Liputan Gaming Unplugged: Menyebarkan Manfaat dari Bermain Board Game

gaming unplugged

Bermain board game ternyata banyak manfaatnya lho! Itulah yang tersaji dalam event Gaming Unplugged yang digelar awal April 2017 kemarin.

Bermain game tidak harus melulu di depan PC, TV dengan menggunakan konsol atau melotot layar smartphone terus. Ada kalanya, kamu juga bisa bermain game sambil bersosialisasi dengan teman-temanmu, salah satunya adalah dengan menggunakan media board game. Selain bersosialisasi, bermain board game juga memiliki beberapa manfaat lain, seperti bertemu dengan teman-teman baru di komunitas.

Baca Juga

Nah, untuk itu Masbro Studio yang merupakan kreator board game Laga Jakarta bekerja sama dengan @america dan didukung oleh Arcanum Hobbies menggelar acara bertajuk Gaming Unplugged pada tanggal 1 April 2017 kemarin. Acara ini bukan hanya mengajarkan apa saja manfaat dalam bermain board game, melainkan juga menjadi “pesta” bagi para penggemar board game untuk bermain bersama.

Gaming Unplugged

Acara dimulai dengan presentasi dari Masbro mengenai pengenalan board game, serta memberikan contoh-contoh board game yang umum ditemui seperti Monopoli, Ular Tangga, dan Uno. Masbro yang diwakili oleh Nata, Darwin dan juga Desyanto Lie menjabarkan sedikit mengenai manfaat dari bermain board game. Menurut mereka bertiga, bermain board game memiliki manfaat seperti meningkatkan kemampuan otak serta kemampuan sosial seperti menggertak dan mengambil kesimpulan.

Gaming Unplugged


Masbro juga menjelaskan bahwa board game memiliki interaksi sosial yang tinggi, tidak seperti stigma masyarakat yang biasanya menganggap board game sebagai sesuatu yang nerdy. Saat ini Amerika dan Eropa merupakan negara dengan industri board game terbesar di dunia. Asia (terutama Indonesia) sendiri meskipun industrinya masih kecil, diharapkan ke depan bisa berkembang.

Gaming Unplugged

Lebih lanjut, Masbro menjelaskan bahwa kondisi industri board game di Amerika tengah naik daun. Salah satu indikasinya, beberapa proyek Kickstarter dari board game terbilang sangat sukses seperti Exploding Kitten. Di Indonesia sendiri, atmosfer board game sendiri sudah mulai aktif sejak gelaran Board Game Challenge 2015 yang digelar oleh Kompas dan Kummara.

Gaming Unplugged

Tidak lupa, Masbro juga mengajak audiens untuk bermain mini game di panggung. Acara sendiri tidak berhenti di situ saja. Setelah presentasi di panggung selesai, para pengunjung pun diajak untuk mencicipi puluhan board game yang disediakan oleh panitia. Pengunjung pun sangat antusias untuk “berpindah-pindah” meja demi mencicipi setiap board game yang tersedia hingga pukul 20.30.

Gaming Unplugged
Darwin dari Masbro

“Kita percaya basically semua orang suka main board game,” ungkap Darwin. “Masalahnya mereka tidak mendapat paparan soal itu saja, dan juga masih terjebak stigma bahwa board game itu susah dan buat anak-anak nerd doang,” lanjutnya.

Gaming Unplugged

Gaming Unplugged

Gaming Unplugged

Darwin juga mengungkapkan harapannya dengan adanya acara ini. “Harapannya sih makin banyak orang yang main board game dan jadi kebiasaan dan hiburan alternatif mereka. Dan kemarin lumayan banyak orang tua di sana, yang kita lihat mereka mencari hiburan alternatif untuk anak mereka. Jadi kita cukup positif untuk ke depannya cakupan board game bisa lebih luas lagi,” pungkasnya.

Yuk Belajar Bikin Board Game dan Main Bareng di Event Ini!

Saatnya meninggalkan monitor dan layar smartphone. Yuk main board game bareng di Gaming Unplugged yang siap digelar awal April 2017 mendatang!
Baca Juga

Sampai jumpa di event board game selanjutnya!