Ragnarok Gravindo Sukses Mengembalikan Kenangan Masa Lalu Gamer

ragnarok gravindo

Ragnarok Gravindo akhirnya memasuki masa Open Beta! Game klasik tahun 2000-an ini eksis lagi, seperti apa sih wajah Ragnarok Online terbaru saat ini?

Pada 8 Februari 2017 lalu, Gravindo telah resmi merilis kembali Ragnarok Online, game yang berjaya pada tahun 2000 lalu di Indonesia. Perilisan kembali ini, mereka membuka server baru bernama “CHAOS” yang mencampurkan Ragnarok Online “Classic” dengan “Renewal.” Pencampuran tersebut memang membuat Ragnarok Gravindo sukses mengembalikan kenangan masa lalu para gamer yang sebelumnya pernah bermain di tahun 2003. Namun juga  cocok untuk dimainkan oleh pemain baru.

Open Beta Ragnarok Online Gravindo Dimulai, Sudah Siap Bernostalgia?

Akhirnya hari ini, tepat tanggal 8 Februari 2017 pukul 13.00 siang mereka mulai menggelar fase Open Beta Ragnarok Online Gravindo!
Baca Juga

ragnarok gravindo

Pada hari pertama perilisannya, Ragnarok Gravindo langsung diserbu banyak gamer. Menakjubkannya, jumlah pemain yang memasuki server jauh lebih tinggi dari ekspetasi Gravindo sendiri. Hal itu membuat server terasa berat dan lambat, sehingga banyak pemain mengalami gangguan koneksi. Untungnya kinerja Gravindo sendiri sangat tanggap, sehingga dalam waktu yang singkat, server bisa berjalan kembali dengan normal.

Perilisan server CHAOS ini sendiri berasa seperti server private, tetapi sebenarnya official. Untuk EXP Rate dan Drop Rate dibuat normal, seperti game Ragnarok Online yang selama ini kita kenal. Hanya saja, pihak publisher juga menawarkan beberapa fitur menarik untuk meningkatkan Rate keduanya. Salah satunya adalah Premium Service, yang memungkinkan pemain untuk mendapatkan keuntungan seperti penggandaan EXP Rate, Drop Rate, dan juga Buff spesial.

ragnarok gravindo


Oh ya, lebih menariknya lagi Ragnarok Gravindo server CHAOS ini sendiri tidak memerlukan “berlangganan” untuk bermain. Yap, jika sebelumnya untuk memainkan Ragnarok Online harus berlangganan, atau nama bekennya “Pay to Play” maka kini kamu bisa memainkannya secara gratis! Tak perlu gesek-gesek voucher 12 jam, mingguan, atau bulanan lagi. Hehe. Jadi keingat masa-masa muda kumpulin kartu Lyto bergambar kartu Ragnarok ya?

Perubahan sistem permainan Pay to Play menjadi Free to Play ini tentu menimbulkan perubahan sistem permainan. Beberapa perubahannya antara lain:

  • Tidak ada Fly Wing yang dijual di toko, menjadi Item Premium.
  • Death Penalty meningkat 3 kali, menjadi pengurangan EXP sebesar 3%.
  • Tak ada batas aman ketika melakukan upgrade
  • Banyak head gear dan equipment premium yang hanya bisa dibeli menggunakan sistem Item Mall.

ragnarok gravindo

Meskipun demikian, ada banyak keunggulan-keunggulan yang bisa kamu rasakan di Ragnarok Online milik Gravindo ini lho. Beberapa keunggulan yang bisa kamu rasakan antara lain adalah:

  • Sistem build character dari Ragnarok Jadi kini status karakter yang kamu tingkatkan akan memberikan perubahan signifikan. Berbeda dengan Ragnarok Classic, pengaturan status karakternya cukup membingungkan karena ada bonus status jika kamu meningkatkan sesuai dengan kelipatan tertentu.
  • Para monster-monster yang ada di field maupun dungeon juga termasuk Ragnarok Renewal, jadi mereka memiliki 60% HP lebih kecil. Tentu saja untuk meningkatkan level pemain akan terasa mudah.
  • Banyak fitur yang cukup membantu pemain diawal, salah satunya adalah fitur “Daily Login” yang memberikan banyak item bantuan untuk pemain baru.

Saya pun ikutan mencoba bermain, bernostalgia kembali game online terbaik yang tak pernah pudar oleh waktu ini. Menariknya, jumlah pemain yang memadati Ragnarok Gravindo ini jauh lebih banyak dibanding Ragnarok Online yang pertama kali dibuka tahun 2003 lalu. Kemungkinan terbesarnya adalah karena sistem permainannya saat ini adalah “Free to Play.”

ragnarok gravindo

Situasi permainannya cukup kondusif, banyak pemain yang bekerja sama dengan baik untuk meningkatkan level bersama-sama. Sistem Item Mall juga dengan mudah diakses di mana saja, sehingga kamu tak perlu bolak balik ke kota untuk membeli barang kebutuhanmu. Sedangkan untuk fitur Premium Service juga memudahkan pemain untuk berpetualang. Hal ini dikarenakan adanya sistem “Buff” gratis yang meningkatkan status pemainnya.

Sedangkan untuk penempatan para Monster, jenis kota, dan Quest masih menggunakan fitur dari Ragnarok Classic. Jadi kamu masih bisa bernostalgia di Payon sebelum dibangun menjadi kota baru yang lebih luas atau di Morroc yang belum dihancurkan oleh Satan. Setiap kota juga dihuni banyak pemain yang sedang beristirahat, jadi kamu bisa berkomunikasi dengan mereka.

Jadi bagaimana, apakah kamu sudah ikut bernostalgia di Ragnarok Gravindo?

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari


SHARE
Previous articleKapok Tema Fiksi Ilmiah, Call of Duty 2017 akan Kembali Usung Perang di Bumi
Next article6 Judul Ini Buktikan Susahnya Mencari Game Spongebob di Android yang Resmi
Pembaca Omega-Zigma di zaman pembahasan DOTA. Tertarik dalam dunia game, mencoba mencari guide game Online sebelum main. Suka mencoba character build sendiri, hingga pernah mengikuti event Dragonica Online dan berhasil menang. Saat ini bekerja di Zigma-Omega karena referensi dari teman kuliah. Selain bekerja saat ini sibuk dengan kuliah juga.