Jadi Tren Industri, Teknologi VR dan Turnamen eSport Siap Banjiri Arena TGS 2017!

Tema TGS 2017

Tema TGS 2017 akhirnya dikonfirmasikan. Teknologi AR dan VR, serta eSport bakal menjadi topik utama gelaran tahun ini.

Setiap tahun, Tokyo Game Show (TGS) selalu menjadi barometer untuk industri game, bukan hanya di Asia, melainkan juga seluruh dunia. TGS selalu up to date dengan perkembangan industri game, dengan menghadirkan konten-konten yang tengah menjadi tren di kalangan pelaku industri.

Baca Juga

Begitu pula untuk tahun 2017 ini. Dalam perhelatan Game Networking Jakarta 2017 yang sudah digelar tanggal 16 Maret 2017 kemarin, Nikkei selaku penyelenggara dari TGS pun memberikan gambaran mengenai konten yang akan menjadi sorotan utama dalam TGS 2017 nanti. Bukan hanya itu, mereka juga mengonfirmasikan tema TGS 2017 untuk acara yang siap digelar September 2017 mendatang.

Tema TGS 2017

Untuk penyelenggaraan tahun ini, TGS 2017 mengusung tema “Reality Unlocked.” Dalam sesi khusus di Game Networking Jakarta 2017, Shinri Endo, Deputy Group Manager dari Nikkei pun menjelaskan sedikit alasan di balik penggunaan tema ini. Tema TGS 2017 ini diambil karena memang dari tahun ke tahun game semakin realistis, dengan teknologi-teknologi yang digunakan.

Mulai dari Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) ataupun juga gabungan keduanya, semuanya membuat pengalaman bermain gamer menjadi semakin “hidup” dan interaktif. Tren inilah yang diprediksi akan terus meroket dalam tahun-tahun mendatang, dan sesuai kebiasaan, TGS 2017 pun menaruh highlight khusus untuk teknologi tersebut.

Tema TGS 2017
Shinri Endo dari Nikkei

Endo juga menjelaskan, secara garis besar ada tiga bagian yang akan mendapatkan peningkatan dalam TGS 2017 nanti. Pertama adalah dari sisi live streaming, dimana selain menggandeng Twitch dan Nico-Nico seperti tahun sebelumnya, TGS 2017 juga akan menggandeng beberapa layanan streaming dari Cina. Hal ini ditujukan untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi.

Kedua adalah dari sisi eSport. Endo percaya bahwa meskipun di Jepang saat ini gaung eSport masih kurang besar, akan tetapi eSport akan menjadi tren global dalam waktu dekat. Untuk itu, TGS 2017 pun siap menggelar berbagai turnamen eSport berbagai platform, mulai dari konsol, PC hingga smartphone. Plus, mereka juga akan berencana mendatangkan berbagai atlet eSport top dari seluruh dunia.

Tema TGS 2017

Ketiga adalah sesuai dengan tema TGS 2017 tadi. VR dan AR akan mendapatkan highlight utama, dan mendapatkan spot khusus di ruang eksibisi nantinya. Tahun lalu memang kedua teknologi ini sudah mulai mendapatkan tempat khusus, namun Endo mengungkapkan bahwa untuk tahun ini areanya akan diperbesar dan kontennya juga akan diperbanyak. Bukan cuma itu, akan ada juga beberapa forum yang membahas teknologi tersebut secara intensif.

Liputan Game Networking Jakarta 2017, Saatnya Industri Game Jepang dan Indonesia Berkolaborasi

Game Networking Jakarta 2017 berpotensi menghasilkan banyak kolaborasi baru antara industri game Jepang dan Indonesia. Bagaimana suasana acaranya?
Baca Juga

TGS 2017 sendiri rencananya akan digulirkan pada tanggal 21 dan 22 September (untuk Business Day), dilanjutkan dengan Consumer Day tanggal 23 dan 24 September 2017. Makuhari Messe, Chiba Jepang akan kembali menjadi venue penyelenggaraan tahun ini. Dengan keberhasilan memecahkan rekor jumlah pengunjung 270.000 orang tahun lalu, mungkinkah rekor tersebut akan pecah tahun ini? Kita tunggu saja!


SHARE
Previous article5 Samurai Nyata yang Kisahnya Melegenda hingga Sekarang
Next articleGuide Rafaela Mobile Legends: Dukung Anggotamu untuk Memenangkan Pertarungan!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.