Walaupun Sering Dicaci Oleh Fans, Filler Ternyata Sangat Penting Bagi Anime Loh!

Fans anime sangat benci filler. Fakta mengatakan kalau para fans dan komunitas anime dengan menakjubkan bersatu dalam kebencian mereka terhadap filler. Tapi seberapapun kamu membencinya, filler sangat penting untuk anime dan terkadang membuat sebuah anime 1000x lebih baik.

Baca Juga

Jadi bagi kalian yang belum tahu, filler dibuat ketika sebuah anime mulai mengejar cerita sumber aslinya, baik itu manga ataupun media lainnya yang masih berjalan. Studio yang mengerjakan anime itu akan membuat cerita orisinil agar anime tidak menyalip cerita manga atau light novel aslinya. Jadi pada intinya filler di anime harus dibuat karena dua alasan :

  1. Manga atau light novel belum tamat, sehingga animenya harus berbeda dan membuat cerita baru.
  2. Stasiun TV Jepang sangat ketat mengenai masalah kontrak (26 episode berarti harus ada 26 episode), jadi filler perlu dibuat untuk memenuhi persyaratan tayang.

Jika Tidak Ada Filler, Beberapa Anime Ini Tidak Akan Ada


K-On! adalah salah satu anime yang paling populer dan sukses secara finansial di era modern dan semua episodenya adalah filler. Tidak percaya? 99% cerita yang terjadi di anime tidak ada di manganya, dan alasan kenapa ini terjadi karena K-On! adalah manga yonkoma atau 4 panel, dimana satu chapter hanya berisi 4 panel untuk menceritakan lelucon.

Selain Nanatsu no Taizai, Ini 4 Manga Karya Nakaba Suzuki yang Wajib Kalian Baca

Selain Nanatsu no Taizai (Seven Deadly Sins), apa kalian pernah baca manga lain karya Nakaba Suzuki? Kalau penulis memberikan rekomendasi, kalian wajib baca yang nomer terakhir.
Baca Juga

Hubungan antar katakter, konser dan perkembangan karakter selama anime ini tayang dimungkinkan karena Kyoto Animation memperluas ceritanya. Pada dasarnya, anime ini hanya mengambil nama K-On! dan ceritanya hampir sama sekali tidak ada di manganya. Ini cocok dengan deskripsi “filler”.

Jika kita mengikuti anggapan populer bahwa seharusnya tidak perlu menambah cerita selain dari manganya, maka K-On! tidak akan pernah ada. Bahkan anime yang diangkat dari manga yonkoma lain seperti Nichijou, Working!!! atau Gekkan Shoujo Nozaki-kun tidak akan pernah ada.

Argumen yang sama  berlaku juga untuk adaptasi anime dari video game dan light novel. Event perlu di kerjakan ulang atau dihilangkan, karena kejadian yang ada dalam sebuah game tidak akan selalu pas di dalam sebuah anime.

Lanjut ke halaman 2… alasan terpenting kenapa filler harus ada!

1
2

SHARE
Previous articlePS4 Kehilangan Game Ekslusif, Ace Combat 7 dan Ni no Kuni II Bakal Rilis Juga di PC!
Next articleGuide Kilat Spirit Breaker Carry yang Bisa Bikin Tim Kamu GG dengan Cepat!
Penggemar berat One Piece. Penikmat game RPG, anime and manga lover, dan mulai masuk ke dunia superhero. Fans Suikoden series dan seorang Interisti.