Tragis, Inilah 6 Musisi yang Meninggal karena Bunuh Diri

Tekanan sebagai penghibur di atas panggung membuat beberapa musisi ini mengakhiri hidup dengan bunuh diri. Bahkan di antaranya harus meregang nyawa ketika berada di puncak popularitas. Berikut ini enam musisi yang meninggal karena bunuh diri dengan berbagai alasan.

1

Kurt Cobain

musisi yang meninggal karena bunuh diri

Bagi anak generasi 90-an, Kurt Cobain adalah sosok eksentrik yang berani menggebrak dominasi musik-musik rock yang kala itu sangat populer. Bersama Dave Grohl dan Krist Novoselic, Kurt Cobain membentuk band bernama Nirvana dengan mengusung genre grunge, sebuah genre yang cukup asing kala itu.

Lewat album kedua mereka, Nevermind, Nirvana mendadak jadi sebuah band yang begitu digilai oleh remaja kala itu. Nama Kurt Cobain pun seakan menjelma sebagai ikon baru musik grunge yang mulai tumbuh.

Sayang, popularitas tersebut tak membuat Kurt Cobain bahagia. Hingga pada 8 April 1994, mayat Cobain ditemukan di rumahnya di Lake Washington oleh seorang tukang listrik bernama Gary Smith yang datang untuk mengeset sistem keamanan.

Menurut beberapa sumber, disebutkan Kurt Cobain telah tewas sejak 5 April setelah mengonsumsi heroin. Ia juga diduga menggunakan pistol untuk menembak dirinya sendiri.

Dengan meninggalnya Cobain, dunia musik 90an pun bergeser kembali trennya. Grunge seperti menghilang dari panggung mainstream, digantikan oleh dominasi girlband seperti Spice Girls dan boyband seperti Backstreet Boys.

2

Wendy Williams

Wendy William adalah musisi yang punya gaya eksentrik di atas panggung. Frontman dari grup band punk Plasmatics ini, harus mengakhiri hidupnya dengan cara yang tragis. pada tanggal 6 April 1998, Wendy Williams melakukan tembakan bunuh diri di sebuah daerah berhutan di dekat rumahnya.

Sebelumnya, William yang dianggap sebagai penyanyi perempuan paling kontroversial dan radikal pada zamannya ini, kerap melakukan pecobaan bunuh diri. Usaha pertamanya terjadi pada tahun 1993 dengan menusuk pisau ke dadanya. Beruntung kala itu nyawanya masih sempat diselamatkan.

3

Elliott Smith

Musisi yang meninggal karena bunuh diri selanjutnya adalah Elliott Smith. Penyanyi kelahiran Amerika Serikat ini diketahui bunuh diri karena depresi yang serius serta ketergantungan alkohol dan obat-obatan.

Elliott Smith ditemukan tewas pada usia 34 tahun. Ditemukan dua tusukan benda tajam di sekitar area dada. Kuat dugaan jika luka tersebut dilakukan oleh dirinya sendiri.

Elliott Smith disebut-sebut sebagai musisi multitalenta yang banyak memiliki penggemar. Ia mahir memainkan instrumen dari piano, klarinet, gitar bass, drum, dan harmonika. Salah satu karya terbaiknya adalah “Miss Misery” yang menjadi lagu tema film Good Will Hunting. Lagu tersebut masuk sebagai nominasi Oscar dalam katagori Best Original Song Category pada 1988.


Siapa lagi musisi yang meninggal dunia karena bunuh diri? Cek di halaman selanjutnya