Review TAWUR Volume 2: Semakin Seru dengan Karakter Baru!

review komik tawur volume 2

Melanjutkan kisah sebelumnya, kini Budi harus berhadapan dengan musuh baru yang lebih kuat! Seperti apakah TAWUR volume 2?

Pada perhelatan event Creators Super Fest 2017 ini, saya menyempatkan diri mampir ke booth PC01 milik Re:on Comics. Di sana, saya berjumpa dengan kreator komik TAWUR, C. Suryo Laksono. Selain berbincang-bincang dengan sang kreator, saya juga membeli komik TAWUR volume 2 yang dijual di sana. Seperti apakah TAWUR volume 2? Berikut ini adalah review komik TAWUR volume 2!

Warning: Review Ini Mengandung Spoiler Ringan

Review Komik TAWUR Volume 1: Ketika Tawuran Sekolah di Indonesia Menjadi Sangat Menarik!

Bosan dengan komik action/fantasi khas Indonesia yang temanya Kerajaan atau Wayang melulu? Komik TAWUR ini akan menyajikan action/fantasi khas Indonesia!
Baca Juga

Sinopsis

cover komik tawur volume 2 reon comics
Cover TAWUR volume 2 bisa dibilang lebih keren dan eye-cacthy daripada volume pertamanya

Melanjutkan volume 1, kini Budi dan Wiji harus berhadapan dengan kepala suku SMAN 70, Arjun “Oppa” Iswara. Tentu saja, musuh yang satu ini tidak bisa diremehkan. Berniat untuk mencari informasi mengenai Arjun ini, Budi dan Wiji malah ditantang ikut pertandingan basket 3 on 3 di pentas seni SMAN 070 oleh Arjun.

Karena kekurangan jumlah, Budi dan Wiji pun mulai mencari anggota tambahan supaya dapat mengikuti pertandingan basket tersebut. Setelah susah payah mencari anggota tambahan, mereka pun akhirnya merekrut Wina, teman sekelas Budi dan adik Wiji. Mendapatkan tambahan kekuatan baru, bisakah mereka mengalahkan Arjun sang kepala suku SMAN 70?

Ketambahan Tokoh Baru Yang Tak Kalah Unik

tawur volume 2 c suryo laksono
Atas kiri – kanan: Wiji, Wina | Bawah: Budi

Memasuki babak baru, TAWUR volume 2 memperkenalkan tokoh-tokoh baru yang unik dan memberi variasi warna pada TAWUR. Ada Wina, teman sekelas Budi dan adik Wiji, yang meskipun seorang perempuan berwajah cukup manis ternyata berbadan kekar, tinggi, dan sangat kuat—bahkan bisa dibilang lebih kuat daripada orang dewasa normal. Berbanding terbalik dengan kakaknya yang bersuara merdu, suara Wina ini bisa dibilang jelek. Dengan segala kontradiksi yang ada, tokoh Wina ini memberikan sebuah komedi segar yang akan membuatmu nyengir hingga tertawa terbahak-bahak selama membaca volume 2.

Tawur Volume 2
Karakter yang satu ini berasa banget “Korea”-nya!

Selain Wina, ada juga Arjun “Oppa” Iswara, kepala suku SMAN 70 dan pacarnya, Yona. Sesuai nama mereka, keduanya adalah pasangan siswa-siswi yang korea banget! Arjun dan Yona ini terkadang terlihat konyol, tetapi di lain pihak juga menyebalkan. Dalam cerita, Arjun diceritakan sebagai seorang kepala suku yang tak kalah kuatnya dibandingkan Margo. Kekuatannya juga, meski dalam volume 2 hanya diperlihatkan sekilas, tetapi cukup membuat penasaran.

Selain tokoh-tokoh yang disebutkan di atas, tentunya masih ada tokoh baru lain yang muncul, seperti kepala sekolah SMAN 999 yang nyentrik dan juga karakter misterius yang Wiji temui di dalam bis. Meski tampil hanya sekilas, tampaknya mereka akan mendapatkan peran yang lebih penting di volume selanjutnya.

Plot Cerita Yang Semakin Menarik

review tawur volume 2
Budi dan Wiji kini ketambahan tenaga baru: Wina!

Bertemu musuh baru, tentu saja akan memberikan konflik baru. Ya, pada volume ke-2 ini ternyata diceritakan bahwa sebenarnya Budi belum cukup kuat untuk mengalahkan para kepala suku SMA lain di babak utama. Dan dia harus berkembang menjadi lebih kuat lagi supaya bisa memenangkan TAWUR.

Meskipun mereka beraliansi dengan SMA 99, ternyata aliansi tersebut tidak dapat digunakan seenaknya oleh Budi dan Wiji. Mereka harus meyakinkan murid SMA 99 lainnya sebagaimana mereka meyakinkan kepala suku SMA 99, Margo, supaya aliansi mereka diterima. Hal ini sepertinya membuka kemungkinan bahwa sekolah SMA 99 bisa jadi terpecah di masa mendatang, atau mungkin Margo dan SMA 99 baru akan membantu Budi dan Wiji secara mengejutkan nantinya.

Selain itu, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kemunculan kepala sekolah SMA 999 yang nyentrik terasa cukup mencurigakan. Belum lagi munculnya sosok misterius yang bertemu dengan Wiji membuat saya semakin penasaran siapa tokoh itu sebenarnya dan kenapa dia bisa mengenal Wiji ketika pertama kali muncul. Benar-benar menarik untuk dinantikan kisah selanjutnya!

Meskipun ada beberapa perkembangan, tetapi volume 2 ini juga memiliki beberapa kelemahan, lho! Apa sajakah itu? Lanjut ke halaman 2…

1
2
REVIEW OVERVIEW
Visual
Story
Chara Design
Chara Development

SHARE
Previous articleTotalitas, 5 Artis Ini Rela Berubah Jadi Buruk Rupa Demi Karakter yang Dimainkan
Next articleDaedalus: Zirah Iron Man di Dunia Nyata yang Janjikan Masa Depan Keren
Veteran game survival-horror terutama game seri Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis banyak judul light novel di Wattpad, light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.