Selain Telkomsel, Ini 5 Situs Terkenal di Indonesia yang Pernah Diretas oleh Hacker!

Jauh sebelum kasus Telkomsel, sudah banyak situs yang di-hack oleh orang-orang tak bertanggung jawab dan cukup merugikan. Berikut ini daftarnya.

Bobolnya sistem keamanan situs Telkomsel oleh serangan hacker ternyata menarik perhatian banyak orang. Dalam serangan yang dilancarkan sejak tanggal 27 April lalu ini, terlihat jelas sang hacker menumpahkan segala unek-unek terhadap penyedia jasa internet provider ini. Tulisan yang penuh berisi kalimat makian dengan sebuah headline: Murahin harga KUOTA INTERNET, bangs*t…!!! terpampang jelas di halaman muka situs Telkomsel.

Baca Juga

Serangan hacker tersebut menjadi pertanda bagi situs-situs penting di Indonesia dalam memperbaiki sistem keamanannya.

Tahun 2017 bisa dibilang menjadi babak baru bagi para hacker Dalam laporan bertajuk The Next Tier 8 Security Predictions for 2017, diprediksi jika kejahatan siber atau para hacker akan lebih agresif melakukan penyerangan demi mereguk keuntungan dan mengapitalisasikan setiap peluang yang ada seiring dengan pesatnya teknologi.

“Tahun 2017, industri keamanan siber akan memasuki babak dan teritori baru setelah di tahun lalu kita menyaksikan bahwa perpetaan ancaman telah membukakan pintu lebar-lebar bagi para penjahat siber untuk lebih gencar dalam melakukan eksplorasi serangan dan celah-celah serangan baru secara lebih luas lagi,” ujar Raimund Genes, Chief Technology Officer, Trend Micro, seperti dilansir Merdeka.com.

Jauh sebelum kasus Telkomsel, sudah banyak situs yang di-hack oleh orang-orang tak bertanggung jawab dan cukup merugikan. berikut ini daftarnya.

1

Situs Resmi Komisi Perlindungan Anak Indonesia

situs yang kena hack

Tak tanggung-tanggung, situs yang di-hack adalah situs resmi Komisi Perlindungan Anak Indonesia atau KPAI. Hal ini tak terlepas dari wacana kebijakan KPAI untuk memblokir beberapa video game yang dianggap merusak generasi muda Indonesia.

Mendengar hal itu, ada sekelompok orang yang tak senang dan akhirnya berhasil meretas situs milik KPAI di kpai.go.id. Di situ tertulis, “Zuhahaha.. You’re drunk? Fix ur sec first b4 talking about game.” Yang berarti, “Zuhahaha, kamu mabuk? Perbaiki lebih dulu keamananmu sebelum berbicara tentang game.”

2

Situs Resmi Susilo Bambang Yudhoyono

situs yang kena hack

Presiden Indonesia ke-6 ini juga tak luput dari korban hacker tak bertanggung jawab. Situs resmi Susilo Bambang Yudhoyono http://www.presidensby.info pernah dibobol oleh kelompok hacker yang mengatasnamakan Jember Hacker Team pada awal tahun 2013.

Hacker tersebut mengubah tampilan website yang biasanya menampilkan informasi seputar kegiatan SBY menjadi latar belakang hitam dengan tulisan di bagian atas “Hacked by MJL007”.

Belakangan diketahui jika tindakan tersebut dilakukan oleh seorang pemuda 22 tahun bernama Wildan Yani Anshari. Wildan pun kemudian diciduk pihak kepolisian untuk dimintai pertanggungjawaban.

3

Situs RCTI & Metro TV

situs yang kena hack

Situs yang di-hack selanjutnya adalah situs resmi RCTI. Kejadian tersebut menimpa situs RCTI pada akhir pertengahan Januari ini. Hacker yang mengatasnamakan dirinya Konslet menyerang situs RCTI dengan memasukkan nama Young Lexx sebagai tokoh fenomenal pada ajang Anugerah Seputar Indonesia 2016.

Setelah puas “mengacak-acak” TV milik Harry Tanoesoedibjo, aksi hacker Konslet kembali berbuat ulah terhadap stasiun televisi Metro TV. Sama seperti sebelumnya, aksi hacker konslet meninggalkan ciri khasnya pada situs yang telah ia hack, yakni berupa layar hitam dengan tulisan HACKED BY KONSLET.

4

Situs TV One

TV One juga menjadi salah satu korban dari situs yang di-hack. Terjadi pada tahun 2011 lalu, situs dari perusahaan televisi swasta miliki keluarga Bakrie ini sukses diacak-acak oleh hacker yang tidak diketahui namanya itu.

Sang hacker mengubah tampilan muka dari situs TV One dan tak ketinggalan menambahkan gambar lucu beserta slogan TV One yang diplesetkan.

5

situs yang kena hack

Ulah hacker yang cukup mencuri perhatian di tahun ini adalah kasus peretasan pada situs Tiket.com. Pasalnya, peretasan ini mengakibatkan kerugian mencapai miliaran rupiah bagi pihak Tiket.com.

Diketahui jika otak di balik peretasan itu adalah pemudia berusia 19 tahun bernama Haikal. Bersama tiga rekannya yang berinisial MKU (19), Al (19) dan NTM (27), mereka diduga berhasil meraup keuntungan hingga Rp4,1 miliar.

Jangan Ditiru! Begini Cara Haikal, Hacker Berusia 19 Tahun Membobol Situs Tiket.com

Ternyata begini cara hacker Haikal dan komplotannya meretas situs Tiket.com hingga bisa menggondol miliaran rupiah.
Baca Juga

Selain Tiket.com,  Haikal juga diketahui berhasil meretas lebih dari 4000 situs penting. Termasuk situs milik Polri, pemerintah pusat dan daerah, sampai situs milik Aburizal Bakrie.

Diedit oleh Fachrul Razi


SHARE
Previous articleInilah 5 Sinetron Indonesia dengan Jumlah Episode Terbanyak
Next articleNgakak, Indomie Goreng Tuai Pujian Internasional di Situs Jual Beli Amazon!
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca