Inilah 20 Mangaka Paling Favorit Pilihan Fans Jepang!

Inilah 20 mangaka paling favorit yang dipilih oleh para penggemar anime dan manga di Jepang! Coba lihat apakah idolamu ada di daftar ini!

Inilah 20 Mangaka Paling Favorit Pilihan Fans Jepang!

Inilah 20 Mangaka Paling Favorit Pilihan Fans Jepang! Siapa Mangaka yang Paling Favorit?[/caption]

Inilah 20 mangaka paling favorit yang dipilih oleh para penggemar anime dan manga di Jepang! Coba lihat apakah idolamu ada di daftar ini!

Belum lama ini, Charapedia mengadakan pemungutan suara yang melibatkan 10.000 penggemar anime dan manga untuk menentukan siapa mangaka yang mendapatkan predikat paling populer. Terdapat 60 mangaka yang menghiasi daftar pemilihan ini. Dari ke-60 nama tersebut, 20 nama kemudian keluar sebagai pemegang suara paling banyak.

Bagi para pecinta komik Jepang, tentu mangaka adalah sosok yang tidak akan pernah bisa lepas dari perhatian mereka. Para kreator ini merupakan otak di balik karya-karya luar biasa yang digilai banyak orang. Kebanyakan mangaka bahkan merancang karya mereka secara total. Dari mulai storyboard hingga ilustrasi, seorang mangaka dapat memegang peranan penuh dalam pembuatan sebuah komik. Terkadang, beberapa penggemar bahkan menjadikan mangaka sosok panutan mereka alih-alih ceritanya sendiri.

[duniaku_baca_juga]

Siapa saja mangaka tersebut? Berikut daftar dari mangaka yang berada di urutan ke 10 hingga 20 besar:

20: Akira Amano (Katekyo Hitman Reborn dan ElDLIVE) dengan total pemilih sebanyak 129 suara.

19: Yuki Midorikawa (Natsume’s Book of Friends) dengan total pemilih sebanyak 135 suara.

18: Nakaba Suzuki (The Seven Deadly Sins) dengan total pemilih sebanyak 145 suara.

17: Kazuya Minekura (Gensoumaden Saiyuki series) dengan total pemilih sebanyak 147 suara.

16: Akira Toriyama (Dragon Ball dan Doctor Slump) dengan total pemilih sebanyak 187 suara.

15: Rumiko Takahashi (Ranma 1/2, Inu Yasha, Kyoukai no Rinne, dan Urusei Yatsura) dengan total pemilih sebanyak 194 suara.

14: Kohei Horikoshi (My Hero Academia) dengan total pemilih sebanyak 218 suara.

13: Hirohiko Araki (Jojo’s Bizarre Adventure) dengan total pemilih sebanyak 228 suara.

12: Yoshihiro Togashi (Hunter x Hunter) dengan total pemilih sebanyak 230 suara.

11: Harukawa 35 (Bungou Stray Dogs) dengan total pemilih sebanyak 236 suara.

Ada banyak nama legendaris di sini. Lihat saja Hirohiko Araki, Yoshihiro Togashi, dan Akira Toriyama yang karyanya sudah puluhan tahun umurnya. Tapi ada juga nama yang masih relatif baru, seperti Kohei Horikoshi dan Harukawa 35.


[duniaku_adsense]

Peringkat 10 besar diisi oleh mangaka yang tentunya sudah tidak asing di kalangan para penggemar anime dan manga. Siapa saja mereka? Cek di halaman selanjutnya:

[page_break no="10" title="Hajime Isayama, sosok laki-laki dibalik Attack on Titan"]

Inilah 20 Mangaka Paling Favorit Pilihan Fans Jepang!

[page_break no="9" title="Hiro Mashima, yang dikenal melalui Rave Master dan Fairy Tail"]

Inilah 20 Mangaka Paling Favorit Pilihan Fans Jepang!

[page_break no="8" title="Hiromu Arakawa, mangaka wanita yang menjadi kunci dibalik Fullmetal Alchemist"]

Inilah 20 Mangaka Paling Favorit Pilihan Fans Jepang!

[duniaku_baca_juga]

[page_break no="7" title="Masashi Kishimoto, yang mendunia melalui Naruto"]

Inilah 20 Mangaka Paling Favorit Pilihan Fans Jepang!

[page_break no="6" title="Gosho Aoyama, otak sebenarnya dari aksi jenius Conan dalam Detective Conan"]

Inilah 20 Mangaka Paling Favorit Pilihan Fans Jepang!

[duniaku_adsense]

Conan, Naruto, Fairy Tail. Semua manga ini luar biasa populer di Indonesia. Lalu siapa yang berhasil mengungguli mereka di mata pembaca Jepang? Berikut nama-nama mereka, lengkap dengan pembahasannya.

[page_break no="5" title="Yana Toboso"]

Inilah 20 Mangaka Paling Favorit Pilihan Fans Jepang!

Yana Toboso adalah mangaka berusia 33 tahun yang namanya melejit melalui manga Kuroshitsuji atau Black Butler. Wanita yang akrab dipanggil para penggemarnya dengan sebutan Toboso-sensei ini, menerima dukungan dari 389 pemilih. Selain jalan cerita menarik dan artwork-nya yang indah dalam komik Black Butler, nampaknya Toboso-sensei juga berhasil mengumpulkan simpati dari para penggemarnya melalui omake yang diselipkan dalam setiap volume Black Butler. Di samping itu, Toboso-sensei juga giat menyapa para penggemarnya di akun Twitter resmi-nya.

[duniaku_baca_juga]

[page_break no="4" title="Haruichi Furudate"]

Inilah 20 Mangaka Paling Favorit Pilihan Fans Jepang!

Haikyuu!! tentunya bukanlah sebuah judul yang asing di kalangan para pecinta sport manga. Furudate-sensei adalah kreator di balik komik yang memiliki jalan cerita yang ‘segar’ dan mempunyai fanbase yang setia ini. Tidaklah mengherankan jika Furudate-sensei dapat menyabet 516 suara dari para pembaca setianya, yang biasanya didominasi oleh para penggemar wanita.

[page_break no="3" title="Sui Ishida"]

Inilah 20 Mangaka Paling Favorit Pilihan Fans Jepang!

Melalui Tokyo Ghoul yang memiliki nuansa kelam dan sarat unsur psikologis, Ishida-sensei berhasil membuktikan popularitas-nya sebagai seorang mangaka besar dengan menyabet peringkat 3 dalam pemungutan suara ini. Mengumpulkan 539 suara dari 10.000 pemilih, Ishida-sensei bahkan mengalahkan para mangaka yang jauh lebih senior dari dirinya.

Walau dinilai misterius oleh para penggemarnya karena tidak pernah tampil di muka umum, sang sensei dikenal sebagai sosok yang ramah karena hobi berinteraksi dengan para pembaca di akun Twitter dan Tumblr resmi-nya. Tampaknya hal ini juga menjadi pemicu para pemilih untuk memberikan suara pada sensei yang hobi mendengarkan musik mathrock ini.

[duniaku_adsense]

Setelah posisi ke-3 hingga ke-5, siapakah 2 sensei yang berhasil membuktikan dirinya sebagai mangaka terfavorit di polling kali ini? Mari kita cek bersama-sama...

[page_break no="2" title="Eiichiro Oda"]

Inilah 20 Mangaka Paling Favorit Pilihan Fans Jepang!

Siapa yang tidak kenal dengan Oda-sensei, nama jenius di balik manga One Piece? Oda-sensei kini harus kembali puas bertengger di posisi kedua dengan 549 suara yang diperolehnya, terlepas dari predikat One Piece sebagai manga terlaris sepanjang sejarah.

Walau begitu, mangaka yang telah mengabdikan lebih dari 20 tahun hidupnya untuk membuat One Piece ini tetap dicintai oleh penggemar setianya. Oda-sensei, yang kadang bertingkah nyeleneh saat menjawab kolom SBS di setiap volume baru One Piece, juga dikagumi oleh tangan dinginnya saat meramu jalan cerita dalam karya unggulannya tersebut. Buktinya, selama 20 tahun komik buatannya ini berulang kali menyabet predikat sebagai komik dengan penjualan paling laris sepanjang tahun!

[duniaku_baca_juga]

[page_break no="1" title="Hideaki Sorachi"]

Inilah 20 Mangaka Paling Favorit Pilihan Fans Jepang!

Para penggemar Gintama, harap bersiap-siap. Yap, komikus kesayangan kalian inilah yang mencuri peringkat pertama kali ini. Bahkan hasil kali ini juga menandakan kemenangannya selama 4 tahun berturut-turut! Sorachi-sensei patut berbangga karena berhasil mengalahkan nama besar seperti Eiichiro Oda dan Masashi Kishimoto, menandakan bahwa sang komikus sangat dekat dengan hati para penggemarnya.

Sorachi-sensei kerap ikut ‘eksis’ di dalam Gintama sebagai seekor gorila yang sedang dikejar deadline. Sorachi-sensei bahkan selalu berada di jajaran atas dalam setiap pemilihan karakter terfavorit di komik Gintama. Dalam satu episode di Gintama, Sorachi-sensei bahkan sempat ‘dicederai’ oleh karakter buatannya sendiri karena tidak terima telah dikalahkan sang sensei dalam pemungutan suara.

Terlepas dari cara ‘curang’ alias kreatif Sorachi-sensei untuk meringsek ke hati para pembaca, tidak dapat dipungkiri bahwa Gintama sendiri adalah karya yang fenomenal. Komedi yang segar, parodi yang berani, serta kemampuannya untuk ‘mendobrak dinding keempat’, juga didampingi oleh unsur drama yang kadang membuat pembacanya termehek-mehek. Hal-hal tersebut membuat karya ini dicintai oleh jutaan penggemar di seluruh dunia, dan tentunya menempatkan sang kreator di posisi pertama untuk pemilihan kali ini.

Oh ya, bahkan versi live action manga ini juga sebentar lagi akan ditayangkan di layar lebar, loh! Bagi kamu yang penasaran, bisa coba langsung cek di sini.

[duniaku_adsense]

Demikian lah hasil dari pemungutan suara mangaka terfavorit versi Charapedia untuk tahun ini. Apa mangaka favoritmu masuk dalam daftar di atas? Jangan lupa untuk selalu mendukung mereka dengan membeli karya dengan lisensi original, ya!

Diedit oleh Fachrul Razi


 

Konferensi komunitas Game terbesar di Indonesia! Coba berbagai macam game dan dapatkan doorprize di GAME PRIME 2017, Balai Kartini, Jakarta, 29-30 Juli 2017. Info >>> http://www.gameprime.asia/pameran

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU