Gamers Bisa Kaya? Berikut 7 Cara Gamers Mendapatkan Uang

Banyak yang memandang gamers sebelah mata. Ternyata, menjadi gamers ternyata bisa kaya lho! Berikut 7 cara mendapatkan uang dari game bagi para gamer!

Siapa sangka bermain game merupakan cara mendapatkan uang dari game yang cukup menggiurkan bagi para gamer? Gamer seringkali dipandang sebelah mata, karena dianggap hanya menghabiskan waktunya di depan konsol atau komputer berjam-jam demi bermain game. Tidak sedikit pula yang membeli item in game dengan uang asli dan dianggap sebagai pemborosan.

Baca Juga

Namun demikian, apabila dilihat lebih lanjut, profesi sebagai gamer dapat mencetak uang lebih banyak dan lebih mudah daripada yang dibayangkan sebelumnya. Memang di Indonesia, profesi gamer masih sangat jarang. Berikut beberapa cara mendapatkan uang dari game sebagai seorang gamer:

1

RMT

cara mendapatkan uang dari game bagi para gamer RMT

RMT menjadi cara untuk mendapatkan uang dari game yang paling populer di kalangan gamer. Bagi para gamer, istilah RMT pasti sudah tidak asing di telinga. Namun bagi kaum awam, RMT masih banyak tidak dimengerti. Istilah RMT berasal dari singkatan Real Money Trading, yang berarti berjual beli dengan menggunakan uang nyata. Memang ada uang lain selain uang nyata? Ada! Uang virtual atau uang yang berada di dalam game.

Dalam sistem RMT ini gamer saling berjual beli, baik uang virtual maupun item, equip, atau barang-barang lain yang berada di dalam game. Sederhananya, mereka memperjualbelikan barang-barang di dalam game dengan menggunakan uang nyata. Dengan berjualan model ini, gamers dapat meraup untung jutaan bahkan puluhan juta rupiah. Game terkenal seperti RF, Ragnarok, dan Dragon Nest merupakan beberapa game yang sering terjadi transaksi RMT.

Jual beli uang virtual merupakan transaksi harian yang terjadi, namun tidak jarang juga memperjualbelikan item atau equip langka. Dalam salah satu forum jual beli, item card Ragnarok dihargai 20 juta rupiah dan equip tempaan RF dihargai 50 juta rupiah! Tidak main-main harga dari item atau equip yang dianggap langka ini. Wah, sungguh mengejutkan, ya? Banyak yang tidak menyangka akan hal ini.

gamers mendapatkan uang

Di sisi yang lain, legalitas RMT masih menjadi kontroversi dan perdebatan. Beberapa developer game tidak menyarankan RMT, karena ketika terjadi penipuan transaksi, biasanya pihak developer akan dikomplain. Padahal pihak penipu bukanlah dari pihak developer.

2

Jasa Joki

cara mendapatkan uang dari game joki

Menjadi joki juga merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari game. Di berbagai industri, jasa joki selalu ada, begitu juga di dalam game. Joki-joki bermunculan karena banyaknya permintaan dari gamer yang sibuk dan malas untuk melakukan levelling. Gamer yang suka menikmati hal instan ini merupakan makanan bagi para joki. Harga yang ditawarkanpun bermacam-macam, tergantung dari level yang diinginkan, job yang dipilih, fasilitas, dan juga lama joki. Mulai dari ratusan ribu rupiah sampai jutaan rupiah per orang bisa menjadi sumber penghasilan gamer yang menjadi joki.

Namun demikian, jasa joki dikabarkan juga mempunyai risiko seperti hack dan pencurian. Tentu saja hal ini dilakukan oleh gamer yang tidak jujur dan menginginkan uang secara tidak benar.

3

Championship

cara mendapatkan uang dari game championship turnamen

Ini tentu saja cara mendapatkan uang dari game yang sudah banyak diketahui oleh kalian dan khalayak pada umumnya. Pemenang dalam suatu kompetisi pasti dihadiahi dengan uang yang tidak sedikit. Mungkin kalian pernah mendengar ada kompetisi DotA atau PES di daerah tempat tinggalmu, atau bahkan kalian merupakan salah satu pesertanya.

Di level yang lebih tinggi, yaitu level internasional, hadiahnya tergolong fantastis. Dalam foto yang terpampang ini, di tahun 2008, hadiah untuk juara pertama adalah sebesar $500.000,00 setara dengan 6,5 miliar rupiah! Namun untuk mendapatkan juara pertama harus disertai dengan perjuangan yang besar. Biasanya, hanya yang tergolong sebagai gamer profesional yang layak mengikuti dan tentunya memenangkan hadiah tersebut. Mungkin bagi kita, mendapatkan uang 6,5 miliar pun tidak pernah terbayangkan.

Lanjut ke halaman 2 untuk cara mendapatkan uang dari game lainnya bagi para gamer!

1
2

SHARE
Previous articleSaksikan Kekuatan Neraka Milik Nakroth, Hero Mobile Arena Terbaru!
Next articleReview Despicable Me 3: Serasa Despicable Me Tanpa Sosok Minion