5 Musisi Jepang Ini Sukses Mengguncang Dunia Berkat Mengisi Soundtrack Anime

musisi jepang

Selain melahirkan mangaka atau animator hebat, Jepang juga tak jarang menelurkan bakat-bakat luar biasa di bidang musik. Gempuran musisi Jepang lewat genre musik J-Pop, J-Rock, dan J-Rap mungkin membuat telinga kita menjadi tak asing dengan lantunan lagu dari negeri Sakura ini.

Beberapa musisi Jepang juga turut memanfaatkan budaya populer anime yang telah mendunia sebagai batu loncatan menggapai kesuksesan. Contohnya seperti deretan musisi Jepang yang sukses mengguncang dunia berkat mengisi soundtrack anime berikut ini.

1

Asian Kung-Fu Generation

Mengusung genre musik rock, Asian Kung-Fu Generation atau biasa disebut Ajikan adalah band asal Jepang yang terbentuk di Yokohama pada 1996 oleh  Goto Masafumi (vokal, gitar), Kita Kensuke (gitar, vokal), Yamada Takahiro (bass, vokal), and Ijichi Kiyoshi (drum).

Asian Kung-Fu Generation banyak dikenal sebagai band J-Rock yang lagunya kerap kali terpilih sebagai soundtrack anime-anime populer. Sebut saja seperti lagu “Haruka Kanata” yang dijadikan soundtrack anime Naruto.

Selain itu, masih banyak lagu mereka yang dijadikan soundtrack anime. Contohnya lagu “Rewrite” yang dijadikan soundtrack anime Full Metal Alchemist, “After Dark” yang menjadi soundtrack anime Bleach, dan lagu “Aru Machi no Gunjou” yang mengiringi anime Token Kinkreet.

2

Linked Horizon


Bagi kamu penggemar anime Attack on Titan, harusnya sudah tak asing dengan band rock yang satu ini. Yup, Linked Horizon adalah orang paling berjasa yang menciptakan lagu opening dari anime yang kali ini sudah memasuki musim keduanya.

Grup musikal yang mendeskripsikan dirinya sebagai band fantasi ini, langsung melejit namanya ketika terpilih untuk mengisi soundtrack game lewat single pertamanya “Bravely Default: Flying Fairy“.

Tapi sebelum Linked Horizon pun Revo, komposer bombastis di balik grup ini, sudah terlebih dahulu terkenal dengan grup Sound Horizonnya. Sound Horizon menyajikan kisah epik dan dramatis lewat album seperti Chronicle, Roman, Moira, dan banyak lagi.

Proyek Linked Horizon Revo, dengan peran di Attack on Titan dan Bravely Default lah yang akhirnya membuat Sound Horizon menjadi mainstream.

3

Yui

Berbicara penyanyi wanita Jepang, rasanya tak lengkap jika tak memasukan nama penyanyi cantik kelahiran Fukuoda ini. Yap, Yui yang memiliki nama lengkap Yoshiko Yui ini adalah salah satu musisi Jepang yang cukup populer membawakan soundtrack anime.

Yang paling terkenal tentu saja saat ia membawakan lagu berjudul “Rolling Star” yang menjadi lagu opening kelima anime Bleach. Yui juga sempat menunjukan kemahirannya bermain gitar dalam lagu “Goodbye Days” yang menjadi soundtrack film Taiyou No Uta.

4

Nobodyknows+

Meskipun punya nama band NobodyKnows+, tapi rasanya semua orang tahu jika merekalah yang menghidupkan lagu opening pertama dari Naruto Shippuden yang berjudul “Hero’s Comeback”.

Mengusung musik J-Rap, band yang beranggotakan G-ton, Hidden Fish, Crystal Boy, Yasu Ichiban, Nori da Funky Shibire-sasu, dan DJ Mitsu ini bisa dibilang cukup dihormati dikalangan pencinta musik hip hop Jepang.

5

Flow

Sama seperti Nobodyknows+, Flow juga merupakan musisi Jepang yang terkenal berkat membawakan soundtrack anime Naruto. Lewat lagu berjudul “GO!!!”, band yang beranggotakan lima orang ini sukses mencuri perhatian penggemar musik dunia, terutama yang hobi menonton anime.

Selain anime Naruto, Flow juga sempat didaulat mengisi beberapa soundtrack anime seperti Code Geass, Code Geass R2, dan Heroman E.D.


 

Inilah 5 Lagu Jepang yang Ternyata Punya Kemiripan dengan Lagu Band Indonesia

Namun apa jadinya jika musik Indonesia tersebut ternyata terdengar mirip dengan deretan lagu Jepang? Mungkin inilah beberapa contohnya.
Baca Juga

Nah adakah musisi Jepang favoritmu yang terkenal setelah membawakan soundtrack anime?

Diedit oleh Fachrul Razi