk kategori bully pada anak. Dengan peredaran video tersebut, si anak pasti akan tertekan secara psikis. Belum lagi akan jadi bahan olok-olok temannya,” kata  Ketua KPAI Asrorun Niam Sholeh, dilansir dari merdeka.com.

Dari Mr. Gepeng Sampai Pulpen Wangi, Inilah 8 Mitos Tahun 90an yang Melegenda Sampai Sekarang

Duniaku.net bakal mengajakmu bernostalgia mengingat-ingat berbagai mitos tahun 90an yang pastinya kamu pernah percayai berikut ini
Baca Juga

Terlepas dari kekhawatiran KPAI, video ikan tongkol itu mungkin bisa jadi hiburan ringan di tengah perdebatan pemilihan gubernur DKI Jakarta 2017 yang belakangan ini memenuhi media sosial kita.

Diedit oleh Arya W. Wibowo


SHARE
Previous articlePlayStation Tebar Diskon dan Bagi-Bagi Hadiah untuk Rayakan Imlek 2017
Next articleLengkapi Season Kedua, Game Android My Hero Academia Bakal Segera Dirilis
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca